Pengaruh Pembelajaran Berbasis ICT dan Non-ICT terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika melalui Meta Analisis

Lina Nurhayati, Atika Defita Sari, Dadan Dasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama dengan menggunakan bantuan Information and Communication Technology (ICT) dan non-ICT terhadap pemahaman konsep matematika siswa. Meta analisis adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Instrumen penelitian berupa data-data yang terdapat dalam artikel penelitian yang terkumpul di Google Scholar selama lima tahun terakhir (2018-2022) di Indonesia. Artikel jurnal diambil dari Google Scholar secara Purposive berdasarkan kesesuaian dengan tema penelitian dan instrumen penelitian berupa pedoman observasi dengan rincian sumber data. Penelitian ini dilakukan dengan tahapan penetapan tema, pemilihan dan pengumpulan artikel yang sesuai tema, pendataan hasil penelitian dari artikel, terakhir menghitung effect size data hasil penelitian dari setiap artikel. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama  dengan menggunakan ICT terhadap pemahaman konsep matematika siswa yaitu dengan nilai effect size pada pengaruh pembalajaran di Sekolah Menengah Pertama dengan menggunakan bantuan ICT lebih baik daripada menggunakan bantuan non-ICT . Nilai effect size yang diperoleh adalah  = 0.7478 yang berarti ICT memberikan pengaruh lebih tinggi untuk pemahaman konsep matematika siswa dibandingkan non-ICT.


Keywords


concept understanding; ICT; non-ICT; meta analysis

References


Anwar, V. N., Juandi, D., Saputri, V., Herlina, S., & Mahmudin, M. (2022). Analisis Self-Regulated Learning dengan Tipe Kepribadian Dalam Pembelajaran Matematika Secara Daring. PRISMA, 11(1), 1-9. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.1939

Astuti, A., Firdaus, L. N., Hadriana, H., & Sumarno, S. (2022). Respons Peserta Didik terhadap Pembelajaran Online, Blended Learning dan Tatap Muka pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2999–3013.

Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PRISMA, 10(1), 121-129.

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 261-272.

Dwi Savitri, M., Sudiarta, I. G. P., & Sariyasa, S. (2022). Pengaruh MEAS Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Disposisi Matematika Siswa. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 243-255. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.9240

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551–561.

Fitria, M., Kartasasmita, B., & Supianti, I. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching. PRISMA, 8(2), 124-134.

Giyarti, G. (2021). Pendekatan Pembelajaran Open Ended terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. PRISMA, 10(2), 234-243.

Glass, G. v. (1976). Primary, Secondary, and Meta-Analysis of Research. Educational Researcher, 5(10), 3–8.

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.

Istiqomah, J. Y. N., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem-Based Learning dan Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 670–681.

Kania, N., & Arifin, Z. (2020a). Aplikasi Macromedia Flash untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 96-103. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2872

Kelley, K., & Preacher, K. J. (2012). On effect size. Psychological Methods, 17(2), 137.

Kurniawati, M., Santanapurba, H., & Kusumawati, E. (2019). Penerapan Blended Learning Menggunakan Model Flipped Classroom Berbantuan Google Classroom Dalam Pembelajaran Matematika SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1).

Laili, N., Purwanto, S. E., & Alyani, F. (2019). Pengaruh Model Penemuan Terbimbing Berbantu LKPD terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMPN 6 Depok. International Journal of Humanities, Management and Social Science, 2(1), 14-37.

Luritawaty, I. P. (2018). Pembelajaran Take and Give dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 179-188.

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. PRISMA, 9(2), 154–166.

Mendrofa, R. N. (2021). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Model Examples non-Examples Ditinjau dari Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 4(1), 230–234.

Nurhayati, L., & Gunawan, I. (2022). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Teknik dengan Berbantuan Software Desmos Graphing Calculator. PRISMA, 11(1), 255–264.

Nurhidayah, N. (2021). Implementasi Gaya Belajar VARK dengan Media Pembelajaran Berbasis Online terhadap Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Journal Peqguruang:

Conference Series, 3(2), 484. https://doi.org/10.35329/jp.v3i2.2710

Peraturan Pemerintah (PP) tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta (2022). https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/196151/pp-no-4-tahun-2022

Purba, R., Siregar, A., & Siahaan, R. (2020). Pembelajaran Berbasis Google Classroom, Geoogle Meet dan Zoom Guru SMP Negeri 2 Batubara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 410–416.

Rahayu, I., & Mubassiran, M. (2021). Analisis dan Perancangan Sistem ICT (Information Communication & Technology) TOUR: Studi kasus: PT. Telkom Indonesia Persero, Tbk. Improve, 13(2), 53–59.

Retnawati, H., Apino, E., Djidu, H., Kartianom, K., & Anazifa, R. (2018). Pengantar Analisis Meta.

Rismayanti, T. A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Model Search

Solve Create Share (SSCS) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika (JKPM), 5(2), 183–190.

Rista, L. (2019). Penerapan media pembelajaran berbasis ICT (information communication of technology) terhadap pemahaman Konsep matematika siswa kelas IX SMP Negeri 1 Lhokseumawe. Jurnal MathEducation Nusantara, 2(2), 178–186.

Santi Novri, U., Pahlawan Tuanku Tambusai, U., & Tuanku Tambusai No, J. (2018). Pengaruh Strategi React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transpering) terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Bangkinang. 2(2), 81–90.

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170-181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Septiana, K. R. A., Parwati, N. N., & Hartawan, I. G. N. Y. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 1(1)

Sriyanti, A., Idris, R., Rahman, R., Tarbiyah, F., Universitas, K., Negeri, I., & Makassar, A. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Media Pembelajaran Question Card dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 1 Sanrobone. In Journal of Islamic Education, 1(1), 18-28.

Sudarman, S. W., & Linuhung, N. (2017). Pengaruh Pembelajaran Scafolding Terhadap Pemahaman Konsep Integral Mahasiswa. Jurnal Pedidikan Matematika FKIP Univ. Muhamadiyah Metro, 6(1), 33-39.

Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 49(2), 48-58.

Yunita Sari, F., Supriadi, N., Wahyu Yunian Putra, R. (2022). Model Pembelajaran CUPs Berbantuan Media Handout: Dampak terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 11(1).




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.