TEKNIK PROBING-PROMTING SCAFFOLDING PADA PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Rizki Nuraini Fatimah, Rahayu Kariadinata, Wati Susilawati, Asep Jihad, Indri Nur Fauziah, Leili Solihatunnisa, Niki Rosalia, Noviani Sa'adah, Hamda Sugilar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari tingkat pemecahan masalah siswa dengan menggunakan teknik Probing-Prompting Scaffolding. Analisis ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen. Dimana, metode eksperimen semu untuk mempelajari hubungan antara konsultasi dengan aspek tertentu yang telah disetujui. Perlakuan diberikan kepada beberapa sampel yang diambil dari peserta. Sampel ini terdiri dari siswa dalam satu kelas, jadi penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu dengan instrumen tes dan instrumen non-tes. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan tingkat dan penyelesaian masalah matematis antara kelas, dari uraian yang paling baik yaitu kelas Proding-Prompting, perancah konvensional dan Probing-Prompting . Kesulitan yang dialami siswa dapat diminimalisir dengan cara membantu soal latihan non-rutin. Pembelajaran Probing-Prompting Scaffolding , siswa mampu melakukan penemuan baru, memfasilitasi sosial, serta melakukan refleksi, sehingga dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Alfian, M. H., Dwijanto, D., & Sunarmi, S. (2017). Effectiveness of Probing-prompting Learning Models with Scaffolding Strategy to Mathematic Creative Thinking Ability and Enthusiasm. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(2), 249–257.

Aryati, & Eka. (2010). Pembelajaran Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Matematika dan IPA, 2-5.

Huda, M., & Pd, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kaelan, MS (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma.

Indriyana, E., & Tirta, S. I. M. (2017). The Students’ Thinking Process on Mathematics Problem Solving Through Scaffolding. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(8), 3774–3782.

Izza Mazidah, L. (2017). Pengaruh Teknik Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Garis Dan Sudut Di Kelas Vii Smp Negeri 1 Bangsal Mojokerto. Mathedunesa, 5(3).

Kahar, M., Layn, M. S., Mandasari, M. R., & Irna. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Interactive Conceptual Interaction (Ici) dalam Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 56-62.

Manurung, S. H. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keefektifan Belajar Matematika Siswa Mts Negeri Rantau Prapat Pelajaran 2013/2014. Jurnal EduTech, 9(4), 4–17.

Mustika, H., & Buana, L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(2).

Sri Adi Widodo, A. A. S. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Emecahkan Masalah Trigonometri Sri Adi Widodo 1) dan A. A. Sujadi 2). Jurnal Sosiohumaniora, 1(1), 51–63.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.

Sun, Z., Xie, K., & Anderman, L. H. (2018). The role of self-regulated learning in students’ success in flipped undergraduate math courses. The Internet and Higher Education, 36, 41–53.

Swasono, A., Suyitno, A., & Susilo, B. (2014). Penerapan Pembelajaran Probing-Prompting Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Lingkaran. UJME Unnes Journal of Mathematics Education, 3(2).

Trianto, M. P. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.