Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman

Tina Sri Sumartini, Lita Safitri

Abstract


Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita merupakan hal penting dalam pembelajaran matematika. Analisis tersebut digunakan untuk melakukan refleksi dalam tahapan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kesalahan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan prosedur newman. Penelitian dilakukan secara kualitatif. Teknik sampling yang digunakan yaitu purposive sampling dengan mengambil tiga siswa SMP  kelas VIII yang telah mempelajari materi sistem persamaan linear dua variabel di salah satu SMP di Kabupaten Garut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis kepada siswa. Selanjutnya dilakukan wawancara untuk mengkonfirmasi jawaban dari tes tulis. Instrumen tes tertulis sebanyak 5 soal yang telah divaidasi oleh ahli. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis hasil jawaban siswa dan wawancara. Hasil penelitian yaitu: Siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan prosedur newman. Kesalahan tersebut meliputi kesalahan membaca, memahami, menstransformasi, keterampilan prosedur, dan penulisan jawaban akhir. Hal ini terjadi akibat kurangnya kemampuan pemahaman, representasi, dan koneksi siswa. Oleh karena itu, perlu upaya untuk meningkatkan kemampuan tersebut dalam pembelajaran matematika.


Keywords


kesalahan siswa; prosedur newman; soal cerita

References


Abdullah, A.H., Abidin, N.L.Z., & Ali, M. (2015). Analysis of Students' Errors in Solving High Order Thinking Skills (HOTS) Problems for the Topic of Fraction. Canadian Center of Science and Education, 11(21), 133-142. doi:10.5539/ass.v11n21p133.

Arif, F., Wati, N. T. Y. F., & Susanto. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Newman Beserta Bentuk Scaffolding yang Diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.

Fitriani, H.N. Turmudi, T., Prabawanto, S. (2018). Analysis of Students Error in Mathematical Problem Solving based on Newman’s Error Analysis. International Conference on Mathematics and Science Education. 3

Islamiyah, A. C., & Prayitno, S. (2017). Analisis Kesalahan Siswa SMP Pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 66–76.

Jamal, F. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pertidaksamaan Kuadrat Berdasarkan Prosedur Newman. MAJU, 5(2), 41–51.

Kamila, N. S., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Prosedur Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 749–754.

King F J, Goodson L and Rohani F. (2016). Higher Order, Thinking Skills, Definition, Teaching Strategies, Assessment. The Centre for Advancement of Learning and Assessment. Florida: Florida State University Press.

Pamalato, S. Et.al. (2020). Student Error Analysis in Solving Mathematical Problems. Universal Journal of Educational Research, 8(11). DOI: 10.13189/ujer.2020.081118.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.

Puspitasari, M., & Zulkarnaen, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Teori Newman Ditinjau dari Aspek Problem Representation dan Solution Execution. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(3), 609–618.

Safitri, F. A., Sugiarti, T., & Hutama, fajar surya. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Berdasarkan Newman’s Error Analysis (NEA). Jurnal Ptofesi Keguruan, 5(1), 42–49.

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology.(5th ed). New York: McGraw-Hill Company.

Sidnyaev N. I., Sobolev S. K. (2018). Formation of The Final Assessment of The Discipline within The Rating System / Almamater (Bulletin of Higher School). 12(1), 51-56. DOI: 10.20339/AM. 12-18. 105

Wardani and Rumianti. (2011). Instrumen Penelitian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS 2011. (Yogyakarta: Kementerian Pendidikan Nasional:

Wijaya, A., Heuvel-Panhuizen, M., Doorman, M., Robitzsch, A. (2014). Difficulties in Solving Context-based PISA Mathematics Tasks: An Analysis of Students' Errors. The Mathematics Enthusiait, 11(3).




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.