Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP

Ramdhan F Suwarman, Iip Sapari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan sikap siswa terhadap pembelajaran model group invstigation (GI). Desain penelitian yang digunakan dalam penilitian ini adalah desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Azzainiyyah Sukabumi dengan sampel siswa kelas VII A dan VII B sebanyak 68 siswa. Untuk memperoleh data pada penelitian  ini, digunakan instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen tes terdiri dari soal pretes  dan soal postes. Sedangkan instrumen nontes terdiri dari lembar observasi. Untuk kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) sedangkan kelas kontrol diberikan perlakuan model pembelajaran yang biasa dilakuakan guru saat mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa kelas kontrol berdasarkan perolehan nilai rata-rata pada indeks gain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Selain itu, dengan hasil observasi yang menunjukkan peningkatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta : Bandung.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kerangka Dasar. Jakarta : Pusat Kurikulum.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative learning. Theory, Research and Practice. Bandung : Nusa Media

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Kendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendisain Model pembelajaran Inovatif-Profressif. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v1i2.600

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v1i2.600.g455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :