Analisis Rendahnya Pemahaman Matematis Siswa Ditinjau dari Self Regulated Learning Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, 10(2), 255–263. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1639
Brenner, C. A. (2022). Self-regulated Learning, Self-Determination Theory and Teacher Candidates’ Development of Competency-Based Teaching Practices. In Smart Learning Environments, 9(1), 1-14. https://doi.org/10.1186/s40561-021-00184-5
Chairani, Z. (2015). Perilaku Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3). https://doi.org/10.33654/math.v1i3.20
Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.514
Febryliani, I. (2021). Hubungan Kecemasan Matematika dan Self-Regulated Learning terhadap Motivasi Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Pembelajaran Matematika pada Kelas Virtual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2302-2312. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.768
Harahap, A. C. P., & Harahap, S. R. (2020). Covid 19: Self Regulated Learning Mahasiswa Ade. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1).
Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Siswa SMK Kelas XII pada Pelajaran Matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103-108. https://doi.org/10.15575/ja.v5i2.4752
Lidiawati, K. R. (2020). Peran Pelatihan Strategi “Smart†dalam
Meningkatkan Self-Regulated Learning (SRL) pada Siswa SMP. Jurnal Psikologi Ulayat, 3(2), 158-168. https://doi.org/10.24854/jpu51
Lim, S. L., & Yeo, K. J. (2021). A Systematic Review of The Relationship Between Motivational Constructs and Self-Regulated Learning. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(1). https://doi.org/10.11591/IJERE.V10I1.21006
Mahda, C. F. (2020). Pengaruh Self Regulated dan Learning Style terhadap Peningkatan Minat Belajar Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020. Pendiidikan, May.
Maryati, I., & Suryaningsih, F. (2021). Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri. PRISMA, 10(2), 244–254. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1308
Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. PRISMA, 9(2), 154–166. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070
Muasyaroh, H., & Royanto, L. R. M. (2021). Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19: Peran Literasi Digital dan Task Value Terhadap Self-Regulated Learning Mahasiswa. Jurnal Psikologi Ulayat, 8(2), 247-265. https://doi.org/10.24854/jpu172
Park, S., & Kim, N. H. (2022). University Students’ Self-Regulation, Engagement and Performance in Flipped Learning. European Journal of Training and Development, 46(1/2), 22-40. https://doi.org/10.1108/EJTD-08-2020-0129
Priskila, V., & Savira, S. I. (2019). Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Stres Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri X Tulungagung dengan Sistem Full Day School. Jurnal Penelitian Psikologi, 6(3).
Rivers, D. J., Nakamura, M., & Vallance, M. (2022). Online Self-Regulated Learning and Achievement in the Era of Change. Journal of Educational Computing Research, 60(1, 104-131). https://doi.org/10.1177/07356331211025108
Septian, A. (2022). Student’s Mathematical Connection Ability through Geogebra Assisted Project-Based Learning Model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323
Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813
Septian, A., & Soeleman, M. (2022). Asosiasi Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Representasi dan Koneksi Matematis pada Kalkulus Integral. PRISMA, 11(1), 71-81. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2074
Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2021). Pelatihan Literasi dan Numerasi Guru Matematika SMP Bertipe Asesmen Kompetensi Minimum. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 1.
Sugiyono. (2018). Metode Peneiltian Kuantitatif, Kualitatif Kombinasi dan R&D. In Alfabeta Bandung.
Suputra, I. G. D., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Peran Efikasi Diri dan Kecemasan Akademis terhadap Self-Regulated Learning pada Mahasiswa Program Studi Sarjana Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 6(3), 1293-1302.
Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. PRISMA, 9(1), 108-117. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v12i1.2588
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.