Gerakan Literasi Menuju Neglasari Kahiji Melalui Program Read Aloud Untuk Meningkatkan IPM Bidang Pendidikan
Abstract
Abstrak
Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang bermutu, maka upaya dalam meningkatkan pendidikan yang berkualitas secara berkesinambungan terus diperjuangkan. Hal ini karena pendidikan memiliki dampak besar dalam membentuk sumber daya manusia yang bermutu. Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah melalui peningkatkan budaya literasi. Namun, saat dilihat dari konteks internasional, Indonesia berada pada posisi yang mengkhawatirkan. Tingkat literasi bangsa Indonesia berada di peringkat 73 dari 78 negera yang disurvei PISA. Dengan demikian, tujuan pengabdian ini adalah untuk membangun minat literasi membaca pada siswa dengan mengadakan penyuluhan read aloud. Jenis pengabdian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan menjadi tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pengabdian ini melibatkan 224 siswa kelas VIII SMPN 1 Cikalongkulon. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Adapun hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa hasil dari pelatihan read aloud dapat menumbuhkan minat literasi membaca di kalangan siswa SMPN 1 Cikalongkulon.
Abstract
To enhance human resource quality, improving education is essential due to its significant impact on development. A key strategy for advancing educational quality is fostering a strong literacy culture. However, Indonesia’s literacy level is concerning, ranking 73rd out of 78 countries in PISA surveys. This service aims to increase students' reading interest through read-aloud counseling. Utilizing a descriptive, qualitative approach, the service is implemented in three stages: preparation, execution, and evaluation. It involved 224 eighth-grade students from SMPN 1 Cikalongkulon. Data were gathered through observations and interviews. Results indicate that the read-aloud training effectively stimulated reading interest among these students.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ashshiddiqi, M. T., Firmansyah, I., Ahyani, K. S., Putri, L. F. E., & Maulana, M. F. (2021). Strategi Program Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Desa Pakuaon Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Cianjur. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(4), 1–23.
Azizah, R. N. (2019). Mutu Pendidikan dan Budaya Literasi. Jurnal Program Studi Antropologi, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Brawijaya, 1–6.
Dirjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.
Hasibuan, S. L., Rujiman, & Sukardi. (2020). Analisis Determinan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 5(2), 139–141.
Muliastrini, N. K. E. (2019). Gerakan Literasi Sekolah (GLS) sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Prosiding Nasional Jayapangus Pres, August, 35–45.
Prasrihamni, M., Zulela, & Edwita. (2022). Optimalisasi Penerapan Kegiatan Literasi Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 128–134.
Putri, N. A., Afifulloh, M., & Mustafida, F. (2020). Penerapan Program Literasi sebagai Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Siswa di SD Negeri Temas 01 Kota Batu. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 72–81.
Rahmatunisa, W. (2017). Literasi Media Melalui Kajian Linguistik Fungsional di Indonesia. FON : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 1–9. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v11i2.726
Rizqiyah, A. M., & Arsanti, M. (2022). Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembudayaan Literasi Di Sekolah. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung, 4(November), 177–183. https://jurnal.unissula.ac.id/index.php/sendiksa/article/view/27286
Ruzain, R. B., Zulkifli, Z., Zulrafli, Z., Rosyida, R., Salsabila, A., Suhada, D., & Rosman, R. A. (2023). Menumbuhkan Budaya Literasi Membaca Dengan Menciptakan Lingkungan Literasi Di Sekolah Dasar Islam Plus YLPI Pekanbaru. Riau Journal of Empowerment, 6(1), 13–26. https://doi.org/10.31258/raje.6.1.13-26
Saadati, B. A., & Sadli, M. (2019). Analisis Pengembangan Budaya Literasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca Siswa Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 151–164. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4829
Septiana, T. I., & Ibrohim, B. (2020). BERBAGAI KEGIATAN MEMBACA UNTUK MEMICU BUDAYA LITERASI DI SEKOLAH DASAR Various Reading Activities to Trigger Literacy Culture In Primary School Students. Jurnal Keilmuwan Dan Kependidikan Dasasr, 12(01), 41–54.
Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik Lewat Literasi Untuk Pendidikan Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 154. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195
Tantri, A. A. S., & Dewantara, I. P. M. (2017). Keefektifan Budaya Literasi di SDN 3 Banjar Jawa untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204–209. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/viewFile/12054/7995
Wijayanti, S. H., Utami, N., Pratikto, A., & Pramono, H. (2020). Menggerakkan Literasi Baca-Tulis Di Rusunawa Muara Baru Pluit. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(2), 88–96. https://doi.org/10.24912/jbmi.v2i2.7234
Zati, V. D. A. (2018). Upaya untuk Meningkatkan Minat Literasi Anak Usia Dini. Bunga Rampai Usia Emas, 4(1), 1–9.
DOI: https://doi.org/10.35194/je.v5i1.3834
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Suryakancana University Research and Service Institute.
Suryakancana University Rectorate Building, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216,Tlp. 0263-270106, Fax.0263-261383, E-mail: je@unsur.ac.id
Copyright:JE (Journal of Empowerment) This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.