Penerapan Model Course Review Horay Untuk Pemahaman Konsep Matematis Siswa

Ari Septian, Dede Devi, Dita Yuana, Maksi Miliani Ndelos, Neneng Pitaloka Kusumah Putri

Abstract


Metode pembelajaran yang digunakan pada setiap sekolah berdampak pada kualitas dalam perkembangan siswa, terutama pada kemampuan pemahaman konsep matematis yang menjadi dasar pada pendidikan matematika. Dengan demikian peneliti tertarik untuk mengangkat salah satu model pembelajaran yaitu Course Review Horay  sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan  model Course Review Horay lebih baik dari pada siswa yang mengunakan metode pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Course Review Horay. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sukaluyu tahun pelajaran 2015-2016, dengan sampel kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol, serta desain penelitianya menggunakan nonequivalent control group design. Materi yang digunakan yaitu garis dan sudut. Instrument yang digunakan adalah instrument tes berupa tes uraian pretes dan postes, serta instrument non tes berupa angket skala sikap siswa. Hasil pada penelitian ini adalah peningkatan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan model Course Review Horay lebih baik dari pada pembelajaran konvensional, dan sikap siswa terhadap model Course Review Horay  adalah positif.


References


Ardiani, T. E., S. B. Waluya, dan Ary Woro Kurniasih. (2016). Keefektifan Implementasi Pembelajaran CRH Berbantuan Kartu Masalah Dalam Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa SMP Kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education 5(2):131–37.

Deli, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Search Solve Create Share (SSCS) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII-2 SMP Negeri 13 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4(1):71–78. doi: 10.33578/jpfkip.v4i1.2725.

Fathurrohman. (2015). Model Model Pembelajaran. Jurusan Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasibuan, Lili Rohanita. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Di Kelas VII SMP Negeri Rantau Selatan. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms) 4(1):30–35. doi: 10.36987/jpms.v5i1.1238.

Hidayat, Irfan. (2012). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa MTS Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (Stkip) Siliwangi Bandung. (http://publikasi.stkipsiliwangi.ac.id/files/2013/01/Irpan-Hidayat.pdf), diakses 28 Desember 2015

Hidayati, Kana, Elly Arliani, Heri Retnawati, and Isnaeni. (2008). Implementasi Pembelajaran Matematika Berwawasan Lingkungan Dengan Pendekatan Kooperatif Guna Mengembangkan Sikap Ramah Lingkungan Dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Pythagoras : Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):33–46.

Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ismawati, N., dan N. Hindarto. (2011). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Struktural Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA.†Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 7(1):38–41.

Jaelani, Aceng. (2015). Pembelajaran Kooperatif, Sebagai Salah Satu Model Pembelajaran Di Madrasah Ibtidaiyya (MI). Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 2(1):1–16. doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.189.

Julia, Ani, Rindah Permatasari, dan Indria Susilawati. (2018). Penerapan Model Course Review Horay (CRH) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas III SDN 7 Kebebu. Jurnal Pendidikan Dasar 6(2):66–73. doi: 10.46368/jpd.v6i2.143.

Marjan, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Numbered Together (NHT) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Skripsi Tidak Diterbitkan. Cianjur: FKIP UNSUR

Muhandaz, Ramon, Ovi Trisnawita, dan R. Risnawati. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMK Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning) 1(2):137. doi: 10.24014/juring.v1i2.6552.

Pujayanti, Pt., I. Nym. Murda, dan I. Md. Citra Wibawa. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Sd Gugus Viii Munduk. MIMBAR PGSD Undiksha 1(1).

Rosyidah, Ummi. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan) 1(2):115–24. doi: 10.30998/sap.v1i2.1018.

Sanjaya, Satria. (2009). Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Pengajaran 13(1):15–20.

Wahyuni , S. (2010). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay u.ntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII.2 SMPN 17 Siak Kecamatan Dayun Kabupaten Siak. Skripsi. Pekanbaru: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v4i2.2659

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :