Eksperimentasi Model Pembelajaran POE dengan Pendekatan Metaphorical Thinking terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Ida Rahmawati, Ana Setiani, Hamidah Suryani Lukman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang menggunakan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dengan pendekatan Metaphorical Thinking, model pembelajaran POE (Predict Observe Explain), dan model pembelajaran konvensional 5M Kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas XII SMK YASPIM yang berjumlah 134 siswa dan tiga kelas sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tiga butir soal kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi statistika dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang memperoleh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dengan pendekatan metaphorical thinking lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain), dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang memperoleh model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dengan pendekatan Metaphorical Thinking lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional 5M Kurikulum 2013.


Keywords


kemampuan berpikir tingkat tinggi; model pembelajaran predict observe explain; pendekatan metaphorical thinking

References


Abdurrohman, & Djuniadi. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Station Learning Berpendekatan Metaphorical Thinking. Abdurrohman, Djunaidi, 5(2), 90–97.

Amalia, A., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Siswa Smp Ypwks Cilegon Dalam Menyelesaikan Soal Pola Bilangan. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 18(3), 247. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v18i3.4370

Aryani, I., Maulida, M., & Hasanah, H. (2020). Kemampuan Higher Order Thinking Skill ( Hots ) Siswa SMP IT Nurul Islah Banda Aceh Pada Materi Perbandingan. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 4(1), 85–89.

Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.

Fitriana, R., Rinaldi, A., & Suherman, S. (2021). Geogebra pada Aplikasi Sigil sebagai Pengembangan E-modul Pembelajaran Matematika. PRISMA, 10(1), 106–120. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1118

Hariyanto Warsono, M. H. (2013). Pembelajaran Aktif dan Asesmen. Remaja Rosda Karya.

Kurniason, H. T., Sugiatno, & Hamdani. (2014). Instrumen Tes Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SMA. Jurnal Pedidikan Matematika Dan IPA, 1–12.

Mardiyanti, D. O., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. E. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP Pada Materi Segitiga Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(3), 427–434.

https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.427-434

Mitasari, D., Adha, I., & Fitriyana, N. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Predict, Observe, Explain (Poe) Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Vii Smp Negeri Selangit. Journal of Mathematics Science and Education, 2(2), 60–67. https://doi.org/10.31540/jmse.v2i2.528

Muna, I. A. (2017). Model Pembelajaran Poe ( Predict-Observe- Explain ) Dalam Meningkatkan Pemahaman. Jurnal Studi Agama, 5(1), 73–91.

Nurfadilah, Asra, R., & Syaiful. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain dan Motivasi terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa ( The Effect of Predict Observe Explain Learning Model and Motivation on Students ’ Higher Order Thinking Skills ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(2), 143–152.

Nurhikmayati, I. (2017). Pembelajaran Dengan Pendekatan Metaphorical Thinking Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa SMP. 1(2), 42–50.

Payadnya, I., & Wibawa, K. A. (2020). Analisis Hots Mahasiswa Dalam Konsep Statistika Melalui Tiga Tahapan Metaphorical Thinking. … Pendidikan Matematika 2020.

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas Xi Dalam Pembelajaran Trigonometri Berbasis Masalah Di Sma Negeri 18 Palembang. Jurnal Gantang, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.31629/jg.v1i1.4

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Materi Bangun Ruang Ditinjau Gaya Kognitif Siswa Menengah Pertama. PRISMA. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Septian, A. (2022). Student’s mathematical connection ability through GeoGebra assisted project-based learning model. Jurnal Elemen, 8(1), 89–98. https://doi.org/10.29408/jel.v8i1.4323

Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Setyaningrum, D., Florentinus, T. S., & Saptono, S. (2019). Implementation of Predict Observe Explain Model and Outdoor Guided Inquiry in Improving Students’ Critical Thinking in Science Learning. Journal of Primary Education, 8(9), 248–253. https://doi.org/10.15294/jpe.v10i3.34898

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sumartini, T. S. (2017). Meningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Predict Observe Explanation. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(2), 167. https://doi.org/10.25134/jes-mat.v3i2.689

Widyasari, N., Dahlan, J. A., & Dewanto, S. (2016). Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 28. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.28-39

Wiguna, P. D., Hafsari, R. A., & Fitrianie, A. N. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMK melalui Soal HOTS dengan Pendekatan Matematika Realistik ( PMR ) proses pembelajaran daripada guru . Pesatnya perkembangan. Prosiding Seminar Nasional Tadris Matematika (SANTIKA), 404–420.

Yanti, K. G. ., Pujawan, I. G. ., & Mahayukti, G. . (2019). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Penerapan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal IKA, 16(2), 84. https://doi.org/10.23887/ika.v16i2.19828

Yupani, E., Garminah, & Mahadewi, P. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE) Berbantuan Materi Bermuatan Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 1(1), 1–12.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.