Eksperimentasi Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Konsep Matematis Siswa

Desmianty Purwanty, Aritsya Imswatama, Yanti MUlyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran RME. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PLUS ANNABA pada bulan November sampai bulan Desember tahun 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian Pre Experimen Design, Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Probability Sampling. Jenis probability sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Peneliti menggunakan 1 kelas yang melibatkan kelas eksperimen saja sebanyak 20 orang siswa dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran RME. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas XI OTKP 1 dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ho ditolak hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan sesudah menggunakan pendekatan pembelajaran RME.


Keywords


ability to understand mathematical concepts; realistic mathematics education (RME)

References


Anggo, M. (2011). Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Metakognisi Siswa. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 35-42. https://doi.org/10.22437/edumatica.v1i02.182

Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PRISMA, 10(1), 121-129.

Putra, J. D., & Sibarani, P. A. (2015). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Berbasis Lks dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Baptis Batam Tahun Pelajaran 2013/2014. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(1).

Barkah, R. F., Yulianingsih, N. F. A., Ananda, W., & Asmara, A. S. (2022). Pengaruh Pendekatan RME Berbantuan Media Konkret terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 6(1), 206-210.

GITA, I. G. N. A. P., & Dantes, N. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus 1 Di Kecamatan Sidemen Kabupaten Karangasem Tahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Ganesha University of Education).

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17-29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Kresma, E. N. (2014). Perbandingan Pembelajaran Konvensional dan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Titik Jenuh Siswa Maupun Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Educatio Vitae, 1(1).

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 231-234.

Melawati, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(2), 44-49.

Pusat Penelitian Kebijakan. (2021). Meningkatkan Kemampuan Literasi Dasar Siswa Indonesia Berdasarkan Analisis Data PISA 2018. http://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id

Rahayu, S. (2012). Pengaruh Pendekatan Realistic Mathematics Education Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Hasanah Pekanbaru (Doctoral dissertation,

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIEF KASIM RIAU).

Sagita, F. D., Maya, R., & Afrilianto, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Matriks Menggunakan Model Reciprocal Teaching. PRISMA, 11(2), 496-503. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2470

Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71-80.

Sugandi, A. I. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Posing terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP. PRISMA, 7(1), 38-52. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.360




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2900

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.