Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Fokus dan lingkup bidang MJI meliputi :

1. Geography Information System

2. Security Network

3. Big Data

4. Information System

5. Enterprise Resource Planning

6. Internet of Things

7. Cloud Computing

8. Artificial Intelligent

9. Soft Computing

10. Multimedia

11. Human Computer Interaction,

 

Kebijakan Bagian

Articles

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel yang masuk ke redaksi akan diseleksi melalui proses Initial Review oleh Dewan Redaksi. Kemudian, artikel akan dikirim ke Mitra Bestari/peer reviewer dan akan masuk ke seleksi selanjutnya melalui Proses Double-Blind Peer Review, dan setiap artikel akan diperiksa oleh dua reviewer. Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Proses ini memakan waktu satu bulan (empat minggu) untuk waktu maksimum. Dalam setiap naskah, Mitra Bebestari/peer reviewer akan dinilai dari aspek substansial dan teknis. Mereka berpengalaman dalam pengelolaan dan publikasi jurnal bergengsi yang tersebar di dalam dan luar negeri.

 

Frekuensi Penerbitan

Media Jurnal Informatika adalah jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Suryakancana (LPPM UNSUR) dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember.
4.5 Tahap copyediting dimaksudkan untuk memperbaiki alur, kejelasan, tata bahasa, susunan kata, dan format artikel. Ini merupakan kesempatan terakhir bagi penulis untuk membuat perubahan substansial pada teks karena tahap selanjutnya terbatas pada kesalahan ketik dan koreksi pemformatan. File yang akan disalin dalam format Word atau .rtf dan karenanya dapat dengan mudah diedit sebagai dokumen pengolah kata. Kumpulan instruksi yang ditampilkan di sini mengusulkan dua pendekatan untuk copyediting. Salah satunya didasarkan pada fitur Track Changes Microsoft Word dan mengharuskan editor salinan, editor, dan penulis memiliki akses ke program ini. Sistem kedua, yang tidak bergantung pada perangkat lunak, telah dipinjam, dengan izin, dari Harvard Educational Review. Editor jurnal berada dalam posisi untuk mengubah instruksi ini, sehingga saran dapat diberikan untuk memperbaiki proses jurnal ini.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk umum mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.

 

Pengarsipan

Jurnal ini menggunakan sistem LOCKSS untuk membuat sistem pengarsipan terdistribusi di antara perpustakaan yang berpartisipasi dan mengizinkan perpustakaan tersebut untuk membuat arsip permanen jurnal untuk tujuan pelestarian dan pemulihan. Lihat lebih lanjut...

 

Reference Management

 

Publication Ethics

Media Jurnal Informatika, merupakan sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang eksakta dan non eksakta melalui penerbitan tulisan asli berbasis pengabdian masyarakat. Media Jurnal Informatika, memiliki visi menjadi Jurnal Ilmiah berstandar nasional dan internasional dalam menyebarluaskan dan mengembangkan pemikiran di bidang Pengabdian kepada Masyarakat yang bersifat ilmiah sektoral dan lintas bidang, serta topik terkait yang belum pernah dipublikasikan di tempat lain dalam bahasa apapun , juga tidak direview/direview untuk dipublikasikan dimanapun. Pernyataan ini menjelaskan kode etik semua pihak yang terlibat dalam publikasi artikel jurnal ini, termasuk penulis, editor, reviewer, dan penerbit. Deklarasi berbasis kode etik ini didasarkan pada ketentuan yang ditetapkan oleh editorial JE Journal of Empowerment. Diantara yang lain:

Tugas Penulis

Standar Pelaporan: Penulis harus menyajikan laporan yang akurat dari penelitian asli dan pengabdian masyarakat yang dilakukan serta diskusi objektif tentang kegunaannya. Peneliti harus menyajikan hasil secara jujur dan tanpa pemalsuan, pemalsuan atau manipulasi data yang tidak benar. Naskah harus berisi cukup detail dan referensi yang memungkinkan orang lain untuk melakukan penelitian dan dedikasi yang sama. Pernyataan yang salah atau sengaja tidak akurat adalah perilaku yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Naskah harus mengikuti pedoman pengajuan jurnal.

Orisinalitas dan Plagiarisme: Penulis harus yakin bahwa mereka menulis karya asli pengabdian masyarakat. Naskah tidak boleh dikirim secara bersamaan lebih dari satu publikasi tanpa izin editor. Penelitian, dedikasi, dan publikasi sebelumnya yang relevan, yang dibuat oleh peneliti atau penulis lain sendiri, harus diakui dan dirujuk dengan benar. Literatur utama harus dikutip jika diinginkan. Kata-kata asli yang diambil langsung dari publikasi oleh peneliti lain harus muncul dalam tanda kutip dengan kutipan yang sesuai.

Duplikat, berlebihan, atau membingungkan / bersamaan: Penulis tidak diperbolehkan mengirimkan naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan. Penulis juga diharapkan tidak mempublikasikan manuskrip yang berlebihan atau manuskrip yang menggambarkan penelitian dan dedikasi yang sama di lebih dari satu jurnal. Mengirim naskah yang sama ke lebih dari satu jurnal secara bersamaan adalah publikasi yang tidak etis dan tidak dapat diterima. Beberapa publikasi yang muncul dari satu proyek penelitian dan dedikasi harus diidentifikasi dengan jelas dan publikasi utama harus dirujuk.

Pengakuan Sumber: Penulis harus mengetahui semua sumber data yang digunakan dalam dedikasi dan mengutip publikasi berpengaruh dalam menentukan sifat penelitian yang dilaporkan. Pengakuan yang benar atas karya orang lain harus selalu diberikan.

Penulisan Otorisasi: Penulisan publikasi penelitian harus secara akurat mencerminkan kontribusi individu terhadap pekerjaan dan pelaporannya. Penulis harus dibatasi pada mereka yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, implementasi atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Orang lain yang telah memberikan kontribusi signifikan harus dicantumkan sebagai rekan penulis. Dalam kasus di mana kontributor utama terdaftar sebagai penulis sedangkan mereka yang tidak memberikan kontribusi substansial, atau pekerjaan teknis murni, berkontribusi pada penelitian atau publikasi ditulis sebagai pengakuan. Penulis juga memastikan bahwa semua penulis telah melihat dan menyetujui versi naskah yang diusulkan dan pencantuman nama mereka sebagai rekan penulis.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Semua penulis harus dengan jelas mengungkapkan dalam manuskrip mereka setiap konflik kepentingan finansial atau konflik kepentingan lainnya yang dapat ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi manuskrip mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek harus diungkapkan.

Kesalahan Mendasar dalam Karya yang Diterbitkan: Jika penulis menemukan kesalahan atau ketidakakuratan yang signifikan dalam naskah yang dikirimkan, maka penulis harus segera memberi tahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik atau merevisi makalah.

Bahaya dan Subjek Manusia atau Hewan: Penulis harus dengan jelas mengidentifikasi dalam naskah jika penelitian melibatkan bahan kimia, prosedur atau peralatan yang berbahaya dalam penggunaannya.

Tugas Editor

Keputusan Publikasi: Berdasarkan tinjauan editorial, editor dapat menerima, menolak, atau meminta modifikasi naskah. Validasi karya/tulisan yang bersangkutan dan kepentingannya bagi peneliti dan pembaca harus selalu mengikuti keputusan tersebut. Editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh persyaratan hukum yang berlaku seperti yang berkaitan dengan pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Editor dapat berbicara dengan editor dan pengulas lain untuk membuat keputusan ini. Redaktur harus bertanggung jawab atas semua yang mereka terbitkan dan harus memiliki prosedur dan kebijakan untuk memastikan kualitas materi yang mereka terbitkan dan menjaga integritas dari apa yang mereka terbitkan.

Review Naskah: Editor harus memastikan bahwa setiap naskah pada awalnya dievaluasi oleh editor karena orisinalitas. Editor harus mengatur dan menggunakan peer review secara adil dan bijaksana. Editor harus menjelaskan proses peer review mereka dalam informasi kepada penulis dan juga menunjukkan bagian jurnal mana yang direview oleh rekan-rekan. Redaktur harus menggunakan peer reviewer yang tepat untuk makalah yang akan diterbitkan dengan memilih orang-orang dengan keahlian yang memadai dan menghindari orang-orang yang memiliki konflik dengan bidang penelitian.

Fair Play: Editor harus memastikan bahwa setiap naskah yang diterima oleh jurnal ditinjau untuk konten intelektualnya terlepas dari jenis kelamin, jenis kelamin, ras, agama, kebangsaan, dll dari penulis. Bagian penting dari tanggung jawab untuk membuat keputusan yang adil dan tidak memihak adalah penegakan prinsip independensi dan integritas editorial. Editor berada dalam posisi yang kuat dengan membuat keputusan tentang publikasi, yang membuatnya sangat penting bahwa prosesnya seadil mungkin dan tidak memihak.

Kerahasiaan: Editor harus memastikan bahwa informasi tentang naskah yang dikirimkan oleh penulis dijaga kerahasiaannya. Editor harus menilai secara kritis setiap potensi pelanggaran perlindungan data dan kerahasiaan pasien. Ini termasuk memerlukan persetujuan berdasarkan informasi yang sesuai untuk penelitian aktual yang disajikan, persetujuan untuk publikasi jika memungkinkan.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Editor Jurnal tidak boleh menggunakan materi yang tidak dipublikasikan yang diungkapkan dalam naskah yang diserahkan untuk penelitiannya sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis. Editor tidak boleh terlibat dalam keputusan tentang makalah yang memiliki konflik kepentingan.

Tugas Reviewer

Kerahasiaan: Informasi mengenai manuskrip yang dikirimkan oleh penulis harus dijaga kerahasiaannya dan diperlakukan sebagai informasi istimewa. Mereka tidak boleh ditunjukkan atau didiskusikan dengan siapa pun selain yang diberi wewenang oleh editor.

Pengakuan Sumber: Reviewer harus memastikan bahwa penulis telah mengakui semua sumber data yang digunakan dalam penelitian ini. Peninjau harus mengidentifikasi karya publikasi yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan bahwa pengamatan, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Peninjau harus segera memberi tahu jurnal jika mereka menemukan penyimpangan, memiliki kekhawatiran tentang aspek etika pekerjaan, menyadari kesamaan substansial antara manuskrip dan pengiriman bersamaan ke jurnal lain atau artikel yang diterbitkan, atau menduga bahwa kesalahan mungkin terjadi selama penelitian atau penulisan. dan penyerahan naskah; Peninjau harus merahasiakannya dan tidak menyelidiki lebih lanjut kecuali jurnal meminta informasi atau saran lebih lanjut.

Standar Objektivitas: Review teks yang dikirimkan harus objektif dan reviewer harus mengungkapkan pendapat mereka dengan jelas dengan argumen pendukung. Reviewer harus mengikuti aturan jurnal tentang umpan balik spesifik yang diminta dari mereka dan, kecuali ada alasan untuk tidak melakukannya. Reviewer harus konstruktif dalam ulasan mereka dan memberikan umpan balik yang akan membantu penulis untuk memperbaiki manuskrip mereka. Reviewer harus memberikan saran yang jelas bagian penting mana yang harus ditambahkan untuk mendukung klaim yang dibuat dalam naskah yang sedang dipertimbangkan dan yang akan memperkuat atau memperluas pekerjaan.

Pengungkapan dan Konflik Kepentingan: Informasi atau ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak boleh mereview manuskrip yang memiliki konflik kepentingan karena persaingan, kolaboratif, atau hubungan lain dengan penulis, perusahaan, atau institusi yang terkait dengan penelitian. Dalam kasus tinjauan double-blind, jika mereka mencurigai identitas penulis, beri tahu jurnal jika pengetahuan ini menimbulkan potensi konflik kepentingan.