Peningkatan Hasil Belajar melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Ditinjau dari Self-Confidence dan Kemampuan Penalaran dalam Pendidikan Matematika

Siti Khadijah, Amin Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang ditinjau dari Self-Confidence dan kemampuan penalaran dalam pendidikan matematika pada materi persamaan kuadrat siswa kelas X ipa SMA Negeri 1 Bilah Hilir. Penilitian ini menggunakan metode uji T. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/i kelas X SMA Negeri 1 Bilah Hilir T.P 2022/2023 yang berjumlah 28 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan kemampuan penalaran siswa serta self-esteem siswa itu sendiri dalam menyelesaikan soal-soal tersebut. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan tes kemempuan I,  dan tes kemempuan  II yang berbentuk uraian. Tes kemampuan I berjumlah 3 soal dan tes kemempuan II 5 soal. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh : (1) hasil tes kemampuan I diperoleh 18 orang siswa atau 64,29% tingkat ketuntasan belajarnya diatas 60%, sedangkan 10 orang siswa atau 35,71%  tingkat ketuntasan belajarnya dibawah 60%. (2) tes kemampuan II diperoleh 11 orang siswa atau   39,29% tingkat ketuntasan belajarnya dibawah 60%, sedangkan  17 orang siswa atau 60,71% tingkat ketuntasan belajarnya diatas 60%. Sedangkan , hasil dari kemampuan penalaran siswa pada tes kemampuan I berada pada kategori sangat baik dan pada kemampuan II  berada pada kategori  baik. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Bilah Hiir pada materi persamaan kuadrat.


Keywords


hasil belajar; kemampuan penalaran; self-confidence; think pair share (TPS) dan; persamaan kuadrat

References


Arends, R. I. (2013). Learning to teach (9th ed.). Copyright © by McGraw-Hill Education.

Chevallard, Y., Barquero, B., Bosch, M., & Florensa, I. (2022). Advances in the Anthropological Theory of the Didactic. In Advances in the Anthropological Theory of the Didactic. https://doi.org/10.1007/978-3-030-76791-4

Gita Andriani, D., & Atmojo, T. K. (2013). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dan Think Pair Share Ditinjau dari Kecerdasan Emosional Siswa SMP Se-Kota Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 651–660.

Gumanti, G., Maimunah, M., & Roza, Y. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kecamatan Bantan. PRISMA, 11(2), 310. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2301

Ifanda, A. R., & Septian, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis dan Self-Confidence Siswa Melalui Model ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assesement, Satisfaction). UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 285–297.

Jelatu, S. (2019). Collaboration TPS Learning Model and M-Learning Based on Android for Understanding of Trigonometry Concepts With Different Cognitive Style. International Journal of Instruction, 12(4), 545–560. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12435a

Khaesarani, I. R., & Khairani Hasibuan, E. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 15(3), 37–49.

Khoirunnisa, P. H., & Malasari, P. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Ditinjau dari Self Confidence. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 49–56. https://doi.org/10.37058/jp3m.v7i1.2804

Komala, E., & Rismayanti, R. (2017). Penerapan Pendekatan Explicit Instruction dengan Teknik Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Smp. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.65

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Think Pair Share (TPS) Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Rancang Bangun Jaringan. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik). https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Melalui Pendekatan Open Ended. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122

Nuryanti, S., Saepudin, E., Hutajulu, M., & Herdiana, H. (2019). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. PRISMA, 8(1), 36. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.381

Palomares-Ruiz, A., Cebrián, A., López-Parra, E., & García-Toledano, E. (2020). Influence of ICTS on Math Teaching-Learning Processes and Their Connection to The Digital Gender Gap. Sustainability (Switzerland), 12(16). https://doi.org/10.3390/su12166692

Rahayu, P., & Listyani, E. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pairs Share (TPS) Ditinjau Dari Prestasi dan Motivasi Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 1 Salam. Universitas Negeri

Yogyakarta.

Rosdianti, I., Alfiyah, N. F., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share. Desimal:Jurnal Matematika, 2(3), 289–295.

Ruseffendi, E. . T. . (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. 2001, 8410092.

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2).

https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. PRISMA, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175

Suratno. (2014). Keefektifan Pembelajaran Tipe TPS dan JIGSAW Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Karakter Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 1, Juni 2014, (70-78).

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The Ability of Understanding Mathematical Concept and Self-Regulated Learning Using Macromedia Flash Professional 8. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.3106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.