ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH STRUKTUR ALJABAR II (TEORI GELANGGANG)

Guntur Maulana Muhammad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan penalaran matematis mahasiswa dalam mata kuliah Struktur Aljabar II. Hasil dari penelitian ini menjadi dasar untuk perbaikan pembelajaran mata kuliah Struktur Aljabar II kedepan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan subjek penelitian mahasiswa tingkat III TA 2016/2017 yang mengambil mata kuliah Struktur Aljabar II pada program studi pendidikan matematika, Universitas Suryakancana. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kemampuan penalaran matematis yang dimiliki mahasiswa tingkat III yang diukur pada proses evaluasi setelah pembelajaran mata kuliah Struktur Aljabar II masih kurang meskipun tidak pada tahapan rendah terbukti pencapaian rata-ratanya hanya 48.23%, sebagian besar mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam menjawab soal pembuktian atau belum terampil dalam membuktikan suatu teorema/proposisi, serta kesalahan yang sering terjadi adalah dalam pengaplikasian  konsep/teorema/pengetahuan sebelumnya untuk menunjukkan suatu hal yang belum terbukti kebenarannya.

 

Kata kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Struktur Aljabar II

Full Text:

PDF

References


Kaur, B., & Lam, T.T. (2012). Reasoning, Communication, and Connections in Mathematics. Singapore: Worlds Scientific.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

USA: The National Council of Theachers of Mathematics,Inc.

Shadiq, Fadjar. (2014). Pembelajaran Matematika: Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.