Analisis Computational Thinking dalam Menyelesaikan Masalah pada Materi Program Linear

Elinda Elinda, Laelasari Laelasari, Jajo Firman Raharjo

Abstract


Pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan computational thinking siswa dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear, serta mengetahui respon siswa terhadap pemahaman computational thinking dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi, 2 siswa yang memiliki kemampuan awal matematis yang rendah, 2 siswa yang memiliki kemampuan awal matematis yang sedang yang di ambil dari 24 populasi, dan satu tenaga pendidik untuk mengetahui kemampuan awal yang dimiliki oleh siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yakni tes tertulis, wawancara dan angket respon siswa. Kemudian data tersebut dianalisis berdasarkan indikator kemampuan computational thinking. Teknik analisis data yang digunakan ialah pengumpulan data, reduksi data, penyejian data dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan computational thinking dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear yang dimiliki siswa dapat dikatakan rendah karena hasil dari tes tertulis masih terdapat siswa yang belum dapat menyelesaikan soal tersebut dengan memenuhi indikator dari computational thinking. Respon siswa terhadap pemahaman computational thinking dalam menyelesaikan masalah pada materi program linear dari hasil angket yang diproleh memiliki interpretasi yang baik.

Keywords


computational thinking; program linear; respon siswa

References


Astuti, P. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMPN 4 Batang Gansal dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. PRISMA, 10(1), 121-129. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.962

Aziz, L. A. (2021). Analisis Kemampuan Computational Thinking Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Media Pendidikan Matematika, 9(1), 34–42.

Azmi, S. N., & Sopiany, H. N. (2022). Respon Peserta Didik SMP terhadap Penggunaan Google Classroom dalam Pembelajaran Matematika Secara Online. PRISMA, 11(2), 339-349. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2377

Fakhrurrazi. (2018). Hakikat Pembelajaran yang Efektif. XI(1), 85–99.

Ghozian, M., Ahsan, K., Nur, A., & Prabowo, A. (2022). Desain Web-apps-based Student Worksheet dengan Pendekatan Computational Thinking pada Pembelajaran Matematika di Masa Pandemi | PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 4(2021), 344–352.

Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27.

https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011

Marieska, M. D., Rini, D. P., Oktadini, N. R., Yusliani, N., & Yunita. (2019). Sosialisasi dan Pelatihan Computational Thinking untuk Guru TK, SD, dan SMP di Sekolah Alam Indonesia (SAI) Palembang. Prosiding Annual Research Seminar 2019 : Computer Science and ICT, 5(2), 7–10.

Masfingatin, T., & Maharani, S. (2019). Computational thinking: Students on proving geometry theorem. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(9), 2216–2223.

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Mewati, A., dkk. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Guru dalam Pengembangan Bebras Task untuk Tantangan Bebras 2021. Sendimas 2021 - Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 106–111. https://doi.org/10.21460/sendimasvi2021.v6i1.32

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185.

Septian, A., Inayah, S., & Pelani, J. I. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash pada Materi Bangun Datar. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 97–107. https://doi.org/10.32938/jpm.v2i2.697

Septian, A., & Ramadhanty, C. L. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 56–63. https://doi.org/10.30738/wa.v4i1.7782

Setiani, A., Lukman, H. S., & Suningsih, S. (2020). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Menggunakan Strategi Problem Based Learning Berbantuan Mind Mapping. PRISMA, 9(2), 128–135. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.958

Sriwidadi, T., & Agustina, E. (2018). Analisis Optimalisasi Produksi dengan Linear Programming melalui Metode Simpleks. Binus Business Review, 4(2), 725–741.

Tata, T., & Haerudin, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Aljabar. PRISMA, 11(2), 363. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2385

Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The Ability of Understanding Mathematical Concept and Self-Regulated Learning Using Macromedia Flash Professional 8. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2635

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.