Pengembangan Kreativitas Berbahasa dalam Pembelajaran Menulis Cerita Rakyat dengan Menggunakan Media Audio Visual
Abstract
This article discusses the influence of the use of audio-visual media on language creativity in writing folk tales in students. The research method used is the true experimental method with a post-test only control design. The data collection technique used is a test in the form of subjective questions in the form of short questions that are realized in the test sheet instrument. The findings of the study are known in the normality test obtained values for the experimental class and the control class are normally distributed (0.304> 0.05 experimental class and control class 0.107> 0.05). The results of the hypothesis test obtained the results that the calculated value of sig = 0.000 <0.05 then H0 is rejected and Ha is accepted, so it can be concluded that audio-visual media can develop students' language creativity in learning to write folk tales.
Keywords: audio visual; folklore; language creativity
Abstrak:
Artikel ini membahas pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kreativitas berbahasa menulis cerita rakyat pada peserta didik. Metode penelitian yang digunakan ialah metode true exsperimental dengan desain postest only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa soal subjektik berbentuk pertanyaan singkat yang diwujudkan dalam instrumen lembar tes. Temuan penelitian diketahui dalam uji normalitas diperoleh nilai untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal (0,304 > 0,05 kelas eksperiman dan kelas kontrol 0,107 > 0.05). Hasil uji hipotesis diperoleh hasil bahwa nilai hitung sig= 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat mengembangkan kreativitas berbahasa peserta didik dalam pembelajaran menulis cerita rakyat.
Katakunci: audio visual; cerita rakyat; kreativitas bahasa
Full Text:
PDFReferences
Andriani, Rina. Pemanfaatan Folklore Berbasis Multilingual untuk Meningkatkan Budaya Literasi. 2018, http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis7.
Anies, Listyowati; Rosidah, Kholifah Tur; Nadhifah, Vita. Edutainment Sunkaber Berbasis Muatan Lokal: Media Kreativitas Berbahasa dan Profil Pelajar Pancasila Siswa Transisi PAUD ke SD. no. 2, 2023, http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa.
Arfaniyuda, Rico, et al. Tanggapan Masyarakat Terhadap Cerita Rakyat Asal Usul Desa Kebandaran dalam Laman Web Profil Desa: Kajian Resepsi Sastra. Metamorfosis Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya. http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis.
Arikunto, S. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, 2016.
Irawan, Sandi; Sudika, Nyoman; &. Hidayat, R. ‘Karakteristik Bahasa Gaul Remaja Sebagai Kreativitas Berbahasa Indonesia Pada Komentar Status Inside Lombok Di Instagram’. Bastrindo, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 201–2013, https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.44.
Lulu Hanifah, Riska, et al. Variasi Kosakata Politik dalam Pemilu Indonesia 2024 sebagai Bentuk Kreativitas Berbahasa Variations In Political Vocabulary In The 2024 Indonesian Election As A Form Of Language Creativity. no. 1, 2024, pp. 2528–1089, doi:10.26499/wdprw.v52i1.1725.
Maulida Syifa, Hanna, et al. ‘Penulisan Kata Pada Cerita Pendek Karya Siswa SMK Kelas XI’. Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, vol. 13, no. 1, 2024, http://jurnal.unsur.ac.id/ajbsi.
Nurhapitudin, Irman. ‘Nurhapitudin, Irman’. Al-Tsaqafa, vol. 11, no. 2, 2014, pp. 253–66, https://digilib.uinsgd.ac.id/3658/1/Analisis%20Sistematika%20Penulisan%20Bab%20III.pdf#page=72.
Pradewi, R. L. ‘Kreativitas Bahasa Dalam Kajian Bahasa Indonesia Sebagai Media Pembelajaran’. Metamorfosis, vol. 15, no. 2, Oct. 2022, pp. 12–18, http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis.
Putri Suryanida, Deva. Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Analysis of the Effect of Audio Visual Learning Media on Students’ English Learning Outcomes. no. 2, 2022, pp. 2723–8199, doi:10.21831/ep.v3i2.50458.
Salsabila, A., and S. Sukartono. ‘Implementasi Media Audio Visual Pada Pembelajaran Cerita Rakyat Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak Sekolah Dasar’. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), vol. 7, no. 2, 2023, pp. 310–19, doi:10.24036/jippsd.v7i2.
Sefiyanurdiana Dewi, Putri. ‘Mengembangkan Pembelajaran Lebih Lanjut Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing melalui Media Audio Visual’. Metamorfosis, vol. 15, no. 2, May 2022, pp. 19–23, http://ejournal.unibba.ac.id/index.php/metamorfosis.
Sugiono, et al. Sikap Masyarakat Indonesia Terhadap Bahasanya. Elmatera Publishing, 2011.
Sujarno. ‘Bahasa Artifisial sebagai Salah Satu Wujud Ragam dan Kreativitas Berbahasa’. Jurnal Buana Bastra Tahun, vol. 2, no. 2, 2015, pp. 188–97, https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/bastra/article/view/226/124.
Suprihatin, Agus, and Moh Masnun. ‘Peningkatan Kreativitas Berbahasa melalui Metode Bercerita dengan Media Gambar’. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, vol. 5, no. 1, 2019, www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady.
UIMA. Buku Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Universitas Indonesia Maju, 2022.
Uyanto, Stanislaus S. ‘An Extensive Comparisons of 50 Univariate Goodness-of-Fit Tests for Normality’. Austrian Journal of Statistics, vol. 51, no. 3, Aug. 2022, pp. 45–97, doi:10.17713/ajs.v51i3.1279.
Wahyuni, D. ‘Kreativitas Berbahasa Dalam Sastra Anak Indonesia’. Madah, vol. 7, no. 2, Oct. 2016, pp. 127–46, https://doi.org/10.31503/madah.v7i2.
Yuanta, Friendha. Pengembangan Media Audio Visual Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Sekolah Dasar. 2017, https://ibriez.iainponorogo.ac.id.
Yuli Erviana, Vera. ‘Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Muhammadiyah Domban 2’. Fundamental Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, 2018.
DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v13i2.4627
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.