Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining

Ari Septian, Dinda Zahrotun Nisa, Eli Siti Karnia, Solahudin Solahudin, Yana Aulia Pertiwi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran student facilitator and Explaining pada materi himpunan. Dengan metode penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Purposive Sample, diambil dari populasi kelas VII SMP Negeri 4 Cianjur. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes berupa angket. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 20 untuk uji normalitas, homogenitas dan perbedaan dua rata-rata. Berdasarkan hasil analisis data, peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dan hasil angket skala sikap menunjukkan bahwa pada umumnya siswa memberikan sikap yang positif terhadap pembelajaran dengan model Student Facilitator and Explaining. Dengan adanya model pembelajaran ini siswa mampu menyampaikan ide/gagasan dari keadaan atau informasi yang diperoleh secara lisan maupun tulisan dengan simbol-simbol, grafik atau diagram, baik ketika kerja kelompok maupun pengerjaan latihan soal.

Full Text:

PDF

References


Asih, S., Nirawati, R., & Nurhayati, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi SPLTV Kelas X MIPA. Journal of Educational Review and Research, 7(1), 42–48. https://doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2256

baroody, M. P. (2017). Penereapan Pendekatan Concrete-Representational-Abstract (CRA) Berbasis Intuisi untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1). Diambil dari https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/798

Baroody, A. J. (1993). Problem Solving Reasoning and Communicating, k-8: Helping Children Think Mathematically. New York: MacMillan Publishing Company.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Khaulah, S. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Student Facilitator and Explaining pada Materi Statistik di Kelas XI SMA Negeri 1 Jangka. Jurnal Pendidikan Almuslim, 4(1), 38–43. Diambil dari http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupa/article/view/109

Lindquist, M. M., & Elliot, P. C. (1996). Communication-an Imperative for Change: A Conversation with Mary Lindquist. (P. C. Elliot & M. . Kenney, Ed.), Yearbook Communication in Mathematics K-12 and Beyond. Virginia: The National Council of Teachers of Mathematics.

National Council of Teachers of Mathematics (NCTM). (1989). Assesment Standar for School Mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Nufus, H., & Ariawan, R. (2017). Keterkatan Hubungan antara Kemampuan Komunikasi Matematis dan Penalaran Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(2). Diambil dari https://d1wqtxts1xzle7.cloudfront.net/55838743/keterkaitan_hubungan_antara_kemampuan_komunikasi_dan_penalaran_matematis_siswa-with-cover-page-v2.pdf?Expires=1665311329&Signature=OOE-DNcfd9WMETO38gqvRhl90xx9ZhNgERH41CQsvi9TP37WwMgu2GI9lF3hpOq5ZmskRgrM5UL3B

Nuraeni, R., & Luritawaty, I. P. (2018). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa melalui Strategi Think Talk Write. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 101–112. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.265

Nurasilah, Hidayat, S. H., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE). Jurnal LEMMA: Letters of Mathematic Education, 6(1), 46–56. https://doi.org/10.22202/jl.2019.v6i1.3397

Obawala, T. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Metode Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa. Birunimatika, 1(2), 12–21. Diambil dari http://jurnal.ikipmumaumere.ac.id/index.php/birunimatika/article/view/108

Pemata, I. D., Andriani, L., & Granita. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFaE) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa SMP di Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(4), 285–296. Diambil dari https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/juring/article/view/7784/4602

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006, Tentang Pembelajaran Matematika.

Purwati, H., & Wuri, D. E. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dengan Gaya Belajar Kompetitif. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(2), 17–23. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v4i2.155

Rahmayanti, D. (2014). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. Diambil dari https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv3n1_1

Suprijono, A. (2009). Coopertive Learning, Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal: Jurnal ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(1). https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2




DOI: https://doi.org/10.35194/ts.v3i1.2652

DOI (PDF): https://doi.org/10.35194/ts.v3i1.2652.g1953

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©All rights reserved 2018.  Triple S ISSN:2622-4739 (Online).


TRIPLE S INDEXED BY :