PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA

Ari Septian, Riki Rizkiandi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa, dan sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain control group pretest-posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Karangtengah di kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII H sebagai kelas kontrol, Tahun Pelajaran 2016/2017. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian dan instrumen non tes berupa angket siswa. Data yang diperoleh dari hasil penelitian ini diolah menggunakan bantuan Program SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa pencapaian dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Selain itu hasil angket skala sikap menunjukan bahwa pada umumnya siswa bersikap positif terhadap pembelajaran Problem Based Learning.

Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kreatif Matematis.

Full Text:

PDF

References


Cahyaningsih, U, & Ghufron, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter (1)

Dimayanti. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Heruman. (2008). Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nizam. (2016). Hasil-Hasil Asesmen Belajar Dari Hasil UN PISA TIMSS INAP.Tidak Diterbitkan. [Daring] URL: puspendik. kemendikbud. go. Id /seminar/

Suparman Et al. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Dalam Jurnal Bioedukasi [Daring], Vol 3 No 2. Tersedia: http://Ejournal.Unkhair.Ac.Id/Index.Php/Bioedu/Article/Download/109/83.

Tomy. (2012). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Pembelajaran Berbasisi Masalah. Dalam Jurnal Pendidikan Matematia [Daring], Vol.1 No.1 Part 3: hal 22-26. Tersedia:http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Students/Index.Php/Pmat/Article/Download/1152/844




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.