Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Siswa Mts Tarbiyah Islamiyah Ulumahuam Kelas VIII Materi Teorema Phytagoras
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman dan penalaran matematis siswa, khususnya dalam memahami materi teorema phytagoras berkaitan dengan kemampuan pemahamannya. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk tes tertulis kemampuan pemahaman dan penalaran matematis dengan 5 buah soal uraian  dan 3 indikator kemampuan pemahaman dan penalaran matematis. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan nilai rata-rata dari soal pemahaman dan penalaran matematis dari keseluruhan mencapai 60 menandakan bahwa siswa memiliki kemampuan pemahaman dan penalaran matematis tergolong cukup atau sudah baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anjarsari, W., Suchie, S., & Komaludin, D. (2021). Implementasi Pembelajaran Online Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. PRISMA, 10(2), 255–263. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1639
Astiati, S. D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa MTs Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 6–12. https://doi.org/10.36312/jisip.v4i3.1239
Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. PRISMA, 9(1), 47. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.845
Fitria, M., Kartasasmita, B., & Supianti, I. I. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa yang Menggunakan Model Pembelajaran Reciprolcal Teaching. PRISMA, 8(2), 124–134. https://doi.org/10.35194/jp.v8i2.728
Hanik, A. N. (2013). Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas Xi Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Wonosari. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Hikmawati, N. N., Nurcahyono, N. A., & Balkist, P. S. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Geometri Kubus dan Balok. PRISMA, 8(1), 68. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.648
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Sebagai Faktor Determinan Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457
Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179–187. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101
Khaesarani, I. R., & Khairani Hasibuan, E. (2021). Studi Kepustakaan Tentang Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika, Sains, Dan Pembelajarannya, 15(3), 37–49.
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. PRISMA, 10(1), 17–29. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098
Komariyah, S., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 4(1), 1–8.
https://doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477
Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The Effectiveness of Problem Based Learning and Aptitude Treatment Interaction in Improving Mathematical Creative Thinking Skills on Curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375
Muhammad, G. M. (2017). Pada Mata Kuliah Struktur Aljabar II. PRISMA, 6(1), 66–78.
Nugraha, D. A., & Santika, S. (2020). Distribusi Kemampuan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi pada Siswa Sekolah Menengah Atas Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019. PRISMA, 9(1), 20. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.787
Nursaadah, I., & Risma, A. (2018). Analisi Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat dan Segitiga. Jurnal Numeracy, 5(1), 1–9.
Rodiah, S., & Triyana, V. A. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IX MTS Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–8.
Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Materi Bangun Ruang Ditinjau Gaya Kognitif Siswa Menengah Pertama. PRISMA. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043
Septian, A., & Monariska, E. (2021). The Improvement of Mathematics Understanding Ability on System of Linear Equation Materials and Students Learning Motivation using Geogebra-Based Educational Games. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 371–384. https://doi.org/10.24042/ajpm.v12i2.9927
Septian, A., & Rahayu, S. (2021). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo. PRISMA, 10(2), 170–181. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Matematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Syarifah, lely lailatus. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II, 10(2), 57–71. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16736
Tsany, U. N., Septian, A., & Komala, E. (2020). The Ability of Understanding Mathematical Concept and Self-Regulated Learning using Macromedia Flash Professional 8. Journal of Physics : Conference Series, 1657(1), 012074. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012074
Wijaya, T. T., Dewi, N. S. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.30738/.v6i1.2076
Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. PRISMA, 9(1), 98. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899
DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2168
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 PRISMA
Prisma Indexing :Â
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.