ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Ari Septian, Gina Salsabila, Rhahiliyyah Hafza Nisaa, Shintya Juliana Sudrajat, M. Faisal Adz-Dzikri

Abstract


Matematika adalah pola berpikir yang berhubungan dengan ide, proses, dan penalaran yang dapat membantu manusia dalam memahami dan menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan penalaran matematis pada penelitian ini sebagai kemampuan siswa untuk merumuskan kesimpulan atau pernyataan baru berdasarkan pada beberapa pernyataan yang kebenarannya telah dibuktikan atau diasumsikan sebelumnya. Pelajaran matematika peminatan dianggap sulit dipahami oleh siswa, terutama pada materi polynomial dan irisan kerucut. Hal ini menjadi penyebab perlunya suatu kajian terhadap materi polynomial dan irisan kerucut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Pada penelitian ini subjeknya adalah siswa kelas XI MIPA 2, dengan jumlah siswa 30 orang. Sebagian besar siswa masih kurang dalam menyelesaikan soal kemampuan penalaran matematis, karena siswa tidak terbiasa dengan soal-soal yang tidak rutin. Faktor lain yang mempengaruhi masih kurangnya siswa dalam menyelesaikan soal tersebut yaitu siswa kurang paham dengan materi yang disampaikan oleh guru, kesulitan dalam menghitung dan mengingat rumus, tidak serius ketika kegiatan belajar sehingga kurang memahami materi, dan sebagainya. Solusi yang harus diberikan kepada siswa untuk menumbuhkembangkan kemampuan penalaran matematis adalah dengan motivasi diri sendiri dan dari orang-orang terdekat supaya lebih giat lagi dalam belajar dan siswa harus lebih sering diberikan soal-soal dengan kemampuan penalaran matematis.

Kata Kunci : Matematika, Penalaran Matematis, Deskriptif Kuantitatif

ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS


Full Text:

PDF

References


Agustin. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. Jurnal Umsida, 5(2), 179–188. http://www.ojs.umsida.ac.id/

BNSP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 Tentang Standart Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Institut Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. (2009). Rangking Indonesia Pada PISA 2009. [Online]. Diakses dari http://p4mri.net/new/?p=339

Kahar, M. S. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Matematis Siswa SMA Kota Sorong terhadap Butir Soal dengan Graded Response Model. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(1), 12. https://doi.org/10.24042?tadris.v2i!.1389

Kariadinata, R. (2012). Menumbuhkan Daya Nalar (Powe of Reason) Siswa melalui Pembelajaran Analogi Matematika. Infinity : Jurnal Ilmiah Program Studi STKIP Siliwangi Bandung, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.p10-18

Musfiqon, H.M. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Presiden RI. (2007). Undang- Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

Sarah Isnaeni, L. F. (2018, Januari). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives , 2(1), 107-115.

Sukmadianta, Nana. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tukaryanto, Putriaji Hendikawati, S. N. (2018). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik dan Percaya Diri Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 656–662.

Wanti, Nopia, Juariah, Ehda Farlina, Hamdan Sugilar, R. K. (2017). Pembelajaran Induktif Pada Kemampuan Penalaran Matematis dan Self-Regulated Learning Siswa. Jurnal Analisa, 3(1), 56–69. https://doi.org/10.15575/ja.v3i1.1497

Zulfa Wahyuni, Y. R. (2019, Juni). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas X Pada Materi Dimensi Tiga. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al-Qalasadi, 3(1), 81-92.




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v2i2.2656

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v2i2.2656.g1842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :