Potret Pemahaman Konsep Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku di Era New Normal

Mahmudin Mahmudin, Rizki Rosjanuardi, Tatang Herman, Rani Sugiarni, Edi Supriyadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pemahaman siswa tentang konsep Trigonometri pada Segitiga Siku-siku. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deksriptif kualitatif. Pendekatan yang dilakukan adalah memotret pemahaman konsep pada 33 siswa kelas X IPA salah satu SMA Negeri di Cianjur. Pengumpulan data penelitian meliputi metode tes tertulis yang mengacu pada tes pemahaman konsep matematika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematika siswa kelas X IPA dalam materi trigonometri sudah tergolong sedang artinya dari 33 siswa, 29 siswa mampu menyelesaikan soal dan 4 siswa tidak mampu menyelesaikan. Faktor yang menyebabkannya adalah siswa melakukan kesalahan konsep trigonometri segitiga siku-siku seperti lupa konsep, tidak memahami konsep dengan benar, tidak memahami maksud soal dan hanya sekedar menghafal konsep bukan memahaminya.


Keywords


pemahaman; trigonometri; segitiga

References


Acharya, B. R. (2017). Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learners. International Journal of Elementary Education, 6(2), 8-15.

Al-Mutawah, M. A., Thomas, R., Eid, A., Mahmoud, E. Y., & Fateel, M. J. (2019). Conceptual Understanding, Procedural Knowledge and Problem-Solving Skills in Mathematics: High School Graduates Work Analysis and Standpoints. International journal of education and practice, 7(3), 258-273.

Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Developing the Students’ Ability in Understanding Mathematics and Self-Confidence with VBA for Excel. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in

Mathematics Education), 4(1), 45-56.

Hadi, S., & Kasum, M. U. (2015). Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Edu-Mat: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Handayani, Y., & Aini, I. N. (2020). Analisis kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Peluang. Prosiding Sesiomadika, 2(1b).

Haswati, D., & Nopitasari, D. (2019). Implementasi Bahan Ajar Persamaan Diferensial dengan Metode Guided Discovery Berbantuan Software Mathematica untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Gantang, 4(2), 97-102.

Hertina, M. D. P. (2019). Analisis Pemahaman Konsep Siswa SMK terhadap Materi Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar (Doctoral dissertation, STKIP PGRI Sidoarjo).

Irfan, M., Sa’dijah, C., Ishartono, N., Widodo, S., Rahman, A., & Hudha, M. (2018). Interference in Solving Mathematical Problems. In Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. European Alliance for Innovation (EAI).

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa oada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 24-32.

Karso, (2012). Pendidikan matematika I. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Miksalmina, M. (2013). Penguasaan Siswa pada Materi Trigonometri di MAN Darussalam Aceh Besar. Visipena Journal, 4(2).

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.

Ningsih, E. F., Widodo, S. A., Sary, R. M., & Retnowati, E. (2019, October). The Cognitive Load of Learners in the Learning Process of the Rotating Object Volume. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1315, No. 1, p. 012046). IOP Publishing.

Pendidikan, M. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Polya, G. 1973. How To Solve It (A New Aspect of Mathematical Method). New Jersey: Priceton University Press.

Qori, R. (2017). Penerapan Metode Hypnoteaching untuk Melihat Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Histogram, 2(1), 21-31.

Saragih, S., & Afriati, V. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep Grafik Fungsi Trigonometri Siswa SMK melalui Penemuan Terbimbing Berbantuan Software Autograph. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 368-381.

Sariningsih, R. (2014). Pendekaan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(2), 150-163.

Septian, A., & Maghfirah, D. (2021). Mathematical Literacy Skills using Google Classroom on Trigonometry. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2515-2525.

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170-181.

Septian, A., & Ramadhanty, C. L. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 56-63.

Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326-339.

Syaiful, S., Aprillya, S., & Anggraeni, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is A Teacher Here (ETH) Ditinjau dari Gaya Kognitif terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Gantang, 5(1), 51-59.

Utami, S. (2015). Analisis Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi Trigonometri di Kelas XI Sma Negeri 1 Labuhan Haji Timur. ETD Unsyiah.

Widiyawati, W., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Trigonometri. Jurnal Analisa, 6(1), 28-39.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2556

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.