Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Rizky Mauldan Muhammad Yusuf, Diar Veny Rahayu

Abstract


 

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif eksploratif. Teknik pengambilan subjek purposive sampling subjek penelitian diambil sebanyak 2 peserta didik yang memenuhi indikator kemampuan pemecahan masalah matematis terlepas jawaban benar ataupun salah. Teknik pengumpulan data berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis berdasarkan dan wawancara tidak terstruktur. Instrumen yang diberikan berupa soal kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data memeriksa dan menganalisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah, pengumpulan data pengumpulan lembar jawaban tes kemampuan pemecahan masalah matematis, menyajikan hasil wawancara peserta didik dan menggabungkan hasil jawaban dan wawancara peserta didik dan kesimpulan menganalisis hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Berdasarkan analisi data diperoleh kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik ada di level cukup dengan simpulan: S – 2 mampu memenuhi tahapan kemampuan pemecahan masalah matematis polya, namun subjek tidak mampu pada indikator menyelesaikan rencana penyelesaian dan hasil yang didapat tidak tepat, sedangkan S – 5  mampu memenuhi tahapan kemampuan pemecahan masalah matematis polya, tetapi dalam menyelesaiakan rencanadan memeriksa kembali kurang tepat dengan penyelesaian yang didapatnya.

Keywords


analisis; bangun ruang sisi datar; kemampuan pemecahan masalah

References


Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis untuk Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematisa Inovatif), 1(6), 1135-1142.

August, F. M., & Ramlah, R. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Prosedur Polya. JIPMat, 6(1), 43-59.

Hidayah, I. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Self-Efficacy Siswa dalam Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 178-183.

Hidayat, W., & Sariningsih, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP melalui Pembelajaran Open Ended. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematisa), 2(1), 109-118.

Indrawati, K. A. D., Muzaki, A., & Febrilia, B. R. A. (2019). Profil Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear. Jurnal Didaktik Matematisa, 6(1), 68-83

Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47-57.

Kurniawan, A., & Setiawan, D. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Berbantuan Soal Ontekstual Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematisa Inovatif), 2(5), 271-282.

Nadhifa, N., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Numerical: Jurnal Matematisa Dan Pendidikan Matematisa, 63-76

Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Atmoko, P. Y. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Penemuan dan Lingkungan terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematisa Melalui Meta Analisis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematisa, 9(1), 147-157.

Polya, G. (1973). How To Solve It. A New Aspect Of Mathematical Method (1 st ed.). New Jersey: Princeton University Press.

Polya, G. (1985). How To Solve It. A New Aspect Of Mathematical Method (2 nd ed.). New Jersey: Princeton University Press.

Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematisa, 5(2), 1223-1237

Sari, D. S. M., Fatih'Adna, S., & Mardhiyana, D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Teori Wankat Dan Oreovocz. Jurnal Pendidikan Matematisa Undiksha, 11(2).

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematisa, 5(2), 148-158.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematisa dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematisa, 4(2), 166-175.

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematisa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematisa, 1(2), 137-144.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.