KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI KUBUS DAN BALOK

Norma Nur Hikmawati, Novi Andri Nurcahyono, Pujia Siti Balkist

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis tertulis siswa dalam menyelesaikan soal geometri kubus dan balok serta untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara purposive sampling dengan memilih 2 siswa dari setiap kategori hasil tes dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Analisis data melalui tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan tinggi telah memenuhi semua aspek kemampuan komunikasi matematis, yaitu aspek menulis, menggambar dan ekspresi matematika. Subjek dengan kemampuan sedang dan rendah dominan pada aspek menulis dan menggambar dan kesulitan untuk mengekpresikan ide-ide matematisnya ke dalam aspek ekspresi matematika. Faktor-faktor yang diduga mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis yaitu proses pembelajaran, sikap dan pemahaman siswa, serta pembiasaan pemberian latihan soal.

Kata Kunci : komunikasi matematis, aspek komunikasi matematis, geometri

Full Text:

PDF

References


Hendriana, H. dkk. 2017. Hardskill dan Softskill Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Hermawati, H. 2018. Proses Pelaksanaan Remedial Teaching Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Peserta Didik. Skripsi pada FKIP UMMI: diterbitkan.

Hodiyanto. 2017. Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdmathEdu, Volume 7 Nomor 1. 9 Halaman

Lestari, K.E dan Yudhanegara M.R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Karawang: PT Refika Aditama.

Luthfiannisak dan Ummu Sholihah. 2018. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam menyelesaikan Soal Materi Fungsi Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Tudris Matematika, Volume 1 Nomor 1.

Munawaroh, U. 2018. Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Skripsi Sarjana pada FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo: diterbitkan.

Ningtyas, I.K. 2015. Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII MTs Sultan Agung Jabalsari dalam Memahami Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Berdasarkan Kemampuan Matematika. Skripsi tidak diterbitkan, Tulungagung.

Shalihah dan Ariansyah. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal “Mosharafaâ€, Volume 6 Nomor 2, Halaman 287-298.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar (Edisi pertama). Jakarta: Prenadamedia Group

Suryana. 2010. Metode Penelitian Model Praktis Penelitian Kuantitatif dan. Kualitatif. Bandung : UPI.

Rizqi, A.A, dkk. 2016. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri Siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research. Volume 5 Nomor 1, halaman 17-23.

Rosdiana, R, dkk. 2018. Analisis Proses Berpikir Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Aljabar Ditinjau dari Gaya Kognitif. PYTHAGORAS. Volume 7 Nomor 2, halaman 74-84.

Rosilawati dan Alghadari. 2018 Konsepsi Siswa Pada Suatu Bentuk Bangun Ruang Terkait Dengan Rusuk dan Diagonal Sisi. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana. Volume 7 Nomor 2, 164-176.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.