PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Meriska Fadila, Sarah Inayah, Vika Conie Fatwa

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif matematis memiliki peranan penting untuk siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Untuk meningkatkan kemampuan ini diperlukan penelitian menggunakan pendekatan matematika realistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang melakukan pembelajaran biasa, mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan matematika realistik . Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Nurul Islam Cianjur. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling purposive  secara  nonprobability sampling yaitu siswa kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII F sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian dan non tes berupa skala sikap. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan/kesamaan dua rata-rata, uji mann-whitney, perhitungan indeks gain, dan presentase skala sikap. Berdasarkan analisis hasil penelitian, diperoleh bahwa peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang melakukan pembelajaran biasa, siswa bersikap positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik.

Full Text:

PDF

References


Arifah, N., & Asikin, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Setting Pembelajaran Creative Problem Solving dengan Pendekatan Open-Ended ( Sebuah Kajian Teoritik ). Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 441–446.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Avvisati, F., Echazarra, Givord, P., & Schwabe, M. (2019). Programme for International Student Assesment (PISA) Results from PISA 2018. In OECD Publishing: Vols. I–III.

Herisyanti. (2007). Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif SMP. SKRIPSI FPMIPA UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). European Journal of Educational Research. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Munafiah, S., Rochmad, & Dwijanto. (2019). Disposisi Matematis pada Pembelajaran Creative Problem Solving dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 819–823.

Munandar, S.C.U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Purba, N.E., Surya, E., Syahputra, E., & Medan, P.U. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah pada materi fpb dan kpk. PPs Unimed Medan, Sumatera Utara. Indonesia.

Sholihah, F., Suyitno, H., & Dwijanto. (2022). Creative Mathematical Thinking Ability in Creative Problem Solving Model Viewed from Gender. Journal of Primary Education, 9(1), 58–65. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpe.v11i3.36047

Siregar, R.N., Mujib, A., Siregar, H., & Karnasih, I. (2020). Peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pendekatan matematika realistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 56-62.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2011). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung. JICA.

Suherman, S., & Vid Ìakovich, T. (2022). Assessment of mathematical creative thinking : A systematic review. Thinking Skills and Creativity, 44(March), 1–13. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2022.101019

Utami Munandar. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Wahyuni, S., & Pasaribu, L.H. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1694-1707.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v5i2.2908

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v5i2.2908.g1998

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :