Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Puisi Berbasis "Project Based Learning"

Siti Rokhayah

Abstract


Artikel ini akan mendeskripsikan rancangan pegembangan modul pembelajaran dengan model Project Based Learning pada materi teks puisi untuk   siswa kelas X SMA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan dengan model  pengembangan Borg and Gall. Penelitian dibatasi hanya sampai pada tahap ke lima yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi desain. Teknik pengumpulan data mengunakan teknik wawancara dan angket. Instrumen dalam penelitian adalah lembar wawancara, lembar validasi untuk ahli materi, ahli media, dan ahli pengajaran. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh dari para ahli adalah 87.5 dengan skor dari ahli materi 1 sebesar 77.2, ahli materi 2 sebesar  96.2 , ahli media 1 sebesar 80, ahli media 2 sebesar 97.5, ahli pengajaran 1 sebesar 94.6, ahli pengajaran 2 sebesar 80. Modul teks puisi berbasis Project Based Learning untuk siswa kelas X SMA termasuk kriteria “Sangat Layak” dan dapat digunakan sebagai bahan ajar untuk mendukung proses pembelajaran kelas X SMA.

Katakuncibahan ajar; modul; puisi; project based  learning

Abstract:

This article will describe the design for developing a learning module with a Project Based Learning model on poetry text material for class X high school students. This research used Research & Development (R & D) using the Borg and Gall development model. This research was limited to the fifth stage, which was, potential and problems, data collection, product design, product validation, and design revision. Data collection techniques used interviews and questionnaires. The instruments in this study were interview and validation sheets for material, media, and teaching experts. The data analysis techniques were descriptive quantitative and qualitative. The results of this study indicate that the average value obtained from the experts was 87.5 with a score from material expert 1 was 77.2, material expert 2 was 96.2, media expert 1 was 80, media expert 2 was 97.5, teaching expert 1was4.6, teaching expert 2 was 80. Project-based learning-based poetry text module for class X SMA students was categorized as "Very Eligible" and it can be used as teaching material to support the learning process for class X SMA.

Keywords: teaching materials; module; poetry; project based learning


Full Text:

PDF

References


Alunanda Samanthis dan Edy Sulistyo. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Project Based Learning pada Standar Kompetensi Memperbaiki Radio Penerima di SMK N 3 Surabaya. Pendidikan Teknik Elektro, 03, 23–29.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Dian Novita, Darmawijoyo Darmawijoyo, N. A. (2016). Pengembangan Lks Berbasis Project Based Learning untuk Pembelajaran Materi Segitiga Di Kelas VII. Pendidikan Matematika Sriwijaya.

Ilham, A. (2010). Pengembangan Bahan Ajar. Bahan Kuliah Online. Direktorat UPI.

Ketut Adhi Krisnayana, I Made Putrama, D. G. H. D. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) Mata Pelajaran Visual Effect Kelas XI Multimedia di SMK TI Bali Global Singaraja. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 7.

Komang, P. (n.d.). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Vidiografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMA Negeri 1 Sukasada. Nasional Teknik Informatika (JANAPATI), 6, 72.

Rachmad Djoko Pradopo. (1995). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik dan Penerapannya. Pustaka Pelajar.

Rahmayantis, Marista Dwi & Lailiyah, N. (2020). Pengembangan materi bahan ajar menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan di SMPN 1 Tulungagung. Kembara, 6(2), 243–254.

Ranum Saputri. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kimia Berbasis Project Based Learning pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Universitas Islam Negeri Wlisongo.

Rina Dwi Rezeki, Nanik Dwi Nurhayati, S. M. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep Untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013 / 2014. Pendidikan Kimia, 4, 78–81.

Risal Fauzi. (2017). Pengembangan Buku Saku pada Materi Menulis Puisi Bebas untuk Siswa Kelas V SD. Universitas Negeri Semarang.

RUKAYAH, R. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Media Audiovisual Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Bone. Universitas Negeri Makassar, 4. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=6Lh9ulQAAAAJ&pagesize=100&citation_for_view=6Lh9ulQAAAAJ:bEWYMUwI8FkC

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suminto Sayuti. (2008). Berkenalan dengan Puisi. Gama Media.

Wicaksono, I. (2014). Pengembangan Modul Ipa Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar Siswa SMP. Universitas Negeri Yogyakarta.

Zainal Aqib. (2013). Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: CV Yrama Widya.




DOI: https://doi.org/10.35194/alinea.v11i1.1871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alinea: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran indexed and suported by:

width=

Creative Commons Licence
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.