PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN METODE DEMONTRASI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KONEKSI MATEMATIK SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

Turiman Turiman

Abstract


Hasil belajar matematika sampai saat ini masih tergolong rendah, hal ini terjadi karena guru dalam menyampaikan materi pelajaran hanya mengejar untuk target bisa mengerjakan ujian dan juga guru dalam menyampaikan pembelajaran memilih metode yang monoton, solusi salah satu metode pembelajaran adalah metode demontrasi dengan metode tersebut siswa bisa langsung praktek menggunakan alat peraga untuk mempermudah cara belajar. Untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam belajar matematika diantaranya adalah kemampuan berpikir kreatif dan koneksi matematik karena kedua kemampuan tersebut mampu mendorong siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, melalui pembelajaran dengan pendekatan Metode Demontrasi kemampuan berpikir kreatif dan koneksi siswa lebih baik dari pada siswa yang pembelajarannya dengan konvensional. Kesulitan yang dialami siswa adalah waktu yang tidak cukup, mengubah soal cerita kedalam model matematika.

 

Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Koneksi Matematik, Metode Demontrasi

Full Text:

PDF

References


Indrawan. ( 2016 ). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan berpikir Kreatif Matematik Serta Self-Concept Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis pada Program Magister Pendidikan Matematika. Bandung: Tidak diterbitkan.

Sabandar, J (2010). Berpikir Kreatif Makalah Prodi Pendidikan Matematika. SPS: UPI Bandung

Sardiman (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sumarmo, U. (2007). Mengembangkan kemampuan penalaran dan koneksi matematik siswa SMA melalui pembelajaran berbasis masalah. Bandung : universitas Pendidikan Indonesia. Dalam Jurnal Educationist: Jurnal Kajian Filosofi. Volume 1 No 2,




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.374

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.