UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER

Erma Monariska

Abstract


Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis siswa SMK yang masih rendah. Dengan melihat dari berbagai model pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan penalaran matematis siswa SMK; untuk mengetahui aktivitas siswa SMK selama pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT; dan untuk mengetahui sikap siswa SMK terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe NHT. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan bentuk penelitian reflektif yang dilakukan oleh guru sendiri yang hasilnya dapat dimanfaatkan sebagai alat untuk pengembangan dan perbaikan pembelajaran. Prosedur PTK dimulai dengan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Administrasi Perkantoran (AP) SMK PGRI 2 Cianjur. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, non tes (skala sikap, jurnal, lembar observasi) dan instrumen untuk membantu pelaksanaan tindakan (silabus, RPP, LKS). Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan penalaran matematis siswa. Ini sejalan dengan adanya peningkatan aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui pembelajaran kooperatif tipe NHT.

 

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Kemampuan Penalaran Matematis


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. (2006). Penelitian Tindakan Kelas Untuk: Guru. Bandung: Yrama Widya.

Darma, I Nyoman. et al. (2013). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Pemahaman Konsep dan Daya Matematika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa SMP Nasional Plus Jembatan Budaya. Dalam e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha [online]. Tersedia: file:///c:/users/acer/download/12-906-1-SM.pdf [07 Juni 2016]

Dewi, Fanny Utari. (2009). Pengaruh Penerapan Matematika Realistik Terhadap Peningkatan Penalaran Siswa SMA. (Skripsi). Cianjur: UNSUR (tidak diterbitkan)

Putri, Finola Marta. (2013). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. Dalam Edumatica [online], volume 03,19-26 Tersedia:http://download.portalgaruda.org/article.php?=144681&val=870 [07 Juni 2016]

Sadulloh, Uyoh. (2007). Pengantar Filsafat Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS. 2010. Bandung: Citra Umbara.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.