Post Solution Posing dengan Cooperative Tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Abstract
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dengan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian menggunakan metode pre  eksperimental  design  dengan  desain  penelitian  berbentuk  matching  pretestt-posttest comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Cilegon. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh dua kelas eksperimen. Metode penelitian ini melibatkan dua kelas eksperimen dengan dua perlakuan berbeda yakni kelas eksperimen 1 menggunakan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing dan kelas eksperimen 2 menggunakan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal. Instrumen yang digunakan yakni tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal; (2) Pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model pembelajaran problem posing tipe post solution posing lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran cooperative tipe berkirim salam dan soal.
Â
Kata Kunci : Post Solution Posing, Cooperative tipe Berkirim Salam dan Soal, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Full Text:
PDFReferences
Anggriani, A., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kebiasaan Berpikir Siswa Melalui Model Pembelajaran IMPROVE. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(2), 105-116. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i2.4550
Dhurori,A & Markaban. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Kajian Aljabar di SMP. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional PPPPTK.
Hamzah, B & Kuadrat, M. (2009). Mengelola Kecerdasan dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Inayah, S., Septian, A., & Suwarman, R. F. (2020). Student Procedural Fluency in Numerical Method Subjects. Desimal: Jurnal Matematika, 3(1), 53–64. https://doi.org/10.24042/djm.v3i1.5316
Khuswatun, U. (2016). Efektifitas Model Pembelajaran Problem Posing tipe Post Solution Posing terhadap Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Matriks Kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 1 Semarang Tahun pelajaran 2015/2016. Fakultas Sains dan Teknologi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.
Napitupulu. (2012). Prestasi Sains dan Matematika Indonesia Menurun. Jakarta. [online] Tersedia di:edukasi.compas.com (diakses 21 Februari 2017).
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Nurhamidah. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Berkirim Salam dan Soal Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 1 Tebing Tanjung Balai Karimun. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pekanbaru: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. PRISMA, 6(1). https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22
Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212
Silver, E.A. & Cai, J. (1996). “An Analisis of Arithmetic Problem posing by Middle School Studentsâ€, Journal for Research in Mathematics Education, 27, No. 5.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta
Sumardyono. (2007). Pengertian Dasar Poblem Solving. Jakarta: PPPPTK. [online] www.docplayer.info (diakses 21 Februari 2017).
Surtini, S, dkk. (2003). Implementasi Problem posing pada Pembelajaran Operasi Hitung Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SD di Salatiga. Salatiga: Lembaga Penelitian Universitas Terbuka Salatiga.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wardhani, S. (2010). Pembelajaran Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional PPPPTK Matematika.
Wardhani, S. (2011). Instrumen Penelitian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional PPPPTK Matematika.
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.922
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.