Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Pendekatan Saintifik dan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik

Astuti Supartinah, Heris Hendriana, Asep Ikin Sugandi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa LKS dengan menggunakan gabungan pendekatan saintifik dan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik.  Dengan metode (Research & Development) model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MA kelas XI, Instrumen dalam penelitian ini adalah berupa angket kemampuan komunikasi matematik untuk mengetahui respon siswa dan guru yang terdiri dari 20 butir pernyataan. Data dianalisis menggunakan uji validitas, efektifitas dan kepraktisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi bahan ajar berupa LKS pada tahap awal sebesar 89,29%, pada tahap akhir sebesar 96,90%. Kepraktisan penggunaan bahan ajar pada uji terbatas mencapai 57,72%, keefektifan penggunaan bahan ajar pada uji terbatas mencapai 53%, kepraktisan penggunaan bahan ajar pada uji luas mencapai 72,68% keefektifan bahan ajar pada tahap uji coba luas sebesar 70%, Respon siswa menggunakan bahan ajar berupa LKS mencapai rata – rata 92,11%. Respon guru mencapai rata – rata 93%. Sedangkan pada N-Gain selisih antara rata – rata N-Gain kemampuan komunikasi matematik siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 0,05 hal ini menunjukkan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang pembelajarannya menggunakan bahan ajar dengan gabungan pendekatan saintifik dan kontekstual lebih baik daripada siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pengembangan bahan ajar dengan gabungan pendekatan saintifik dan konstektual dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa.


Keywords


bahan ajar; kemampuan komunikasi matematik; pendekatan kontekstual; pendekatan saintifik

References


Ayu Sheila, T., & Galih Adirakasiwi, A. (2022). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMK pada Materi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 12(1), 47. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.272

Daryanto. (2014). Pembelajaran Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 287. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Budiarti, W. N., & Haryanto, H. (2016). Pengembangan Media Komik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 233–242

Fadhilaturrahmi. (2017). Penerapan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Peseta Didik di Sekolah Dasar. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus

Cibiru, 9(2), 109. https://doi.org/10.17509/eh.v9i2.7078

Hadijah, S. (2018). Analisis Respon Siswa dan Guru terhadap Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Numeracy,5(2), 176–183.

Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. PRISMA, 8(1), 68. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648

Kharisma, j., & Asman. Asman (2018). Pengembangan bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah Berorientasi pada Kemampuan Pemecahan masalah Matematis dan Prestasi Belajar Matematika. Indonesian Journal of Mathematics Education,1(1), 34-46

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mendrofa, N. . (2017). Pengembangan Alur Pembelajaran Perbandingan Berbasis Realistic Mathematics Educationuntuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal LEMMA, 3(1). https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1907

Novarina, E., & Nurcahyo, N. A. (2017). Penyusunan Bahan Ajar Keterampilan Dasar Mengajar Berdasarkan Teori Multiple Intelligences di Perguruan Tinggi Muhammadiyah. PRISMA, 6(1), 79–90. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.23

Rachmawati, F. R., & Setyaningsih, N. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. … Seminar Nasional Matematika, 317–324.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21489

Ratna, E., Soleh, A., Setiawan, W., & Haqi, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. PRISMA, 9(1), 1–9.

Ratnawati, Z., Ulya, H., & Kudus, U. M. (2022). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Aplikasi Anroid Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis . 13–25.

Septian, A., Fahrisyal, M. L., & Jusniani, N. (2022). Pengembangan GeoGebra Classroom Pada Materi Transformasi Geometri. PRISMA, 11(2), 504. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2483

Septian, A., & Gustiana, M. (2022). Pengembangan LKS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Berbasis E-Learning. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(1), 78–89. https://doi.org/10.30738/union.v10i1.12041

Sugandi, A. I., Sofyan, D., & Maesaroh, S. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Deduktif Induktif Berbantuan Geogebra dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Masa Pandemi. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif). 4(1), 149–160. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.149-160

Soeyono. Y. (2014). Pengembangan bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. PHYTAGORAS: Pendidikan Matematika, 9(2). 205-218.

Syasri, S. I. R., Hasanuddin, H., & Noviarni, N. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis: Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 43. https://doi.org/10.24014/juring.v1i1.4770

Widodo, S. (2018). Peran Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Edisi Revisi. Jurnal Pena Karakter, 1(1), 46–54.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.