Pelatihan Seni Peran Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama
Abstract
Abstrak
Pengabdian masyarakat di SMP menitikberatkan pada pengalaman bermain peran yang mampu mendukung peningkatan belajar dalam bahasa indonesia dan pengembangan diri pada ekstrakurikuler sebagai keberlanjutan dari penanaman sikap kreatif siswa. Pengabdian ini berfokus pada pelatihan seni peran untuk siswa, bertujuan meningkatkan keterampilan artistik dan sosial. Program ini melibatkan pelatihan intensif dalam teknik seni peran dan evaluasi berkelanjutan. Data hasil pelatihan menunjukkan bahwa rata-rata nilai keterampilan seni peran siswa adalah 75.25, dengan median 77.5 dan modus pada nilai 75 dan 85. Rentang nilai dari 65 hingga 85 dan standar deviasi 16.73 menunjukkan variasi yang signifikan dalam performa siswa. Evaluasi ini memberikan wawasan tentang kemajuan dan tantangan yang dihadapi siswa dalam proses pembelajaran seni peran.
Abstract
Community service in junior high school focuses on role-playing experiences that can support learning improvement in Indonesian and role-playing experiences that can support learning improvement in Indonesian language and self-development in extracurricular activities as a continuation of cultivating students' creative attitudes. This service focuses on role-play training for students, aiming to improve artistic and social skills. The programme involves intensive training in role-playing techniques and ongoing evaluation. Data from the training showed that the mean score of students' acting skills was 75.25, with a median of 77.5 and modes at 75 and 85. The range of scores from 65 to 85 and standard deviation of 16.73 showed significant variation in student performance. The evaluation provided insights into the progress and challenges students faced in the process of learning acting.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfirdaus, M. M., Rofiq, A., & Bramantijo, B. (2023). Pelatihan Seni Peran Pada Naskah Anak “Sawunggaling Punya Cita-Cita” Karya Arif Rofiq Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. Gayatri : Jurnal Pengabdian Seni Dan Budaya, 1(2), 82–91. https://doi.org/10.20111/gayatri.v1i2.32
Andini, J. (2023). Pelatihan Ekstrakurikuler Teater Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(2), 307–322. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/50748
Anggraini, S., Heryanto, A., & Elvandari, E. (2023). Pembelajaran Seni Teater Pada Ekstrakurikuler Teater Teriax. Jurnal Sitakara, 8(1), 116–124. https://doi.org/10.31851/sitakara.v8i1.11465
Az-Zahra, A. R., & Parmin, P. (2023). Pengaruh Intensitas Dan Teknik Perlatihan Teater Terhadap Kemampuan Seni Peran Anggota Teater Langit Sidoarjo. Transformatika: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 7(2), 330–347. https://doi.org/10.31002/transformatika.v7i2.7800
Cerlin, A., Utami, G. D., & Iswara, S. (2024). Peran Ekstrakurikuler dalam Pembentukan Karakter Siswa MTsN 3 Subang. Journal of Education Research, 5(1), 450–459. https://doi.org/https://doi.org/10.37985/jer.v5i1.855
Hidajad, A. (2022). Teater Pendidikan (A. N. S. Putro (ed.)). Tahta Media Group.
Indri, Y. (2023). Efektivitas Guru Terhadap Pembelajaran Seni Teater pada Mata Pelajaran Seni Budaya di SMK Negeri 1 Benai. LITERASI: Jurnal Pendidikan Guru Indonesia, 2(1), 76–84. https://doi.org/10.58218/literasi.v2i1.588
Nuryanto, T. (2023). Apresiasi Drama. Rajawali Pers.
Prastika, M. D. W. (2018). Penanaman Nilai Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan EKstrakulikuler Teater Di SMA Negeri 1 ANdong Kabupaten Boyolali [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://eprints.ums.ac.id/66361/2/HALAMAN DEPAN.pdf
Pusposari, W., Ansoriyah, S., Iskandar, I., & Rahmawati, A. (2022). Afirmasi Seni Teater di dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(2), 255–263. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i02.204
Restian, A., Regina, B. D., & Wijoyanto, D. (2022). Seni Budaya Jawa dan Karawitan. UMM Press.
Srisudarso, M., & Nurhasanah, E. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter pada Ekstrakurikuler Drama (Teater). Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1–16. http://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/192
Syarief, F., Susana, S., & Pramanta Putra, J. (2023). Fenomena Film Dalam Keberagaman Seni Peran dan Budaya. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 8(2), 49–59. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v8i2.2083
Tanamas, C. L., Santosa, N. S., & Cristiani, N. (2020). Theater as a Media to Introduce Papuan Culture to Millennial Generation. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 38–43. https://doi.org/10.21070/kanal.v9i1.794
Timmerman, B. Y. (2021). Teater Pose, Adaptasi Seni Peran Teater untuk Aplikasi Pertunjukan Fesyen Naratif. Jurnal Kajian Seni, 7(2), 142–167. https://core.ac.uk/download/pdf/426840622.pdf
Turyani, I., Sugiarto, E., & Naam, M. F. (2024). Nilai-Nilai Seni, Budaya, Dan Pendidikan Karakter Pada Cerita Rakyat Patih Sampun Asal Kabupaten Pemalang. Realisasi : Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 1(3), 139–148. https://doi.org/10.62383/realisasi.v1i3.192
Yalesvita, Y., & Eliza, M. (2020). Pelatihan Seni Peran (Akting) Teater Monolog Bagi Siswa-Siswi Dalam Mempersiapkan Kegiatan Fls2N. Batoboh: Jurnal Pengabdian, 5(2), 87–99. https://doi.org/10.26887/bt.v5i2.1302
DOI: https://doi.org/10.35194/je.v5i2.4621
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Suryakancana University Research and Service Institute.
Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.