Post Solution Posing dengan Cooperative Tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Sekarjati Syahidah Yaumil, Yuyu Yuhana, Isna Rafianti

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dengan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian menggunakan metode pre   eksperimental   design   dengan   desain   penelitian   berbentuk   matching   pretestt-posttest comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Cilegon. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas eksperimen. Metode penelitian ini melibatkan dua kelas eksperimen dengan dua perlakuan berbeda yakni kelas eksperimen 1  menggunakan model pembelajaran problem posing  tipe  post  solution  posing  dan  kelas  eksperimen 2  menggunakan model  pembelajaran cooperative tipe  berkirim salam dan  soal.  Instrumen  yang  digunakan  yakni  tes  kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan  pemecahan  masalah  matematis  siswa  yang  mendapatkan  model  pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal; (2) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah  matematis  siswa  yang  mendapatkan  model  pembelajaran  problem  posing  tipe  post solution posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal.

 

Kata Kunci : Post Solution Posing, Cooperative tipe Berkirim Salam dan Soal, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.


Full Text:

PDF

References


Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105-116. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550

Dhurori,A & Markaban. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Kajian Aljabar di SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional PPPPTK.

Hamzah, B & Kuadrat, M. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316

Khuswatun, U. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Matriks Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang Tahun pelajaran 2015/2016. Fakultas Sains dan Teknologi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.

Napitupulu. (2012). Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Jakarta. [online] Tersedia di:edukasi.compas.com (diakses 21 Februari 2017).

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Nurhamidah. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Tebing Tanjung Balai Karimun. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Silver, E.A. & Cai, J. (1996). “An Analisis of Arithmetic Problem posing by Middle School Studentsâ€, Journal for Research in Mathematics Education, 27, No. 5.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Sumardyono. (2007). Pengertian Dasar Poblem Solving. Jakarta: PPPPTK. [online] www.docplayer.info (diakses 21 Februari 2017).

Surtini, S, dkk. (2003). Implementasi Problem posing pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD di Salatiga. Salatiga: Lembaga Penelitian Universitas Terbuka Salatiga.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wardhani, S. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional PPPPTK Matematika.

Wardhani, S. (2011). Instrumen Penelitian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional PPPPTK Matematika.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.922

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.