TINGKAT KEPENTINGAN DAN KINERJA SAYURAN BABY BUNCIS (Phaseolus Vulgaris L) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN (STUDI KASUS PASAR INDUK CIANJUR)

Nisa Nurmala Nurmala, Ruli Basuni Basuni, Rahmat Taufiq Dwi Jatmika

Abstract


Buncis merupakan salah satu komoditas hortikultura yang menempati posisi penting sebagai produk pertanian yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Produksi buncis di Kabupaten Cianjur mencapai 252,019 kuintal. Penelitian bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui besaran tingkat kepentingan sayuran baby buncis terhadap kepuasan konsumen di Pasar Induk Cianjur, 2. Untuk mengetahui besaran tingkat kinerja sayuran baby buncis terhadap kepuasan konsumen di Pasar Induk Cianjur, 3. Untuk mengetahui besaran kepuasan konsumen di Pasar Induk Cianjur menggunakan pendekatan CSI. Variabel bebas pada penelitian ini terdiri dari tingkat kepentingan dan kinerja dengan variabel terikatnya yaitu kepuasan konsumen. Data yang didapatkan bahwa 60 responden pada penelitian ini didominan berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia 51- ?60 Tahun. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepentingan memiliki nilai sebesar 82,61 dengan nilai rata-rata sebesar 4,35 dan tingkat kinerja memiliki nilai sebesar 78,75 dengan nilai rata-rata sebesar 4,14. Adapun indeks kepuasan konsumen sayuran baby buncis masuk kedalam kategori sangat memuaskan dengan persentase 82,97%. Namun, Pasar Induk Cianjur harus melakukan perbaikkan pada kuadaran I yaitu (perioritas utama) dan kuadaran III yaitu (perioritas rendah) karena, kuadaran tersebut dianggap kurang memuaskan oleh konsumen.


Keywords


Sayuran Buncis, Kepentingan, Kinerja, Kepuasan Konsumen.

References


Alfiah, D., Nurcahyani, E., Wahyuningsih, S., & Mahfut, M. 2020. Analisis Karbohidrat Pada Planet Buncis (Phaseolus vulgaris L.) Secara In Vitro Hasil Induksi Kalium Dalam Cekaman Kekeringan. Biosaintifika: Journal of Biology & Biology Education, 20(x).

Pitaloka, D. 2020. Hortikultura: Potensi, Pengembangan Dan Tantangan. Jurnal Teknologi Terapan: G-Tech Vol. 1 No. 1 Oktober,2017 P-ISSN 2580-8737, 1(1), 1–4. https://doi.org/10.33379/gtech.vlil.260.

Vientiny, S. M. (2021). Analisis Kepentingan Dan Kinerja Atribut Sayuran Pada Berbagai Jenis Penjual Bagi Rumah Tangga Konsumen Di Kompleks Perumahan Korpri Kota Bandar Lampung.

Siregar, H. M. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Sayuran Organik (Doctoral dissertation, Doctoral dissertation).

Dewi, T. R. P. (2022). Analisis Tingkat Kepentingan, Kinerja, Dan Kepuasan Konsumen Di Nadia Roti.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Amanda, L., Yanuar, F., & Devianto, D. 2019. Uji Validitas Dan Realibilitas Tingkat Partisipasi Politik Masyarakat Kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), 179–188.

Supriatna, I. I., & Affandi, F. 2018. Analisis Strategi Meningkatkan Daya Saing Dengan Menggunakan Metode IPA (Importance Performance Analysis) Pada Hotel Rinjani Plaza Kota Sorong. Metode: Jurnal Teknik Industri, 4(2), 29–38.

Widodo, S. M., & Sutopo, J. 2018. Metode Customer Satisfaction Index (CSI) Untuk Mengetahui Pola Kepuasan Pelanggan Pada E-Commerce Model Business To Customer. Jurnal Informatika Upgris, 4(1).

Sahfitri, V. 2017. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Pemanfaatan Facebook Commerce Menggunakan Metode Importance Analysis (IPA). Jurnal Ilmiah MATRIK, 19(1), 79–90.

Asriani, A., Putri, N., Kurniawan, S., & Sani, A. 2022. Pengaruh Personal Selling Terhadap Peningkatan Penjualan Alat Tulis pada CV. Lockdown Pandemi Covid 19. Jurnal Amkop Management Accounting Review (AMARA), 2(1), 13-19.

Nailissyifa, M., Poerbo, S., Farouk, U. 2019. Pengaruh Pengetahuan Pajak, Persepsi atas Efektifitas Ssitem Perpajakan dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak PPh Pasal 21 Dalam Melapor SPT. Jurnal JOBS (Journal Of Business Studiex), Vol. 5, No. 1, Okt. 2019. PISSN: 2461-0704, EISSN: 2467–8790, 561 (3), S2-S3.

Apriliana, A. 2022. Analisis Kualitas Layanan Pada CV. Sindoyudho Nusantara. Jurnal Maneksi, 11(2), 498–504.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2022. Pengertian Kepentingan. https://kbbi.web.id/penting.

Hidayati, I. R. 2018. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan Elektronik, dan Promosi pada Aplikasi (PLN) Mobile terhadap Kepuasan Pelanggan PT. PLN Distribusi Jawa Timur di Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945).

Lengkong, F., Lengkong, V. P., dan Taroreh, R. N. 2019. Pengaruh Keterampilan, Pengalaman dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan di PT. Tri Mustika Cocominaesa (Minahasa Selatan). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(1).




DOI: https://doi.org/10.35194/agri.v6i2.4715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AGRITA (AGri) INDEXED BY :

Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana, Jl. Pasir Gede Raya-Cianjur, 43216, Email: agrita@unsur.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.