Pengaplikasian Media Komik terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Metafora Matematis Siswa SMP pada Operasi Hitung Bentuk Aljabar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alhaddad, I. (2012). Sejauh Mana Guru Menggunakan Metafora Dalam Kepeduliannya untuk meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa. Infinity Journal, 1(2), 159-168.
Annizar, A. M. R., & Zahro, F. S. (2020). Proses Berpikir Metafora dalam Menyelesaikan Masalah Matematis Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Kognitif Siswa. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 117-130.
Asyhar. Rayandra. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta. Referensi.
Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas V SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PRISMA, 10(1), 121-129.
Aprisal, A., & Abadi, A. M. (2018). Improving Students’ Mathematical Reasoning and Self-Efficacy through Missouri Mathematics Project and Problem-Solving. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(2), 191-208.
Arni, N. C. (2019). Profil Berpikir Metaforis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. Soulmath: Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 7(2), 85-96.
Azmi, S. N., & Sopiany, H. N. (2022). Respon Peserta Didik SMP terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Secara Online. PRISMA, 11(2), 339. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2377
Nurjasia, N., Mahmud, N., & Aprisal, A. (2021). Metafora Kemampuan Berpikir Metafora Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(2), 8-15.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal KajianIlmu-Ilmu Keislaman, 3(2) 333-352. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Prayitno, A. T., Taufik, A., & Muawanah, P. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. PRISMA, 11(2), 291-301.
Priyaningsih, S., & Suyono, S. (2020). Penerapan Metode Permainan untuk Meningkatkan Hasil dan Minat Belajar Matematika Siswa SMP. PRISMA, 9(2), 146-153.
Ramdhani, S., & Sugiarni, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Metafora Menggunakan Strategi React Berbantuan Bahan Ajar Aljabar. Jurnal Analisa, 4(1), 166-171. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2485
Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. PRISMA, 11(1), 71. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra Sebagai upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108-117.
Suyono Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.
Tama, S. Y., Ismail, S., Oroh, F. A., & Kaluku, A. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Metafora pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 7(2), 45-50.
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2917
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.