Revitalisasi Cucupatian melalui Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Abstract
This article describes the development of Indonesian language teaching materials based on cucupatian for grade IV elementary school students. This research uses an ethnopedagogical approach with in-depth interviews and direct observation. There are several results of this research. First, the Indonesian language teaching materials at SDN Teluk Tiram 2 currently do not include Banjar culture. Second, cucupatian can be included in the descriptive text material in chapter 6 "Satu Titik" with the teaching module "Cucupatian Descriptive Text" and physical teaching media "Cuba Pang". Third, teaching materials can increase insight into Banjar culture, Banjar and Indonesian vocabulary, and can trigger the implementation of a thematic approach in the Merdeka Curriculum. In addition, it can be an example of making a culture-based teaching module.
Keywords: teaching materials; cucupatian; Indonesian
Abstrak:
Artikel ini memaparkan pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berdasar cucupatian untuk siswa SD kelas IV. Riset ini menggunakan pendekatan etnopedagogi dengan wawancara mendalam dan observasi langsung. Terdapat beberapa hasil riset ini. Pertama, bahan ajar bahasa Indonesia yang ada di SDN Teluk Tiram 2 saat ini belum memuat budaya Banjar. Kedua, cucupatian dapat dimuat dalam materi teks deskripsi pada bab 6 “Satu Titik” dengan modul ajar “Teks Deskripsi Cucupatian” dan media ajar fisik “Cuba Pang”. Ketiga, bahan ajar dapat menambah wawasan budaya Banjar, kosakata bahasa Banjar dan bahasa Indonesia, serta dapat memicu penerapan pendekatan tematik dalam Kurikulum Merdeka. Selain itu, bisa menjadi contoh pembuatan modul ajar berbasis budaya.
Katakunci: bahan ajar; cucupatian; bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, Mahira. “Kurikulum Merdeka Menjadi Wadah untuk Melestarikan Kebudayan Indonesia bagi Generasi Muda.” GoodNews From Indonesia. Web. 6 November 2023. Diakses tanggal 9 Februari 2024.
Creswell, John. Ward. “Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.” London: Sage Publication, 2009.
Effendi, Rustam. "Cucupatian (Teka-Teki) Banjar: Analisis Struktur, Fungsi, dan Nilai Budaya." Masyarakat Indonesia 36.2 (2010): 209-243.
Fadhallah. “Wawancara.” Jakarta: UNJ Press, 2021.
Fauziah, Amni, Asih Rosnaningsih, dan Samsul Azhar. "Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang." Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan 4.2 (2017): 47-53.
Fiolanisa, Sasa, et al. "Menghubungkan Pendidikan Karakter dengan Pola Perilaku Siswa di Lingkungan Sekitar." Jurnal Pendidikan Transformatif 2.2 (2023): 380-390.
Ginting, Sri Dinanta, Wahyu Ningsih, dan Elnira Situmorang. "Revitalisasi Legenda Pawang Ternalem Suku Karo sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia." Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP) 2.2 (2020): 216-222.
Ichi, Hamidah. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Budaya Religius Di Sekolah Sampanwittaya (Narathiwat Thailand). Diss. IAIN Kediri, 2022.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. “Peta Sebaran Pelaksana IKM.” kurikulum.kemdikbud.go.id. Web. Diakses tanggal 21 Februari 2024.
Muzakkir, Muzakkir. "Pendekatan Etnopedagogi Sebagai Media Pelestarian Kearifan Lokal." Jurnal Hurriah: Jurnal Evaluasi Pendidikan dan Penelitian 2.2 (2021): 28-39.
Nafis, Badratun, et al. "Pengembangan Bahan Ajar Tema 7 Indahnya Keberagaman Negeriku Subtema 2 Berbasis Lokal di Sekolah Dasar." Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3.5 (2021): 3189-3195.
Perdana, Rahmat Putra, dan Eka Supriatna. "Analisis Efektivitas Teknik Bermain pada Profesional Liga Nasional Bola Voli Indonesia." Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) 11.1 (2024): 70-80.
Rahmawati, Yuli, et al. “Integrasi Etnopedagogi dalam Pembelajaran Sains untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dan Kesadaran Budaya.” Jurnal Universal riset Pendidikan. 8.2 (2020): 662-671.
Rohmadi, Slamet. “Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Mengasyikkan dengan Metode Tematik.” Berita Magelang. Web. 25 Januari 2023. Diakses tanggal 13 Juli 2024.
Sugara, Ujang. "Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia." Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 7.2 (2022): 93-104.
Taek, Paulus. “Pembelajaran Langsung, Kontekstual dan Belajar: Adaequatio rei ad intellectum, adaequatio intellectus ad rem.” Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2021.
Yulianto, Agus. "Media-Media Pelestarian Kearifan Lokal dalam Tradisi Lisan Banjar sebagai Upaya Pemertahanan Bahasa Ibu di Kalimantan Selatan." Multilingual 20 (2021): 66-76
DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v13i2.4466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.