Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau dari Gaya Kognitif

Didik Syam Nugraha, Supratman Supratman, Diar Veni Rahayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita berdasarkan analisis Newman ditinjau dari gaya kognitif serta faktor-faktor penyebabnya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan datamenggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara, sedangkan instrumen pendukung yang digunakan adalah tes soal cerita matematika dan soal tes gaya kognitif (GEFT).  Subjek dalam penelitian ini sebanyak 2 orang siswa kelas X Manajemen Perkantoran berdasarkan pertimbangan gaya kognitif. Teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan verifikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa subjek melakukan beberapa kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Subjek dengan gaya kognitif field dependent melakukan kesalahan pada semua tahapan kesalahan Newman, yakni kesalahan pada tahapan reading, comprehension, transformation, process skill dan encoding. Kesalahan yang dilakukan meliputi kesalahan tidak bisa memaknai arti setiap kata atau simbol, tidak memahami apa yang diketahui dan ditanyakan, tidak dapat membuat model matematika dengan benar, tidak mengetahui rumus yang akan digunakan dan tidak mengetahui prosedur atau langkah-langkah yang digunakan. Faktor penyebab antara lain karena subjek kurang menguasai kosakata, tidak memahami soal dengan baik serta tidak menguasai konsep dasar matematika. Subjek dengan gaya kognitif field independent melakukan kesalahan pada tahap process skill dan encoding, yaitu kesalahan tidak melakukan prosedur atau langkah-langkah yang digunakan serta tidak menemukan hasil akhir sesuai prosedur yang tepat. Faktor penyebabnya antara lain karena subjek tidak menguasai konsep serta tidak teliti dalam melakukan perhitungan dan adanya miskonsepsi.


Keywords


gaya kognitif; kesalahan newman; soal cerita matematika

References


Aprilia, D., Praja, E. S., & Noto, M. S. (2018). Desain Bahan Ajar Lingkaran Berbasis Koneksi Matematis Siswa SMP. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.30738/.v6i1.1547

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83. https://doi.org/10.35706/sjme.v2i2.1317

Gumanti; Kartini. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII SMP pada Materi Aritmatika Sosial Berdasarkan Teori Newman. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 5(1), 17–28.

Hakim, A. R., Supratman, S., & Madawistama, S. T. (2022). Proses Berpikir Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Tipe Kepribadian Guardian dan Rasional. PRISMA, 11(1), 193-202. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2150

Halawa, J. S., & Heksa, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Pemahaman Konsep pada Materi Relasi dan Fungsi. Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 11–18. https://doi.org/10.30872/primatika.v10i1.369

Hobri, Tussolikha, D., & Oktavianingtyas, E. (2020). Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Elemen, 6(2), 183–198. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.1987

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. PRISMA, 7(1), 82-90. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Poyla Siswa Kelas VII SMP. PRISMA, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.24

Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA, 10(2), 244–254. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1308

Monariska, E., Jusniani, N., & Sapitri, N. H. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Match Mine. PRISMA, 10(1), 130-140. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1228

Murtiyasa, B., & Wulandari, V. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Materi Bilangan Pecahan Berdasarkan Teori Newman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 713-726. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2795

Nurdiana, E., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 202–211. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.34

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Materi Bangun Ruang Ditinjau Gaya Kognitif Siswa Menengah Pertama. PRISMA, 9(2), 179-191. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Rusdi, B., Hairun, Y., & Bani, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 100–109.

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., Darhim, & Prabawanto, S. (2020). Mathematical Representation Ability through Geogebra-Assisted Project-Based Learning Models. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012019

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Setiawan, E., Jusniani, N., & Sutandi, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. PRISMA, 1(2), 21–30. https://doi.org/10.51836/jedma.v1i2.175

Turiman, T. (2018). Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Demontrasi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Koneksi Matematik serta Motivasi Belajar Siswa Smp. PRISMA, 7(2), 206-216. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.374

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566

Witkin, H. A., Moore, C. A., Goodenough, D. R., & Cox, P. W. (1975). Field-Dependent and Field-Independent Cognitive Styles and Their Educational Implications. ETS Research Bulletin Series, 1975(2), 1–64. https://doi.org/10.1002/j.2333-8504.1975.tb01065.x

Yunus, N. A., Hulukati, E., & Djakaria, I. (2020). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Peserta Didik. Jambura Journal of Mathematics, 2(1), 30–38. https://doi.org/10.34312/jjom.v2i1.2591




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2733

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.