ANALISIS KESULITAN DALAM MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN DAN KOMUNIKASI STATISTIS

Iyam Maryati, Nanang Priatna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan matematika yang dialami siswa SMP dalam memecahkan masalah dalam materi statistik pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan uji dan wawancara sedangkan validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi. Analisis data melalui beberapa tahap dari tahap pengumpulan data, tahap reduksi data, tahap penyajian data, dan penarikan kesimpulan panggung. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Garut tahun akademik 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis kesulitan yang dialami oleh siswa adalah: 1) menyajikan laporan statistik secara lisan, tertulis, tabel, diagram, dan grafik (untuk komunikasi); 2) dugaan lapangan; 3) melakukan manipulasi statistik; 4) menyusun bukti, memberikan alasan atas kebenaran solusi; 5) menarik kesimpulan; 6) memeriksa argumen yang valid; 7) menemukan patterms atau ciri-ciri gejala statistik untuk membuat generalisasi. Sedangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesulitan belajar siswa selain faktor internal siswa yang 1) kurangnya pemahaman awal materi tentang statistik dan 2) motivasi siswa dalam mengikuti proses pengajaran dan pembelajaran. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa adalah: 1) lingkungan kelas adalah) kurangnya sarana dan prasarana yang dapat mendukung siswa dalam memahami materi pelajaran, b) model pembelajaran yang diterapkan kurang memotivasi siswa untuk belajar aktif dan kreatif dalam memahami pelajaran materi, 3) lingkungan keluarga kurang mendukung dalam menciptakan suasana kondusif untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan belajar di rumah, dan 4) lingkungan masyarakat adalah lingkungan tidak nyaman bagi siswa untuk melakukan kegiatan yang luas wawasan.


Full Text:

PDF

References


Dasari, D. (2009). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Statistis Mahasiswa melalui Pembelajaran Model PACE. Disertasi SPS UPI.

Garfield, J. (2002). The challenge of developing statistical reasoning. Journal of Statistics Education.

Garfield, J., Le, L., Zieffler, A., & Ben-Zvi, D. (2014). Developing students’ reasoning about samples and sampling variability as a path to expert statistical thinking. Educational Studies in Mathematics, 1–16. https://doi.org/10.1007/s10649-014-9541-7

Jones, G. A., Langrall, C. W., Thornton, C. A., Mooney, E. S., Wares, A., Jones, M. R., … Nisbet, S. (2001). Using students’ statistical thinking to inform instruction. Journal of Mathematical Behavior, 20(1), 109–144. https://doi.org/10.1016/S0732-3123(01)00064-5

Lovett, M. (2001). A Collaborative Convergence on Studying Reasoning Processes: A case Study in Statistics. Cognitive and Instruction: Twenty-Five of Progress ,Mahwah, NJ.

Maryati, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama melalui Pembelajaran Kontekstual.

Smith, G. (1988). Statistical Reasoning, 750.

Wardhani, S. (2010). Teknik Pengembangan Instrumen Penilaian hasil belajar di SMP/MTs, 1–35.




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.