PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUKTIVITAS TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BJB KCP CIRANJANG PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ana Roviana Purnamasari, Fitri Nuraeni, Lina Mardiana, Nia Kurniawati

Abstract


ABSTRAK

Dalam dunia perbankan, kualitas pelayanan merupakan salah satu hal yang penting dalam menunjukan eksistensi dan kemampuannya untuk memuaskan nasabah. Produktivitas suatu Bank dinilai perlu dikembangkan guna mencapai hasil yang maksimal dalam mempertahankan kekuatan suatu instansi. Di masa pandemi ini segala bentuk usaha baik barang maupun jasa terkena dampaknya, salah satunya adalah sektor Perbankan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pandemi Covid-19 di sektor perbankan terkait kualitas pelayanan dan produktivitas yang diberikan oleh Bank terhadap kepuasan nasabah di Bank BJB KCP Ciranjang Cianjur. Penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menyebar kuesioner kepada nasabah dengan jumlah sampel sebanyak empat puluh (40) nasabah BJB KCP Ciranjang dan observasi serta penyebaran angket kepada karyawan Bank untuk mencari data dari Bank.

 

ABSTRACT

In Banking, service quality is one of the essential aspect in showing its existence and ability to satisfy customers. The productivity of a Bank is considered to need to be improved to achieve maximum results in maintaining the strength of an agency. During this pandemic, all forms of business, both goods and services, are facing problems one of it is the Banking sector. This study aims to analyze the impact of the Covid-19 pandemic in the Banking sector regarding the quality of service and productivity provided by Banks to customers, especially at Bank BJB KCP Ciranjang Cianjur. The author uses a quantitative approach by distributing questionnaires to customers with a sample of forty (40) BJB KCP Ciranjang customers and observing and distributing questionnaires to Bank employees to find data from the Bank.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Produktivitas; Kepuasan Nasabah; Bank; Pandemi Covid-19; Service Quality; Productivity; Goals; Bank; Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


REFERENSI

Ade Syarif Maulana, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TOI†Jurnal Ekonomi, November 2016, Volume 7 No. 2.

Azizah Nur Alfi, “Kredit Bank BJB (BJBR) Tumbuh di Atas Industri, Ini Segmen yang Jadi Penopang",https://finansial.bisnis.com/read/20210427/90/1386941/kredit-bank-bjb-bjbr-tumbuh-di-atas-industri-ini-segmen-yang-jadi-penopang, diunduh pada Senin, 12 Juli 2021 pukul 09:12 WIB.

Bayu Anggoro, “Bank BJB Tetap Tumbuh Baik di Masa Pandemi†https://mediaindonesia.com/ekonomi/401187/bank-bjb-tetap-tumbuh-baik-di-masa-pandemi, diunduh pada Senin, 12 Juli 2021 pukul 09:21 WIB.

Dito Aditia Darma Nasution, Erlina, Iskandar Muda, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesiaâ€, Jurnal Benefita, Juli 2020, Volume 5 No. 2, hlm. 212-224. www.bankbjb.co.id, diunduh pada Minggu, 11 Juli 2021 pukul 20:46 WIB.

Evi Okatviani Satriyanti, “Pengaruh Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah dan Citra Bank terhadap Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Di Surabaya†Joumal of Business and Banking, November 20l2 Volume 2, No. 2, hlm. l7l-184.

FEBI, 2018, Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Suryakancana Edisi VI. Cianjur: Tim FEBI UNSUR.

Feby Dwi Sutianto, “Bank BJB Dukung UMKM Selama Pandemi dengan Suntikan Dana PENâ€https://kumparan.com/kumparanbisnis/bank-bjb-dukung-umkm-selama-pandemi-dengan-suntikan-dana-pen-1v1qzfZ6qVK/full, diunduh pada Senin 12 juli 2021, 11:04 WIB.

Leo Dwi Jatmiko, "Kinerja Bank BJB (BJBR) Tetap Terjaga di Tengah Pandemi Covid-19", https://finansial.bisnis.com/read/20200604/90/1248651/kinerja-bank-bjb-bjbr-tetap-terjaga-di-tengah-pandemi-covid-19, diunduh pada Minggu, 1 Juli 2021 pukul 21:50 WIB.

Lica Miana, Nonie Afrianty, Asnaini, “Dampak Covid-19 Terhadap Kinerja Keuangan Perbankan Syariah Di Indonesia Menggunakan Pendekatan Sharia Maqasid Index (SMI)†Jurnal Aghinya STIESNU Bengkulu, Januari 2021, Volume 4 Nomor 1 E-ISSN 2621-8348.

Ramadhan Rizky Putra, Sekarsukma Syifadhiya, Sekar Aji Widyastiti, Zulï¬ kar Bagus Pambuko, “Analisis Produktivitas Perbankan Syariah di Indonesia dalam Mengelola Dana Sosial†Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, Juni 2018/ 1439 H, Volume VIII, No 1 hlm :74-80.

Setiawan Jatmiko,â€Pengaruh Gender, Commitment, Communication, dan Conflict Handling terhadap Costumer Loyalty pada Salah Satu Bank Swasta di Indonesia†Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, Tahun 2011, Volume 4.

Shandy Widjoyo Putro dan Prof. Dr.Hatane Semuel, MS., Ritzky Karina M.R. Brahmana, S.E., M.A., ‘Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabayaâ€, Jurnal Manajemen Pemasaran, Tahun 2014, Volume 2, No. 1, hlm.1-9.

Sugiyono, 2012, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet, hlm.134.

Yuliana, “Corona Virus Diseases (Covid-19); Sebuah tinjauan litelaturâ€, Wellness and Healthy Magazine, Februari 2020, Volume 2 No. 1 hlm. 187-194




DOI: https://doi.org/10.35194/arps.v2i2.2631

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Ar-Rihlah : Jurnal Study Perbankan Syariah INDEXED BY : 

   

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.