Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Datar di SD

Ryky Mandar Sary, Tri Hesti Puspita Sari, Arfilia Wijayanti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran animasi powtoon berbasis pendekatan saintifik pada materi bangun datar yang layak dan praktis bagi siswa kelas IV di sekolah dasar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN Bangunharjo Semarang tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 26 siswa dengan menggunakan teknik sampling NonProbability. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari lima langkah yakni Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation dengan teknik analisis data deskriptif. Hasil validasi media mencapai 94% dengan kategori “sangat layakâ€. Hasil validasi materi mencapai 97% dengan kategori “sangat layakâ€. Hasil validasi ahli bahasa mencapai 100% dengan kategori “sangat layakâ€. Pada uji coba lapangan melalui angket respon guru mencapai nilai 94% dengan kategori “sangat praktis†dan pada angket respon siswa mencapai nilai persentase 95,76%. Kesimpulannya, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran animasi powtoon berbasis pendekatan saintifik materi bangun datar kelas IV layak dan praktis untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dasar.


Keywords


animasi powtoon; bangun datar; media pembelajaran; pendekatan saintifik

References


Ameliana, Y., Rosyana, T., & Purwasih, R. (2022). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII pada Sub Materi Kubus dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Software GeoGebra. PRISMA, 11(1), 230-239. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2127

Anjarsari, E., Farisdianto, D. D., & Asadullah, A. W. (2020). Pengembangan Media Audiovisual Powtoon pada Pembelajaran Matematika untuk Siswa Sekolah Dasar. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 40–50. https://doi.org/10.26594/JMPM.V5I2.2084

Astuti, D. A. D., Agustini, F., & Rofian, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Stop Motion Materi Sistem Organ Pencernaan Manusia Siswa Kelas V SDN Palebon 03 Semarang. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(3), 385–392. https://doi.org/10.31100/DIKDAS.V4I3.1262

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/10.15294/KREANO.V10I1.18534.G9385

Ayuningsih. (2022). Efektifitas Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar Menggunakan Software Blender 3D. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1704–1710.

Dewantara, A. H., B., A., & Harnida. (2020). Kreativitas Guru Dalam Memanfaatkan Media Berbasis It Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Journal of Primary Education, 1(1), 15–28.

Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru terhadap Gaya Belajar Siswa Di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 8(1), 25–33.

Hanifaturrochmah, Sary, R. M., & Azizah, M. (2021). Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Nolting pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 310–321.

Harini, E., & Taufiq, I. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19. PRISMA, 10(1), 44–53. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1121

Hasanah, H., Nugraheni, P., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis Kendala Penerapan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Geometri. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 16–26. https://doi.org/10.15294/KREANO.V11I1.20663

Kurniawan, H. B., Halqi, M., & Waluyo, H. E. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Matematika SD Berbasis Pendekatan Saintifik sebagai Solusi Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. GENTA MULIA: Jurnal Ilmiah Pendidikan, XIII(1), 196–204.

Lestari, E. T. (2020). Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Yogyakarta: DEEPUBLISH CV BUDI UTAMA.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Mawardini, I. D., & Ningsih, S. S. (2022). Pembelajaran Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid – 19. Jurnal Basicedu, 6(2), 2681–2686. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I2.2426

Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/JPDK.V3I1.1432

Mustikasari, G., Wijayanti, A., & Agustini, F. (2021). Pengembangan Media Video Berbasis Pendekatan Kontekstual Tema 7 Sub Tema 1 Kelas IV SDN Mranggen 2 Demak. Wawasan Pendidikan, 1(2), 150–160. https://doi.org/10.26877/WP.V1I2.8728

Nurfadhillah, S., & 4A, P. G. S. D. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak.

Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda†Kelas V Di Sdn Sarakan Ii Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134.

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., & Simarmata, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Prayitno, A. T., Taufik, A., & Muawanah, P. P. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Adobe Flash pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Jurnal Prisma, 11(2), 291. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2140

Purba, R. A., Rofiki, I., & Bachtiar, E. (2020). Pengantar Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Rijal, A., & Malinda, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Bangun Datar untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. EDUMAT : Jurnal Edukasi Matematika, 12(2), 111–119. https://doi.org/10.53717/EDUMAT.V12I2.296

Riyanti, M., & Jarmita, N. (2021). Pengembangan Media Animasi Pembelajaran Berbasis Powtoon pada Materi Unsur-Unsur Bangun Datar. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 13(01), 73–88.

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Septian, A., Ramadhanty, C. L., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2021). Mathematical Problem Solving Ability and Student Interest in Learning using Google Classroom. Prosiding International Conference on Education of Suryakancana, 1(1), 155–161.

Setiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. PRISMA, 11(2), 538–547. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2523

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108-117. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Sutja, A., Sekonda, F. A., & Yaksa, R. A. (2022). Pelatihan Ice Breaking Dalam Meningkatkan Keterampilan Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(5), 6388–6391.

Wahab, A., Junaedi, Efendi, D., & Prastyo, H. (2021). Media Pembelajaran Matematika. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan Autentic Assesment Berbasis Proyek dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2), 102–108. https://doi.org/10.15294/jpii.v3i2.3107

Wijayanti, A., Fajriyah, K., & Priyanto, W. (2020). Implementation of Saintific Approach Based on Stem Education To Increase Scientific Literacy. Unnes Science Education Journal, 9(2), 84–90.

Yulistiorini, C. E., Wardani, S. Y., & Kadafi, A. (2022). Identifikasi Faktor Penyebab Burnout Belajar pada Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 10–15




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2706

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.