PEMBELAJARAN DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Ari Septian, Elsa Komala, Kurniawan Aji Komara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menelaah pengaruh pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode Penelitian adalah kuasi eksperimen dengan Nonequivalent control group design. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Al-Mizab. Adapun yang dijadikan sampel dalam penelitian ini dipilih sebanyak 2 kelas dari 4  kelas yang ada dipilih dengan teknik sampling purposive. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis dan angket sikap siswa. Pengolahan data capaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan analisis deskriptif persentase skor postes, peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa menggunakan uji-t dan angket sikap siswa dengan melihat persentase jawaban pernyataan angket siswa. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukan bahwa capaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yag menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) adalah tinggi sedangkan pembelajaran dengan mengguanakan model pembebelajaran biasa adalah sangat rendah. Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Creative Problem Solving (CPS) lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, dengan kategori tinggi. Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model Creative Problem Solving (CPS) sebagian besar positif.

Full Text:

PDF

References


Arifin, J. (2017). SPSS 24 Untuk Penelitian dan Skripsi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389–398.

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.535

Hanifah, S, H. (2015). Pengaruh Model Pembelejaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Adaptif Matematis Siswa. Skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. [Online]. Tersedia: http://epository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/.../1/SITI%20HENI %20 HANIFAH-FITK.pdf [25 Mei 2017]

Komala, E. (2016). Modul Penelitian Pendidikan Matematika. Universitas Suryakancana : Tidak Diterbitkan.

Kurniasari, A. (2015). Pengeruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Penalaran Analogi Matematik Siswa. Skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. [Online]. Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/.../1/ANIS%20 KURNIASARI-%20FITK.pdf [25 Mei 2017]

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif [Online]. Volume 5 (1) hal. 14 - 25. Tersedia: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/download /166/159 [25 Mei 2017]

Muhammad, G. M., Septian, A., & Sofa, M. I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Creative Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 315–326.

https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.140

Noer, S, H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika [Online], Volume 5 (1) hal. 104 - 111. Tersedia: http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jpm/article/download/824/237 [25 Mei 2017]

Nurudin, M., Mara, M, N. dan Kusnandar, D. (2014). Ukuran Sampel dan Distribusi Sampling Dari Beberapa Variabel Random Kontinu. Buletin Ilmiah Mat. Stat. dan Terapannya (Bimaster) [Online], Volume 3 (1) hal. 1 - 6. Tersedia: http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jbmstr/article /view/4461/4534 [30 April 2018]

OECD. (2016). PISA 2015 Result in Focus. [Online]. Tersedia: https//www.oecd.org [12 November 2017]

Saefudin, A, A. (2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Matematik Realistik Indonesia (PMRI). Al-Bidayah. [Online]. Volume 4 (1) hal. 37-48. Tersedia: http//ejournal.uinsuka.ac.id/tarbiyah/Albidayah /article/vew/99 [29 April 2018]

Solihat, E. (2010). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Belajar Matematika. Skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. [Online]. Tersedia: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1096/1/98174ELIH%20 SOLIHAT-FITK.pdf [25 Mei 2017]

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Alfabeta CV.

Wati, M, K, dan Sujadi, A, A,. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Poyla Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Prisma Universitas Suryakancana [Online]. Volume 6 (1) hal. 9-16. Tersedia: https://jurnal.unsur. ac.id/prisma/issue/archive.pdf [1 april 2018]




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.376

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.