KONSEPSI SISWA PADA SUATU BENTUK BANGUN RUANG TERKAIT DENGAN RUSUK DAN DIAGONAL SISI

Rosilawati Rosilawati, Fiki Alghadari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsepsi siswa pada bentuk bangun ruang limas terkait dengan panjang semua rusuk yang sama dan memiliki diagonal sisi. Penelitian ini merupakan survei kualitatif. Sampelnya adalah siswa kelas XII-IPS di satu Sekolah Menengah Atas Kabupaten Belitung tahun pelajaran 2018/2019. Siswa menyampaikan konsepsinya dengan cara menjawab pertanyaan survei. Analisis konsepsi siswa difokuskan pada pemahaman konsep dan objek mental bangun ruang yang ada dalam pikirannya. Hasil analisis dari respon siswa menemukan ada tiga tipe konsepsi yang teridentifikasi, yaitu konsepsi siswa yang menunjukkan kesiapan intelektual, konsepsi yang mengarah pada hambatan epistemologis, dan konsepsi yang menunjukan miskonsepsi. Pemahaman pada konsep dasar dan keluasan jaringan informasi konsep menjadi syarat untuk mempelajari konsep lanjutan suatu materi matematika, agar siswa terhindar dari miskonsepsi, sehingga pembelajaran mampu menghadirkan pengalaman konseptual dan perseptual.

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, L. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Siswa dalam Materi Geometri pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Punggelan. Jurnal Pendidikan Matematika-S1, 5(1), 1-10.

Alfian, H., Sugiatno., & Hamdani. (2016). Mengatasi Hambatan Pemahaman Konseptual Matematis dengan Pendekatan Antisipasi Didaktis Materi Dalil Pythagoras di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1).

Bueno, O. (2013). Perception and conception: Shaping human minds. Biosemiotics, 6(3), 323-336.

Dedy, E., & Sumiaty, E. (2017). Desain Didaktis Bahan Ajar Matematika SMP Berbasis Learning Obstacle dan Learning Trajectory. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(1), 69-80.

Effendi, K. N. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Advance Organizer dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMK. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 33-48.

Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 55-68.

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. PRISMA, 7(1), 82-90.

Khoiri, M. (2014). Pemahaman Siswa Pada Konsep Segiempat Berdasarkan Teori Van Hiele. Prosiding Seminar Nasional Matematika Univeristas Jember, 19, 262-267.

Kiswanto, K., Rahman, U., & Sulasteri, S. (2015). Deskripsi pemahaman konsep materi geometri ditinjau dari kepribadian sensing dan intuition pada siswa kelas IX SMPN 33 Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1), 42-58.

Kusaeri, K. (2017). Terbentuknya konsepsi matematika pada diri anak dari perspektif teori reifikasi dan APOS. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101-105.

Maharani, H.R., Ubaidah, N., & Aminudin, M. (2017). Konsepsi Awal Siswa SMP tentang Kubus. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 22-29.

Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientasi Teori Belajar Piaget. Jurnal Dikma, 4(2), 250-258.

Ningrum, R. W. & Budiarto, M.T. (2016). Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Bangun Datar Segiempat dan Alternatif Mengatasinya. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(5), 59-66.

Safrina, M. & Dermawan, P. (2016). Konsepsi Pengetahuan Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Kanjuruhan Malang Tahun 2015/2016 pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 31-38.

Sarwadi, H. R. H., & Shahrill, M. (2014). Understanding students’ mathematical errors and misconceptions: The case of year 11 repeating students. Mathematics Education Trends and Research, 2014, 1-10.

Simon, M. A. (2016). Explicating mathematical concept and mathematical conception as theoretical constructs for mathematics education research. Educational Studies in Mathematics, 94(2), 117-137.

Soleha, S. (2018). Hubungan antara Sikap Siswa dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Negeri Dipawangi. PRISMA, 7(1), 113-122.

Sutopo. (2015). Scaffolding pada Konflik Kognitif dalam Pemecahan Masalah Matematika. Ta’allum, 3(1), 93-108.

Syahputra, M. R. (2016). Pengaruh Persiapan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Kuadrat dan Akar Kuadrat Bilangan Bulat Siswa SMP Swasta Bandung Percut Sei Tuan. Jurnal Mantik Penusa, 19(1), 79-86.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.