RESPON PERTUMBUHAN TANAMAN SELADA (Lactuca sativa L.)VARIETAS KRIEBO TERHADAP KONSENTRASI ASAM GIBERELIN

Melissa Syamsiah & Gina Marlina

Abstract


Tanaman selada merupakan salah satu tanaman budidaya yang banyak dikonsumsi masyarakat dan bermanfaat bagi tubuh. Pertumbuhan dan perkembangan tanaman selada dipengaruhi oleh nutrisi dan zat pengatur tumbuh, salah satunya Giberelin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang timbul dari pemberian asam giberelin terhadap tanaman salada varietas kriebo. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak kelompok (RAK) dengan enam perlakuan dan empat kelompok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2016 hingga Mei 2016. Kegiatan penelitian ini dilaksanakan di Greenhouse, Fakultas Sains Terapan, Universitas Suryakancana Cianjur. Dengan ketinggian tempat 400 mdpl. Hasil penelitian menunjukkan pemberian giberelin berpengaruh terhadap parameter tanaman selada yaitu tinggi tanaman, dan bobot segar tanaman. Tetapi tidak berpengaruh terhadap jumlah daun. Perlakuan G3 (Giberelein 100 ppm) merupakan perlakuan yang memberikan pengaruh pertumbuhan tanaman selada paling baik, dengan rata-rata tinggi tanaman 47,09 cm, jumlah daun 17,13 helai dan bobot segar 49,70 gr.

 


Full Text:

PDF

References


Edi S. dan Z. Bobihoe. 2010. BudidayaTanamanSayuran. BPTP, Jambi.http://infolitbank.ristek.go.id/indek.php. Diaksespadatanggal 15 oktober 2015.

Fahmi, Zaky Ismail. 2010. Studi Teknik, tahan Dormansi dan Media Perkecambahan Terhadap Viabilitas Benih Aren (Arenga pinnata) Surabaya: Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan.

Gardner, Franklin dkk. 1991. Fisiologis Penanaman Budidaya (terjemahan). Jakarta:UI Press.

Guritno, B dan Sitosmpul, S. M. 1995. Analaisis Pertumbuhan Tanaman. UGM Press. Yogyakarta.

Leopold, A.C. dan E. Kriedmann. 1975. Plant Growth And Development. Tata McGrow Hill New Delhi. P.109-135.

Nazzarudin, 2003. Budidaya dan Pengaturan Panen Tanaman Selada. Penebar Swadaya, Jakarta.

Nazzarudin, 1999. Budidaya dan Pengaturan Panen Sayuran Sayuran Dataran Rendah. Penebar Swadaya, Jakarta.

Salisbury dan Ross, 1995. Fisiologi Tumbuhan. Bandung : ITB. Salisbury, F.B and Ross, C.W. 1995. Fisiologi Tumbuhan Jilid 3. (Terjemahan : Dian R Lukman dan Sumaryono). Bandung : Penerbit ITB.

Saut, I,. 2002. Pengaruh Perlakuan Perendaman Benih dalam Larutan GA3 dan Shimarocks Terhadap Varietas Benih Tomat (Lycopersicum esculentum Mill), Terong (Solanum melongena L) dan cabai (Capsicum annum L) Skripsi Budidaya Pertanian. Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor.

Sunarjono, H. 2008. Berkebun 21 JenisTanamanBuah.Penebarswadaya: Bogor.




DOI: https://doi.org/10.35194/agsci.v6i2.105



AGROSCIENCE INDEXED BY :

    

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Telp. (0263) 283579, Email: agroscience@unsur.ac.id 

Agroscience is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.