Sistem Pendukung Keputusan Pemeriksaan Kondisi Peralatan Primer Gardu Induk Menggunakan Metode Saw Berbasis Mobile (Studi Kasus: Pt. Pln (Persero) Gitet Saguling)

ai musrifah, Muhammad Faisal Firmansyah

Abstract


PT. PLN (Persero) adalah perusahaan yang bergerak dibidang kelistrikan dimana didalamnya terdapat kegiatan checklist CBM inspeksi level 1 yaitu pemeriksaan kondisi peralatan primer Gardu Induk. Permasalahan yang timbul adalah petugas JARGI harus menuliskan data hasil checklist kedalam formulir (kertas), lalu diinputkan kedalam aplikasi web milik PLN sehingga harus bekerja 2 kali. Untuk mengetahui peralatan yang paling buruk diperlukan sebuah Sistem Pendukung Keputusan yang dapat mudahkan dalam pendataan, assessment, dan pelaporan data kondisi peralatan primer gardu induk serta membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Sistem Pendukung Keputusan (SPK) merupakan bagian dari sebuah sistem informasi yang mampu memberikan kemampuan pemecahan masalah maupun kemampuan pengkomunikasian untuk masalah dengan kondisi semi terstruktur dan tak terstruktur. Pembuatan SPK perlu sebuah metode yang cocok untuk pemecahan permasalahan yang timbul, dimana metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SAW (Simple Additive Weighting) yaitu metode penjumlahan terbobot. Rekayasa perangkat lunak menggunakan paradigma waterfall dan analisa permodelan sistem menggunakan UML (Unified Modelling Language). Hasil dari penelitian dengan adanya sistem pendukung keputusan pemeriksaan kondisi peralatan primer Gardu Induk berbasis mobile dengan menggunakan metode SAW didapat bahwa peralatan yang memiliki kondisi terburuk adalah PMT 7B1 R karena memiliki nilai yang lebih tinggi dengan hasil akhir darurat. Sehingga dapat mempermudah dalam pendataan, assessment, dan pelaporan data kondisi peralatan primer gardu induk serta membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.


Keywords


Peralatan primer gardu induk; Sistem Pengambilan Keputusan; SAW

References


Pressman, R.S., Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.. 2015.

Kusrini. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Andi Offset. Yogyakarta. 2007.

Hartono, Bambang. 2013. Sistem Informasi Manajemen Berbasis Komputer. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawati, Indra Kanedi. 2012. Sistem Pendukung Keputusan Kenaikan Pangkat Karyawan Perseroan Terbatas Pelayaran Kumafa Lagun Marina Bengkulu. ISSN: 1858-2680. Bengkulu: Jurnal Media Infotama Vol.8, No. 1 Februari 2012: 118-137

Munthe, Hotmaria Ginting. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode Simple Additive Weighting. ISSN: 2301-9425. Medan: Pelita Informatika Budi Darma Vol IV, No. 2 Agustus 2013: 52-58.

PERDIR PT. PLN (Persero). 2018. Susunan Organisasi dan Formasi Jabatan PT PLN (Persero) Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk Bandung Barat pada PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Transmisi Bandung.




DOI: https://doi.org/10.35194/mji.v12i2.1226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Media Jurnal Informatika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This Journal is licensed under a Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 License.

©All rights reserved 2017. Media Jurnal Informatika ISSN: 2477-2542 (online); 2088-2114 (cetak).


Gedung Fakultas Teknik UNSUR Jl. Pasir Gede Raya, Cianjur, Jawa Barat 43216| Telp./Fax. (0263) 283578 |E-mail: mji@unsur.ac.id; info@ft.unsur.ac.id


Media Jurnal Informatika Indexed By:

sinta-logogarudagooglecrossref