Analisis Rendahnya Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Self Regulated Learning Pada Masa Pandemi Covid-19

Mira Marlina, Beni Junedi, Elga Sandi Kiawati, Selda Setianti

Abstract


Pemahaman materi menentukan keberhasilan siswa dalam belajar. Keberhasilan siswa belajar tergantung kepada kesadaran dan kemandirian siswa akan pentingnya belajar. Faktanya di sekolah kesadaran siswa terhadap proses belajarnya sendiri masih tergolong rendah. Rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap suatu mata pelajaran disebabkan karena regulasi diri siswa dalam kemandirian belajar belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab rendahnya pemahaman konsep matematis siswa ditinjau dari self-regulated learning masa pandemi covid-19 di SMK Negeri 1 Kota Serang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif-deskriptif cross section. Adapun sampel yang dipilih dari kelas X dan XI berjumlah 83 partisipan. Alat ukur yang digunakan yaitu kuesioner self-regulated learning dan soal tes pemahaman konsep matematis. Data di analisis menggunakan uji regresi linier berganda dan uji bivariat. Hasil penelitian menemukan bahwa self regulation learning siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pemahaman konsep matematis siswa.  Indikator motivasi dan perilaku diketahui memiliki kontribusi yang signifikan, sedangkan metakognitif tidak berkontribusi terhadap pemahaman konsep matematis siswa.

Keywords


pandemi covid-19; pemahaman konsep matematis; self-regulated learning

References


Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, 10(2), 255–263. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1639

Brenner, C. A. (2022). Self-regulated Learning, Self-Determination Theory and Teacher Candidates’ Development of Competency-Based Teaching Practices. In Smart Learning Environments, 9(1), 1-14. https://doi.org/10.1186/s40561-021-00184-5

Chairani, Z. (2015). Perilaku Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3). https://doi.org/10.33654/math.v1i3.20

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514

Febryliani, I. (2021). Hubungan Kecemasan Matematika dan Self-Regulated Learning terhadap Motivasi Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas Virtual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2302-2312. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.768

Harahap, A. C. P., & Harahap, S. R. (2020). Covid 19: Self Regulated Learning Mahasiswa Ade. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1).

Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas XII pada Pelajaran Matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103-108. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.4752

Lidiawati, K. R. (2020). Peran Pelatihan Strategi “Smart†dalam

Meningkatkan Self-Regulated Learning (SRL) pada Siswa SMP. Jurnal Psikologi Ulayat, 3(2), 158-168. https://doi.org/10.24854/jpu51

Lim, S. L., & Yeo, K. J. (2021). A Systematic Review of The Relationship Between Motivational Constructs and Self-Regulated Learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1). https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I1.21006

Mahda, C. F. (2020). Pengaruh Self Regulated dan Learning Style terhadap Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendiidikan, May.

Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA, 10(2), 244–254. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1308

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. PRISMA, 9(2), 154–166. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070

Muasyaroh, H., & Royanto, L. R. M. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19: Peran Literasi Digital dan Task Value Terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Psikologi Ulayat, 8(2), 247-265. https://doi.org/10.24854/jpu172

Park, S., & Kim, N. H. (2022). University Students’ Self-Regulation, Engagement and Performance in Flipped Learning. European Journal of Training and Development, 46(1/2), 22-40. https://doi.org/10.1108/EJTD-08-2020-0129

Priskila, V., & Savira, S. I. (2019). Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri X Tulungagung dengan Sistem Full Day School. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(3).

Rivers, D. J., Nakamura, M., & Vallance, M. (2022). Online Self-Regulated Learning and Achievement in the Era of Change. Journal of Educational Computing Research, 60(1, 104-131). https://doi.org/10.1177/07356331211025108

Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. PRISMA, 11(1), 71-81. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074

Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2021). Pelatihan Literasi dan Numerasi Guru Matematika SMP Bertipe Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1.

Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi dan R&D. In Alfabeta Bandung.

Suputra, I. G. D., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran Efikasi Diri dan Kecemasan Akademis terhadap Self-Regulated Learning pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 1293-1302.

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108-117. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.