Pengembangan Modul Siswa pada Materi Program Linear di MA AL-Hidayah

Ari Septian, Rehan Nurlaela Sukma Yanti, Sarah Inayah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul siswa pada materi program linear yang valid, praktis dan dapat memudahkan siswa dalam belajar secara mandiri. Penelitian ini melibatkan 3 dosen ahli sebagai validator, 3 guru matematika sebagai responden kepraktisan dan 22 siswa MA Al-Hidayah sebagai responden tanggapan siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket validasi, angket kepraktisan dan angket tanggapan siswa. Kemudian data yang terkumpul di analisis menggunakan kriteria validitas, kepraktisan dan tanggapan siswa. Dari hasil penelitian ini didapat nilai persentase validitas modul yaitu 89,97% dengan kriteria sangat valid, nilai persentase kepraktisan modul yaitu 84,94% dengan kriteria sangat praktis dan nilai persentase tanggapan siswa yaitu 82,80% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul yang dikembangkan valid, praktis dan mendapat tanggapan baik dari siswa sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah maupun secara mandiri.

Keywords


ADDIE; modul; program linear

References


Afandi, F. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X SMA Negeri 4 Tebing Tinggi T.P 2012/2013. Universitas Negeri Medan.

Afriadi, R., Lufri, & Razak, A. (2013). Pengembangan Modul Biologi Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. Jurnal Kolaboratif, 1(2), 19–30.

Anggraeni, G. (2020). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Problem Based Learning untuk Menanamkan Nilai-Nilai Entrepreneurship Materi Program Linear pada Siswa SMA. Repository Universitas Jambi.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Referensi.

Daryanto. (2013). Menyusun Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Gava Media.

Efendi, N. (2013). Pendekatan Pengajaran Reciprocal Teaching Berpotensi Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA. Jurnal PEDAGOGIA, 2(1), 84–97.

Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Fitriana, R., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika. PRISMA, 10(1), 106–120.

https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118

Hartono, W., & Noto, M. S. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Matematis Pada Perkuliahan Kalkulus Integral. Jurnal JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 320–333.

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157–182. https://doi.org/https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367 Problematika

Khasanah, N. (2014). Problematika Pembelajaran Tematik Kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Lasmiyati, & Harta, I. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP Developing a Module to Improve Concept Understanding and Interest of Students of SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174.

Mahadiraja, D., & Syamsuarnis. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Daring pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik T . P 2019 / 2020 di SMK Negeri 1 Pariaman. Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional, 6(1), 77–82.

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. PRISMA, 10(1), 130-140. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Mulyatiningsih, E. (2012). Riset Terapan. Yogyakarta : UNY Press, 183–184.

Munadlir, A. (2016). Strategi Sekolah Dalam Pendidikan Multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114–130.

Nuriza, I., Yusmin, E., & Bistari. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Materi Program Linear Berdasarkan Gaya Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 1–9.

Nurjanah, S., Istiqomah, & Sujadi, A. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Program Linear Pada Siswa Kelas X TKJ SMK Piri 2 Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 821–827.

Nurmadiah, M. A. (2014). Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jurnal AL-AFKAR, 3(2), 41–54.

Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul Elektronik Pada Siswa SMA. JPF: Jurnal Pendidikan Fisiska, 7(1), 17–25.

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. http://jurnal.uns.ac.id/jpm

Rizki, S., & Linuhung, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbasis Kontekstual dan ICT. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(2), 137–144.

Rosa, F. O. (2015). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA SMP pada Materi Tekanan Berbasis Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 49–63.

Salay, R. (2012). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa yang Mendapatkan Teacher Centered Learning (TCL) dengan Student Centered Learning (SCL). INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/ybeux

Semaranatha, I. M., Mardana, I. B. P., & Rapi, N. K. (2016). Tindak Guru Fisika dalam Penerapan Pembelajaran Berpusat pada Siswa. Jurnal Wahana Matematika Dan Sains, 10(1), 49–59.

Septian, A., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2021). The Development of Calculus Teaching Materials using Geogebra. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 4(1), 1-10 https://doi.org/10.30738/indomath.v4i1.7831

Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. PRISMA, 11(2), 504–514. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483

Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. PRISMA, 11(1), 71-81. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074

Setyaningsih, V. P., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. PRISMA, 11(1), 10-20.

https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2048

Shofan, M. (2013). Pengembangan Modul Pembelajaran Bilangan Bulat Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas IV SD/MI. Universitas Negeri Malang.

Siska, T. U. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Masalah Untuk Materi Program Linear Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMKN 6 Padalarang. STKIP PGRI Sumatera Barat.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Yuningtyas, E. (2015). Pengembangan Modul Matematika Materi Program Linear Dengan Pendekatan Berbasis Masalah Sebagai Upaya Peningkatan Prose Berpikir Kreatif Siswa Kelas X SMKN 1 Bandung Tulungagung. Universitas Islam Negeri 1 Tulungagung.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.3187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.