Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan

Rifani Adella Rahma, Iyan Rosita Dewi Nur

Abstract


Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan atau menggambarkan kemampuan representasi matematis siswa SMP ketika menyelesaikan soal himpunan. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif metode deskriptif. Penelitian dilakukan di kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 sebanyak 34 siswa dan pengambilan sampelnya dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknis analisis data menggunakan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen yang digunakan ialah tes kemampuan representasi matematis berupa soal materi himpunan dalam bentuk soal uraian (essay). Hasil penelitian diperoleh siswa dengan kategori representasi tinggi memenuhi indikator representasi verbal dan representasi gambar dengan baik, namun belum memenuhi indiktor representasi simbol. Siswa pada kategori sedang memenuhi indikator representasi verbal, namun belum memenuhi indikator representasi simbol dan representasi gambar. Siswa pada kategori rendah belum memenuhi seluruh indikator kemampuan representasi matematis.

Keywords


himpunan; kemampuan representasi matematis; representasi

References


Asri, E. W., Rinaldi, A., Putra, R. W. Y., Leni, N., & Sodiq, A. (2021). Efektivitas Model Reciprocal Teaching dengan Heuristik-KR: Pengaruh Terhadap Kemampuan Representasi dan Self Confidence. PRISMA, 10(2), 182-192. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1542

Castellanos, J. L. V., Castro, E., & Gutiérrez, J. (2009). Representations in problem solving: A case study with optimization problems. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 7(17), 279–308.

Damayanti, R., Afriansyah, E. A., Matematika, P., Barat, J., Studi, P., Matematika, P., Barat, J., Teaching, C., & Learning, B. (2018). Perbandingan Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara Contextual Teaching and Learning dan Problem Based Learning. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 7(1), 30–39. https://doi.org/10.25273/jipm.v7i1.3078

Hakim, A. R., Supratman, S., & Madawistama, S. T. (2022). Proses Berpikir Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Guardian dan Rasional. PRISMA, 11(1), 193-202. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2150

Hanifah, H. (2016). Penerapan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEA) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(2), 191-198. https://doi.org/10.15294/kreano.v6i2.4694

Herdiana, Y., Marwan, M., & Morina Zubainur, C. (2019). Kemampuan Representasi Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Al-Qalasadi : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 23–35. https://doi.org/10.32505/v3i2.1368

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. PRISMA, 7(1), 82-90. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Komala, E., & Sarmini, S. (2020). Kemampuan Representasi Simbolik Matematik Siswa SMP Menggunakan Blended Learning. PRISMA, 9(2), 204-212. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1078

Leuly, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dengan Menggunakan Teori Apos Pada Materi Himpunan. In Skripsi.

Loviasari, P. A., Mampouw, H. L., Diponegoro, J., Sidorejo, N., &

Tengah, J. (2022). Profil Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Self Efficacy Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. 11, 73–84.

Nadia, L. N., Waluyo, S. B., & Isnarto. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik melalui Inductive Discovery Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 242–250.

Nurmala, S., & Adirakasiwi, A. G. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 468–475.

Oktaria, M., Alam, A. K., & Sulistiawati, S. (2016). Penggunaan Media Software GeoGebra untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 99–107. https://doi.org/10.15294/kreano.v7i1.5014

Putri, R. S. P., & Munandar, D. R. (2020). Kemampuan representasi matematis siswa dalam pemecahan soal matematika pada materi bilangan bulat dan pecahan. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 20, 267–284.

Ridzkiyah, N., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa Sma Dalam Menyelesaikan Soal Program for International Student Assessment (Pisa). JIPMat, 6(1), 1–13. https://doi.org/10.26877/jipmat.v6i1.8237

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Geogebra in Integral Areas to Improve Mathematical Representation Ability. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012035

Septian, A., Suwarman, R. F., Monariska, E., & Sugiarni, R. (2020). Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually Learning Assisted by Geogebra to Improve Student’s Mathematical Representation Skills. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012023

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika Matematika, 10(September), 483–492.

Suryadi, G., & Simanjuntak, H. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division ( STAD ) di MTs Hifzil Quran Medan. 6, 8082–8100.

Yusriyah, Y., & Noordyana, M. A. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Penyajian Data di Desa Bungbulang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 47–60. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i1.1025




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2877

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.