Penerapan Model Pembelajaran Time-Token dalam Meningkatkan Minat Belajar dan Prestasi Belajar Matematika di SMA Kemala Bhayangkari

Firman Parulian Sinaga, Laili Habibah Pasaribu

Abstract


Minat belajar di dalam proses pembelajaran  matematika sangatlah berpengaruh. Siswa yang memiliki keinginan kuat untuk belajar dapat mencapai hasil belajar yang diinginkan serta pengetahuan dan wawasannya. Kecenderungan siswa untuk mempelajari sesuatu tanpa dipaksa dapat menimbulkan minat. Model pembelajaran ialah suatu strategi, langkah, tahap atau pola yang dibuat untuk mendukung anak didik agar dapat dalam mempelajari ilmu pengetahuan, sikap, serta keterampilan secara lebih rinci. Sebuah studi yang dikenal sebagai penelitian eksperimental bertujuan untuk menentukan bagaimana beberapa faktor mempengaruhi variabel lain di bawah kontrol yang sangat spesifik. Penelitian ini dilakukan di SMA Kemala Bhayangkari. Maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimental, yang meliputi mencoba, mencari, dan mengkonfirmasi hasil. Hubungan kausal atau kausal merupakan inti dari penelitian ini. Berdasarkan hasil pretest dan postest, dimana rata-rata nilai pretest peserta didik ialah 41,62 dan nilai rata-rata posttest peserta didik ialah 72,79. Maka dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran time token lebih besar dari nilai rata-rata diajarkan dengan menggunakan metode pengajaran tradisional.


Keywords


pembelajaran; prestasi minat belajar; time token

References


Ameliana, Y., Rosyana, T., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Sub Materi Kubus dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software GeoGebra. PRISMA, 11(1), 230-239. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2127

Arends, R. I. (2013). Learning to teach (9th ed.). Copyright © by McGraw-Hill Education.

Asri, E. W., Rinaldi, A., Putra, R. W. Y., Leni, N., & Sodiq, A. (2021). Efektivitas Model Reciprocal Teaching dengan Heuristik-KR: Pengaruh Terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence. PRISMA, 10(2), 182-192. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1542

Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PRISMA, 10(1), 121-129. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.962

Azka, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP (Doctoral dissertation, UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. SPEJ (Science and Phsics Education Journal), 2(2). https://doi.org/10.31539/spej.v2i2.727

Daulay, S. H., Salmiah, M., & Ulfa, Z. (2019). Students’ Speaking Skill through Cooperative Learning Strategy: Time Token Arends. Proceedings of the Third International Conference of Arts, Language and Culture (ICALC 2018), 279(Icalc 2018), 388–393. https://doi.org/10.2991/icalc-18.2019.55

Dewi, S. S., Acesta, A., & Purnomo, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Keterampilan Sosial Peserta Didik Di Kelas the Influence of Cooperative Learning Model Type Time Token Arends Towards

Students’S Social Skills in the Classroom. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1), 43–56.

https://journal.uniku.ac.id/index.php/pedagogi

Hermawan, R. M., Yuspriyati, D. N., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Aplikasi Geogebra. PRISMA, 11(1), 203-209. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.1982

Inayah, S., Septian, A., & Komala, E. (2021). Efektivitas Model Flipped Classroom Berbasis Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2), 138–144.

Indraswati, D., Gunawan, G., Nursaptini, N., Widodo, A., & Sutisna, D. (2021). The effectiveness of the Predict Observe Explain (POE) Method and Time Token Arends for Students’ Concepts Understanding in The Social Studies Subject. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1), 012079. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012079

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. Prisma, 10(1), 130. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Nikmah, W. (2012). Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Time Token

Arends 1998 Dengan Evaluasi Model Superitem Pada Pokok Bahasan Segitiga Dan Segiempat (PTK Pembelajaran Matematika Di Kelas VII SMP Al Ma’arif Jepara) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Parlina, M., Septian, A., & Inayah, S. (2021). Students’ Mathematical Problem Solving Ability Using the Kaizala Application Assisted E-Learning Learning Model. Jurnal Padegogik, 4(2), 23–31. https://doi.org/https://doi.org/10.35974/jpd.v4i2.2528

Priyaningsih, S., & Suyono, S. (2020). Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. PRISMA, 9(2), 146-153. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1069

Rahmawati, N. I. (2018, February). Pemanfaatan ICT dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 381-387).

Rohaendi, S., & Laelasari, N. I. (2020). Penerapan Teori Piaget dan Vygotsky Ruang Lingkup Bilangan dan Aljabar pada Siswa Mts Plus Karangwangi. PRISMA, 9(1), 65-76. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.886

Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. PRISMA, 11(2), 504–514. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Setiawan, R. H. (2020). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Time Token Arends. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika, 6(2), 78–85. https://doi.org/10.55340/japm.v6i2.259

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.3103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.