Pengaruh Media Sosial dengan Menggunakan Aplikasi Tiktok terhadap Hasil Belajar Matematika

Lamlam Patimah, Widianjani Widianjani

Abstract


Meningkatnya jumlah media sosial di kalangan siswa, tentunya mempengaruhi pembelajaran. Hasil belajar menjadi tolak ukur dalam keberhasilan seseorang. Pemilihan aplikasi pembelajaran yang tepat dapat membuat siswa nyaman dan senang dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi tiktok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Sampel yang digunakan yaitu kelas siswa X MPLB 1 dan X MPLB 2. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain Nonequivalen Control Group Design. Untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika, maka dilakukan uji instrumen meliputi validitas dan reliabilitas, uji prasyarat analisis yaitu normalitas, homogenitas, Uji-T, dan uji impact size.  Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui melalui hasil perhitungan Thitung 6,029 > Ttabel 1,039 dengan taraf kepercayaan 95%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif penggunaan aplikasi tiktok terhadap hasil belajar matematika.


Keywords


aplikasi tiktok; hasil belajar; matematika

References


Ahmad, ZA. (2023). Peringkat 2 di Dunia Tiktok jadi Aplikasi Pengguna Terbanyak di Indonesia pada 2023. diakses pada 5 Mei 2023 dari: https://teknologi.id/amp/aplikasi/peringkat-2-di-dunia-tiktok-jadi-aplikasi-pengguna-terbanyak-di-indonesia-pada-2023

Anggraeni. (2022). Hubungan Media Sosial Tiktok terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Journal of Islamic Guidance and Conseling, 1(3), 128-139.

Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis Pengetahuan Numerasi Mahasiswa Matematika Calon Guru. Matematika dan Pendidikan Matematikan, 9(2), 237-247.

Azmi, S. N., & Sopiany, H. N. (2022). Respon Peserta Didik SMP terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Secara Online. PRISMA, 11(2), 339-349. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2377

Devi. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan.

Diko, Baharian. (2020). Tiktok Aplikasi yang Mengubah Dunia Sosial Media. Diakses pada 6 Mei 2023 dari: https://arek.its.ac.id/hmsi/2021/09/08/tiktok-aplikasi-yang-mengubah-dunia-sosial-media/

Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. (2021). Pengaruh media sosial Tiktok terhadap kreativitas berpikir generasi z. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(9), 4287-4298.

Hwang, G. J., & Tu, Y. F. (2021). Roles and research trends of artificial intelligence in mathematics education: A bibliometric mapping analysis and systematic review. Mathematics, 9(6), 584. https://doi.org/10.3390/math9060584

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. PRISMA, 9(2), 154–166. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070

Mulyati dan Evend. (2020). Pembelajaran Matematika melalui Media Game Tiktok untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika SMP 2 Bojonegara. Gauss. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73.

Nasrullah. (2014). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenada Media Group.

Rahmawati, N. I. (2018). Pemanfaatan ICT dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, 1, 381–387.

Ramdani, S. N. dkk. (2021). Potensi Pemanfaatan Media Sosial Tiktok sebagai Media dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(2), 425-436.

Riadi, Muchlisin. (2021). Pembelajaran Aktif (Active Learning). Diakses pada 6 Mei 2023 dari: https://www.kajianpustaka.com/2021/12/pembelajaran-aktif-active-learning.html

Rusmono. (2017). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning. Bogor: Ghalia Indonesia.

Selviana. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz terhadap Hasil Belajar Statistika Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Griya Cendikia, 7(2), 319-328.

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability Through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. PRISMA, 11(2), 504–514. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Silviana, D., & Mardiani, D. (2021). Perbandingan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Mood-Understand-Recall-Digest-Exand-Review dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 291-302.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Supriyadi, E., Septian, A., Dahlan, J. A., & Juandi, D. (2022). GeoGebra Research in Indonesia: A Bibliometric Analysis. PRISMA, 11(2), 559–575. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2572

Yuliana, Y., Anindita, H. A., & Syaifuddin, M. W. (2021). Pengaruh Konsentrasi Belajar dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika pada Pembelajaran Daring. PRISMA, 10(2), 141–155. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1732

Zhong, B., dan Xia, L. (2020). A Systematic Review on Exploring the Potential of Educational Robotic in Mathematics Education. International Journal of Science and Mathematics Education, 18(1), 79-101. https://doi.org/10.1007/s10763-018-018-09939-y




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.3209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.