PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KALDU JAMUR ERPE DI RACHMAT PURNAMA FARM KABUPATEN CIANJUR

Asep Saepul Alam, Putri Dina Laila, Yola - Nurkamil, Galih Ginanjar Saputra

Abstract


Jamur tiram merupakan bahan makanan yang banyak digemari konsumen karena memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Berdasarkan observasi yang dilakukan bahwa terdapat beberapa permasalahan mengenai pertimbangan konsumen dalam memutuskan untuk membeli suatu produk. Keputusan pembelian adalah proses dalam memilih suatu produk sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen. Kualitas produk dan harga adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di Rachmat Purnama Farm. Sampel yang diambil sebanyak 60 responden dengan menggunakan metode accidental sampling untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing-masing variabel. Analisis penelitian yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, analisis uji normalitas, uji F, uji t dan analisis koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, dan kualitas produk dan harga berpengaruh secara bersama-sama (simultan) terhadap keputusan pembelian. Uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang cukup erat antara kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian.

Keywords


Kualitas Produk, Harga, Keputusan Pembelian

References


Agusra Dodi. 2018. Pengaruh Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tepung Bumbu Mamasuka. Journal of Economic Business and Accounting. 2(1), 106-117

Apriliani, Y., Alam, AS., Sulistiawan, SN. 2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Tomat di Pasar Muka Cianjur. Jurnal Administrasi Bisnis. 1(2),73-82

Indrasari, Meithiana. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Malhotra, Naresh K. 2009. Riset Pemasaran, Pendekatan Terapan, Edisi keempat. Jakarta: Indeks

Mariana. 2015. Pengaruh Kualitas Prodk dan Harga teradap Keputusan Pembelian Produk pada Industri UKM Amplang UD.Sinar Rejeki Di Samarinda. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, 2015, 3 (2): 388-402

Prasetyaningsih, Y., Sari, M. W., & Ekawandani, N. 2018. Pembuatan Penyedap Rasa Alami Berbahan Dasar Jamur Untuk Aplikasi Makanan Sehat (Batagor). Eksergi, 15(2), 41-47.

Supriyatna, Yuda. 2020. Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Produk Yamaha Mio di Kota Cilegon). Jurnal Sains Manajemen. 6(1), 36-50.

Suryana, A., Rizal, AN., Hermawan, R. 2021. Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Beras Hitam (Oryza Sativa L. Indika) di Usaha Berat Sehat Sawah Baik Cianjur. Jurnal Agrita. 3(1), 15-30

Zulkifli & Rahmayani, S. 2021. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Bumbu Masakan Pusaka Indatu di Kecamatan Peukan Baro Kabupaten Pidie. Jurnal Ekobismen. 1(2), 57-66.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v12i2.2676

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.