PENERAPAN GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS SURYAKANCANA

Ari Septian

Abstract


Kalkulus II merupakan materi yang harus dipahami oleh mahasiswa sebagai dasar untuk mengajar di sekolah. Integral yang menjadi pokok pembahasan pada mata kuliah kalkulus II menjadi fokus utama. Mahasiswa masih  mengalami kesulitan dalam menentukan luas daerah dan volume benda putar pada materi integral dengan menggunakan fungsi-fungsi yang bervariasi. Oleh karena itu perlu suatu cara baru berbasis teknologi agar mahasiswa lebih tertarik dan tentunya paham materi kalkulus II dengan menggunakan software GeoGebra. Jenis penelitian menggunakan eksperimen kuasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat 2 semester 4 tahun akademik 2015-2016 sebanyak dua kelas, kelas B sebagai kelas eksperimen dan kelas A sebagai kelas kontrol. Desain penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berupa soal uraian dan non tes berupa angket skala sikap. Hasilnya, peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa yang menerapkan GeoGebra lebih baik daripada mahasiswa yang menggunakan pembelajaran ekspositori dan sikap mahasiswa terhadap penerapan GeoGebra positif.

 

Kata Kunci : GeoGebra, Pemecahan Masalah, Kalkulus II

Full Text:

PDF

References


__________. (2014). What is GeoGebra. Tersedia: http://www.GeoGebra.org/cms/in/info. [23 Maret 2014].

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and Standards for school Mathematics. Reston. VA:NCTM.

Sugiyono. (2007). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Hohenwarter, M. & Fuchs, K. (2004). Combination of Dynamic Geometry, Algebra, and Calculus in the Software System Geogebra. Tersedia: www.geogebra.org/publications/pecs_2004.pdf. [23 Maret 2014].

Pemerintah Republik Indonesia.(2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Mahmudi, Ali. (2011). Pemanfaatan GeoGebra dalam Pembelajaran Matematika. Tesedia: https://www.academia.edu/2137476/Pemanfaatan_GeoGebra_dalam_Pembelajaran_Matematika. [23 Maret 2014].

Septian, Ari. (2014). “Pengaruh Kemampuan Prasyarat terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa dalam Matakuliah Analisis Real†in ATIKAN: Jurnal Kajian Pendidikan, Vol.4(2) December, pp.179-188. Bandung, Indonesia: Minda Masagi Press, FKIP UNSUR Cianjur, and FPOK UPI Bandung, ISSN 2088-1290.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.