Konstruksi Rumus Luas Segiempat dan Segitiga Menggunakan Media Gospel Berbasis Konstruktivis-Metakognitif

Reni Albertin Putri, Erwinda Viantasari, Melati Khoirunnisya, Zakiyah Fatah

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses konstruksi rumus luas segiempat dan segitiga dalam rangka menumbuhkan pemahaman matematis siswa. Konstruksi dilakukan dengan bantuan media gospel (geometri segitiga tempel) yang disusun dalam bentuk LKS berbasis konstruktivis metakognitif. Peneliti mengambil partisipan siswa kelas VII J SMP Negeri 02 Malang. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih partisipan. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Terdapat tiga tahap prosedur penelitian yang dilaksanakan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penarikan kesimpulan. Pada tahap perencanaan dilakukan pembuatan media gospel, catatan lapangan, lembar kesimpulan, dan soal tes. Tahap pelaksanaan dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Pada tahap penarikan kesimpulan, dilakukan analisis terhadap hasil pekerjaan siswa pada LKS, catatan lapangan, lembar kesimpulan, komentar siswa, dan lembar jawaban soal tes. Berdasarkan analisis diperoleh informasi bahwa konstruksi rumus luas segitiga dan segiempat dapat membantu siswa menumbuhkan pemahaman matematis. Hal tersebut ditunjukan dengan keberhasilan siswa mengerjakan LKS dengan baik dan benar serta menggunakan prosedur yang tepat dalam menyelesaikan soal pada tes. Meskipun demikian, terdapat beberapa siswa yang masih memiliki skor dibawah 80. Hal tersebut diakibatkan karena kemampuan numerik siswa yang masih kurang. Fakta tersebut menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman matematis yang baik perlu diimbangi dengan kemampuan numerik yang baik pula. 


Keywords


konstruktivis-metakognitif; konstruksi rumus; luas segiempat dan segitiga; pemahaman matematis

References


Ackerman, E. (2001). Piaget’s Constructivism, Papert’s constructionism: what’s the defference? Future Learn. Group Publ. 5.438 doi :10.1111/j.1526-4610.2005. t01-1-05013.x.

Anggoro, R.P. (2019). The Use of Fractional Manipulative Media to Increase The Conceptual Understanding of Elementary School Students. Indonesian Journal of Mathematics Education, 2(2), 75-80. http://dx.doi.org/10.31002/ijome.v2i2.1825

Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PRISMA, 10(1), 121-129. http://dx.doi.org/10.35194/jp.v10i1.962

Budiman, H. & Mia. R. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. PRISMA, 9 (1), 47-56. http://dx.doi.org/10.35194/jp.v9i1.845

Cahya, P.D.M.R., Arnyana, Dantes. (2020). Pengembangan Instrumen Kemampuan Numerik dan Hasil Belajar Matematika Materi Pengolahan Data Siswa Kelas V SD. Pendasi : Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 91-100.

Cavanagh, M. (2007). Year 7 students’ understanding of area measurement. In K. Milton, H. Reeves, & T. Spencer (Eds), Mathematics: Essential for learning, essential for life. Proceedings of the 21st biennial conference of the Australian Association of Mathematics Teachers, Hobart (Adelaide:AAMT) pp 136-142.

Damayanti, N.W., Sizillia, N.M., Liza, T.M. (2017). Konstruksi Rumus Luas Lingkaran Berbasis Media Manipulatif dalam Setting Pembelajaran Kooperatif. Jurnal Ilmiah Edutic, 3(2) : 117-124. https://doi.org/10.21107/edutic.v3i2.3026

Fatahillah, A, dkk. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40-51.

Giyarti. (2021). Pendekatana Pembelajaran Open Ended Terhadap Peningkatan Kemampuan Matematis Siswa SMP. PRISMA, 10 (2), 234-243. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1836

Hidayat,C.R, R. Rosjanuardi, dan D. Juandi. (2019). Epistemological obstacle on the topic of triangle and quadrilateral. Journal of Physics.

Indraswari L, Anggun, W.J., dan Ratri, C.H. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal− Soal HOTS Materi Segiempat dan Segitiga Ditinjau dari Gender. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 65-72.

Irsal, IL., A.Jupri., dan S.Prabawanto. (2017). Junior High School Students’ Understanding and Problem Solving Skills on the Topics of Line and Angles. Journal of Physics. 895 1 1-7.

Lutfi,M.K., D.Juandi., dan A.Jupri. (2021). Students’ ontogenic obstacle on the topic of triangle and quadrilateral. Journal of Physics.

Maulani, F. I. & Luvy, S.Z. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Transformasi Geometri. Jurnal Gammath, 5(1), 16-25.

Muhsetyo, G., dkk. (2007). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, Virginia:NCTM

Prayitno, B.A. (2014). Potensi Sintaks Model Pembelajaran Konstruktivis-Metakognitif dalam Melatihkan Berfikir dan Kemandirian Belajar Siswa. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 1(1), 235-245.

Setyaningsih, V.P., dan Dani, F. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. PRISMA, 11(1), 10-20. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2048

Shaleh, M., Roslina, Murni, Aklimaati, Fitri., A.P. (2021). Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Tentang Konsep Luas Segitiga Melalui Pendekatan Metode Penemuan Terbimbing. Jurnal Kinerja Kependidikan, 3(2), 484-495.

Sugiyono. (2013). Medode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta:Kanisius

Vojkuvkova, I. (2012). The Van Hiele Model of Geometric Thingking. Proceeding of Contributed Papers, Part 1. 72-75.

Wawan, Ahmad, T., Nurwati, D. (2017). Analisis Pemahaman Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Issue in Mathematics Education (IMED), 1(2), 101-106.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2770

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.