E-learning Persamaan Linear Satu Variabel Berbasis Web-Wix

Istiqomah Istiqomah, Fitria Sulistyowati, Ega Sri Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-learning berbasis web wix pada materi Persamaan Linear Satu Variabel yang layak digunakan. Pelaksanaan penelitian mengacu pada model ADDIE, yaitu dengan tahapan: analisis, desain, pengembangan produk, penerapan dan evaluasi. Uji kelayakan e-learning terbatas pada respon siswa terhadap e-learning yang dikembangkan. Subjek uji coba respon e-learning adalah 32 siswa kelas VII SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan angket, dan dianalisis secara statistik deskriptif. Produk penelitian ini adalah e-learning dengan link https://classmathjhs.wixsite.com/my-site. Kelayakan e-learning diperoleh dari masukan dan penilaian ahli media, ahli materi, dan respon siswa. Hasil validasi menunjukan bahwa: (1) ahli media memperoleh skor rata-rata 3,7 yang terkategori Sangat Baik, (2) ahli materi memperoleh rata-rata 3,9 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Pada tahap uji coba e-learning hasil respon siswa memperoleh rata-rata persentase 78,25% termasuk dalam kategori Layak. Hasil ini menunjukkan bahwa e-learning berbasis web wix pada materi PLSV yang dikembangkan layak untuk diujicobakan pada pembelajaran dengan skala lebih luas.

Keywords


e-learning; PLSV; Web Wix

References


Arsy, Q. L., & Dermawan, D. A. (2022). Studi Literatur Efektivitas Metode Blended Learning sebagai Metode Transisi Pembelajaran Jarak Jauh. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 11–18.

Creswell, J. W. (2017). Research design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, Edisi Empat. Pustaka Pelajar.

Direktorat Statistik Kesejahteraan Rakyat. (2021). Statistik Pendidikan 2021. Badan Pusat Statistik.

Elpana, E., Riswandi, R., & Fitriawan, H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Penggunaan Platform Pembelajaran untuk Peningkatan Mutu Blended Learning Pasca Pandemi Covid-19. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 221–231.

Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 4(1), 1–18.

Harini, E., Taufiq, I., Sulistyowati, F., & Agustito, D. (2019). The Feasible Textbook for Algebra Learning. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things, 20 October 2018, Yogyakarta, Indonesia.

Hariyadi, S. (2013). Cara Asyik! Membuat Flash Website dengan Wix. com. Elex Media Komputindo.

Holland, J. (2020). Learn How to Create a Wix Website: Current Best Practices. Journal of National Social Science Technology, 8(2), 50–58.

Ihya’ulumuddin, D. I., & Sulistiyawati, P. (2021). Analisis Pengalaman Pengguna pada Website Program Studi Desain Komunikasi Visual. Science Tech: Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 7(1), 35–44.

Istiqomah, I., Agustito, D., Sulistyowati, F., Yuliani, R., & Irsyad, M. (2021). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Kemampuan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi). Community Empowerment, 6(3), 464–471.

Istiqomah, I., & Sulistyowati, F. (2021). Pola Komunikasi dan Interaksi dalam E-learning Statistika Matematika Selama Covid-19. PRISMA, 10(2), 208–220.

Kemdikbud. (2021). Kurikulum Merdeka. Https://Guru.Kemdikbud.Go.Id/Kurikulum-Merdeka.

Lassoff, M., & Reynolds, S. (2021). Wix Web Development [Updated for 2021]. Packt Publishing.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi penelitian kualitatif (Cet. Ke-30.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). e-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135.

Permana, A. Y., Aprilia, D. I., & Teniola, N. Q. I. (2019). Teacher Skills Through the Development of Design and Develop Learning Program Taedes 401 (gov.au) for Building Core Skill and Employability Skills for Vocational High School. Advances in Social Science, Education and

Humanities Research, 379(Veic), 385–395. https://doi.org/10.2991/assehr.k.191217.062

Raco, J. (n.d.). Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya.

Ravell, R. A. N., Muqtadiroh, F. A., Kom, S., & Nisafani, M. T. A. S. (2015). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Niat Guru Dalam Menggunakan E-Learning di Pendidikan Tingkat Menengah Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model. Surabaya, Indonesia.

Sagala, M. K., Suana, W., Andra, D., & Rinaldi, D. (2022). Pembelajaran Di Masa Pasca Pandemi Covid-19: Pemilihan Metode Pembelajaran Dan Kendala Yang Dihadapi. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Vokasional, 4(2).

Saputra, M. D. (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Guru Dalam Menggunakan E-Learning Moodle Dengan Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM)(Studi Kasus Guru SMK Aceh Besar). UIN Ar-Raniry.

Sekarningsih, F., Budiman, A., & Gustiaji, G. R. (2021). Wix web-based dance learning media to support teaching in the pandemic era in high school. Harmonia: Journal of Arts Research and Education, 21(1), 178–191.

Shinzato, T., Nemoto, J., & Toyama, M. (2020). A Patten Matcher for English Idioms on Web IndeX. Proceedings of the 22nd International Conference on Information Integration and Web-Based Applications & Services, 246–252.

Sinta. (2023). Search: Wix. Kemdikbud. https://sinta.kemdikbud.go.id/google/?q=Wix

Suanah, S. (2019a). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Desain Wix Materi Bangun Ruang Matematika SD Kelas V. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 243–252.

Suanah, S. (2019b). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Desain Wix Materi Bangun Ruang Matematika SD Kelas V. Proceedings of the ICECRS, 2(1), 243–252.

Sulistyowati, F. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Tape (Teka-Teki Pintar Edukatif) Pada Materi Barisan Aritmatika Dan Geometri. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 13(2).

Sulistyowati, F. (2016). Media Pembelajaran ntuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika Media Pembelajaran Teka-Teki Pintar Edukatif (Tape) sebagai Alat Bantu Pembelajaran Barisan Aritmatika dan Geometri untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan

Pendidikan Matematika.

Sulistyowati, F., Usman, A., & Harini, E. (2022). Media Pembelajaran Lingkaran Berbasis Geogebra Applet untuk Penguatan Kemampuan Berpikir Kreatif. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2).

Susantio, B., & Suteja, B. R. (2019). Implementasi AIML pada Web E-Commerce (Studi Kasus Streetline Coffee). Jurnal STRATEGI-Jurnal Maranatha, 1(2), 540–550.

Susilo, B. E., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2019). Students Critical Thinking Skills Toward Concepts Differences in Finding Area of A Plane Region and Definite Integral. Unnes Journal of Mathematics Education, 8(1), 1–7.

Wulandari, T. A. J., Sibuea, A. M., & Siagian, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada mata pelajaran biologi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(1).

Zain, R., Ahmad, Z. A., & Kalijaga, F. U. I. N. S. (2015). Manajemen Perkuliahan Berbasis e-Learning di Perguruan tinggi. Yogyakarta: NCIE CDIE & Kurnia Kalam Semesta.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2638

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.