Analisis Learning Obstacle Siswa SMP dalam Memahami Konsep Luas Permukaan Limas

Firda Luthfiatika Jannah, Cita Dwi Rosita

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep siswa dalam memahami materi luas permukaan limas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengeksplorasi learning obstacle siswa SMP dalam memahami konsep luas permukaan limas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian didactical design research (DDR). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 subjek berdasarkan kategori kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu instrumen tes pemahaman konsep dan instrumen wawancara. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini, siswa masih mengalami learning obstacle yaitu siswa belum bisa membedakan antara tinggi limas dengan rusuk tegak limas, siswa belum bisa menentukan alas limas dan tinggi limas, siswa belum memahami konsep luas permukaan limas, siswa tidak memahami materi prasyarat, siswa tidak dapat menyelesaikan soal yang berbeda dari contoh soal dan siswa belum bisa mengaplikasikan konsep luas permukaan limas pada soal-soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.


Keywords


learning obstacle; limas; pemahaman konsep

References


Febrianto, I., Nugraha, K. S., Rianto, I., & Hamdani, H. (2019). Learning Obstacle Siswa terhadap Konsep Keliling dan Luas Daerah Segitiga dan Segiempat. Seminar Nasional Pendidikan Matematika FKIP UGJ Cirebon, 1(1), 501–515.

Harini, E., & Taufiq, I. (2021). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika terhadap Perkuliahan Online di Masa Pandemi Covid-19. PRISMA, 10(1), 44–53. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1121

Hidayat, T. (2019). Analisis Kesalahan Konsep dan Kesalahan Prosedur dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 105–115. https://doi.org/10.29300/equation.v2i2.2315

Jusniani, N. (2018). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa pada Kemampuan Pemahaman Matematis melalui Pembelajaran Kontekstual. PRISMA, 7(1), 82-90. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.361

Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17–29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098

Kurniasih, R. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Fase Belajar Model Van Hiele Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. Jurnal Silogisme, 2(2), 61–68.

Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikaan Soal Yang Berhubungan Dengan Peersegi dan Persegi Panang Berdasarkan Taksonomi Solo Plus Pada Kelas VIIj. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(01), 1–8.

Maisyarah, S., & Prahmana, R. C. I. (2020). Pembelajaran Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Elemen, 6(1), 68–88. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1713

Maulin, B. A., & Chotimah, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(4), 949–956. https://doi.org/10.36269/hjrme.v3i2.445

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76–85.

Mazlan, Roza, Y., & Maimunah. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Meneyelesaikan Soal pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(1), 11–18.

Meirani, F., & Retnawati, H. (2020). Analisis Faktor Penyebab Hambatan Belajar (Learning Obstacle Siswa SMP pada Materi Geometri dan Pengukuran. Prosiding Pendidikan Matematika, 2(2721), 1–11.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In Journal of Equine Veterinary Science.

Pawestri, U., Kurniawati, I., & Soeyono. (2013). Analisis Kesulitan Pembelajaran Matematika dengan Pengantar Bahasa Inggris pada Materi Pokok Bentuk Logaritma Kelas X Imersi SMA Negeri Karangpandan Karanganyar 2012/2013. Pendidikan Matematika, 1(1), 1–7.

Priatna, T. (2020). Filsafat Ilmu untuk Pendidikan (p. 134). Sahifa. Bandung.

Ramli, & Prabawanto, S. (2020). Kesalahan dan Learning Obstacle Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Matematis berdasarkan Pemahaman Konsep Matematis. Journal for Research Mathematich Learning, 3(3), 233–246.

Rammadan, A. P., & Budiman, I. (2022). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Rawamerta Pada Materi Peluang. Prisma, 11(1), 154. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2049

Rosita, C. D., Maharani, A., Tonah, T., & Munfi, M. (2020). Learning Obstacle Siswa SMP pada Materi Lingkaran. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 467–479. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2735

Septian, A., Sugiarni, R., & Monariska, E. (2020). The Application of Android-based GeoGebra on Quadratic Equations Material toward Mathematical Creative Thinking ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 261-272. https://doi.org/10.24042/ajpm.v11i2.6686

Subroto, T., & Sholihah, W. (2018). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Trigonometri Dalam Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 109-120. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2624

Sumadiasa, I. G. (2014). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Dolo dalam Menyelesaikan Soal Luas Permukaan dan Volume Limas. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 01(2), 184–207.

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 3–12.

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28–39. https://doi.org/10.15575/ja.v6i1.8566

Yusuf, Y., Titat, N., & Yuliawati, T. (2017). Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP Pada Materi Statistika. Aksioma, 8(1), 76–86. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1509


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.