Analisis Desain Didaktis Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Konstruktivisme dan Model Discovery Learning

Rani Rahmawati, Sumarni Sumarni, Nuranita Adiastuty

Abstract


Penguasaan siswa terhadap materi bangun ruang sisi datar masih mengalami kesulitan dan hambatan dalam memahami konsep dan prinsip karena cenderung pada menghafal tanpa membangun. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis desain pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan pendekatan konstruktivisme dan model discovery learning berdasarkan perspektif teori situasi didaktis. Penelitian ini termasuk pada model Didactical Design Research (DDR) dengan hanya menggunakan tahapan pertama yaitu Prospective Analysis atau Pra observasi Pembelajaran. Guru model yang merancang desain pembelajaran ini dijadikan sebagai partisipan atau subjek penelitian, informan dan instrumennya. Teknik pengumpulan data berupa wawancara pada guru model serta menganalisis desain pembelajarannya. Analisis data yang dilakukan yaitu Prospective Analysis dengan langkah meliputi: 1) menentukan konsep kajian dan pendekatannya, 2) melakukan kajian literature, 3) melakukan wawancara, 4) menganalisis desain pembelajaran, 5) memprediksi dugaan hambatan belajar, 6) menarik kesimpulan. Berdasarkan analisis perangkat berupa RPP dan LKS, RPP secara keseluruhan telah mencakup seluruh komponen, namun terdapat beberapa komponen yang belum lengkap atau masih memiliki kekurangan seperti pada komponen KI, KD dan IPK, materi, media, sumber belajar, dan langkah-langkah pembelajaran. Sedangkan LKS yang dirancang telah sesuai dan memenuhi setiap sintaks model discovery learning serta pendekatan konstruktivisme meskipun terdapat beberapa learning obstacle dalam penyajiannya maupun pada soal non rutin.


Keywords


bangun ruang sisi datar; desain didaktis; discovery learning; konstruktivisme

References


Aisah, L. S., Kusnandi, & Yulianti, K. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan dan Volume Prisma dalam Pembelajaran Matematika SMP. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 14–22. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i1.9

Andriani, S., Hidayat, S., & Indawan, I. (2021). Kinerja Guru dalam Menyiapkan dan Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 457–471. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2849

Azmi, S., Hapipi, & Saputra, I. (2019). Pelatihan Penyusunan dan Pengembangan RPP Menurut Permendikbud No. 22 Tahun 2016 bagi Guru-guru SD Gugus II Ampenan Utara. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 100–104. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i1.1023

Brousseau, G. (2002). Theory of Didactical Situations in Mathematics. (N. Balacheff, M. Cooper, R. Sutherland, & V. Warfield, Eds.). Dordrecht: Kluwer Academic Publisher.

Destiana, O., Sumarni, S., & Adiastuti, N. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar dengan Pendekatan Kontruktivisme Berbasis Kemampuan Penalaran Matematis. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 128–145. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.152

Erika, Sumarni, & Adiastuty, N. (2022). Didactic Design Analysis Of Quadrilateral Learning In The Term Of Interactive Media Based On Adobe Flash Through Contextual Teaching And Learning Approach Analisis Desain Didaktis Pembelajaran Segiempat Berupa Media Interaktif Berbasis Adobe Flash Melalui. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 167–184.

Imelda, I. (2021). Pengabdian Masyarakat melalui Kegiatan Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme di SMP Negeri 4 Binjai. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 311–316. https://doi.org/10.29303/jppm.v4i3.2784

Indasari, M., & Ratna, M. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Geometri Materi Volume Kubus dan Balok. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 266–273. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i3.3452

Irawan, A. (2015). Desain Didaktis Bahan Ajar Problem Solving pada Konsep Persamaan Linear Satu Variabel. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015 (pp. 651–658).

Komalasari, E., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2021). Analisis Desain Didaktis Segiempat yang Dikembangkan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 23–35. https://doi.org/10.30605/proximal.v4i1.502

Lestari, J., Pranata, O. H., & L, D. A. M. (2018). Desain Didaktis Jaring-jaring Kubus dan Balok untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 263–273.

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan dan Pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.

Muthaharah, Y. A., Kriswandani, & Prihatnani, E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(1), 63–75.

Mutia, M. (2017). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Memahami Konsep Kubus Balok dan Alternatif Pemecahannya. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(1), 83–102. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.107

Prasetyo, N. A., Herman, T., & Jupri, A. (2020). Desain Didaktis Berpikir Kreatif Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbantuan Geogebra. Journal on Mathematics Education Research Universitas Pendidikan Indonesia, 1(1), 42–48.

Rizqiyani, R., Fatimah, S., & Mulyana, E. (2017). Desain Didaktis Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Level Berpikir Geometri Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 22–30.

Rosilawati, R., & Alghadari, F. (2018). Konsepsi Siswa pada Suatu Bentuk Bangun Ruang Terkait dengan Rusuk dan Diagonal Sisi. PRISMA, 7(2), 164–176. https://doi.org/10.35194/jp.v7i2.459

Sarah, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2017). Desain Didaktis Konsep Volume Limas pada Pembelajaran Matematika SMP Berdasarkan Learning Trajectory. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 31–42.

Simanullang, D. (2019). Meminimalkan Kesulitan Belajar Peserta Didik dengan Pendekatan Konstruktivis. Vidya Karya, 34(1), 47–52. https://doi.org/10.20527/jvk.v34i1.6401

Sofyan, Y., Sumarni, & Riyadi, M. (2021). Pegembangan perangkat pembelajaran materi bangun ruang sisi datar berbasis model project based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. SIGMA : JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 13(2), 129–142.

Sumarni, & Adiastuty, N. (2015). Perbandingan Pemahaman Matematis Antara Siswa Yang Memperoleh Pembelajaran Metode Discovery Dan Metode Advance organizer. Euclid.

Sumarni, Darhim, Fatimah, S., Widodo, S., & Riyadi, M. (2019). Mathematics Content Knowledge Prospective Teachers Through Project-Based Learning Assisted By GeoGebra 5.0. In ICSTI 2018 (p. 2281289). https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2281289

Sumarni, S., & Prayitno, A. T. (2016). Kemampuan Visual-Spatial Thinking Dalam Geometri Ruang Mahasiswa Universitas Kuningan. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 2(2). https://doi.org/10.25134/jes-mat.v2i2.349

Supardi, A. A., Gusmania, Y., & Amelia, F. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada Materi Logaritma. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(1), 80–92. https://doi.org/10.26877/aks.v10i1.3744

Suryadi. (2010). Metapedadidaktik dan Didactical Design Research (DDR): Sintesis Hasil Pemikiran Berdasarkan Lesson Study. (T. Hidayat, I. Kaniawati, I. Suwarma, A. Setiabudi, & Suhendra, Eds.) (Teori, Par). Bandung: FPMIPA UPI.

Susilawati, T., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). Penerapan Model Discovery Learning Dengan Produk Mind Map Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Relasional Matematis. In Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018 Tema “Peran Pendidikan Matematika dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0†(Vol. 1, pp. 300–314).

Tamba, K. P., & Saragih, M. J. (2020). Epistemological Obstacles on The Quadratic Inequality. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 317–330.

Tianingrum, R., & Sopiany, H. N. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (SESIOMADIKA) (pp. 440–446).

Wulandari, C. S., Sumarni, S., & Adiastuty, N. (2019). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematis antara Siswa yang Menggunakan Model Guided Discovery Learning dan Model Problem-Based Learning. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (Vol. 1).

Zulfikar, H. A., Suryana, Y., & Lidinillah, D. A. M. (2018). Desain Didaktis Volume Kubus dan Balok untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedadidaktika : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 62–73.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.