Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pendekatan Problem Posing dengan Edmodo

Ari Septian, Sri Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis akhir siswa setelah menggunakan edmodo lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa dan Mengkaji pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem posing dengan berbantuan media pembelajaran Edmodo. Metode penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X TKJ SMK Cokroaminoto Warungkondang yang berjumlah 20 siswa. Proses pengambilan sampelnya dilakukan dengan menggunakan teknik sampling purposive yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Instrumen yang di gunakan berupa 4 butir soal kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linier tiga variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis akhir siswa setelah menggunakan edmodo  lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa dan menunjukan Berdasarkan dari hasil penelitian secara keseluruhan pencapaian indikator , diperoleh nilai rata-rata kemampuan Pemecahan masalah matematis yang di analisa sesuai dengan kemampuan siswa yaitu : 76% berada Pada kriteria baik. Dengan ketercapaian tertinggi pada indikator Mengidentifikasi unsur yang diketahui, ditanyakan, dan kecukupan unsur yang diperlukan (melaksanakan rencana). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis akhir siswa setelah menggunakan edmodo lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis awal siswa.Pencapaian indikator kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui pendekatan problem posing dengan berbantuan media pembelajaran Edmodo baik

Keywords


edmodo; pemecahan masalah matematis; problem posing

Full Text:

PDF

References


Ainiyah, Z. (2015). Penggunaan Edmodo Sebagai Media Pembelajaran E-Learning Pada Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran Di SMKN 1 Surabaya. 1–27.

Aisyah, P. N. (2003). Analisis Kemampuan Komunikasi & Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat Dan Segitiga. (20), 37–43.

Alanda, Y., Mustangin, & Hasana, S. N. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis melalui Model Flipped Classroom dengan Media Edmodo Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. JP3, 14(6), 24–32.

Ekici, D. I. (2017). The Use of Edmodo in Creating an Online Learning Community of Practice for Learning to Teach Science. Malaysian Online Journal of Educational Sciences, 5(2), 91–106.

Haerul Syam. (2008). A Problem Posing Approach That Have Cooperative Instructional Background to Increase Mathematics Instructional Effectiveness.

Hendriawan, M. A., & Septian, A. (2019). Pengembangan JiMath Sebagai Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Android Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1), 45. https://doi.org/10.30738/indomath.v2i1.2785

Herdian. (2009). Model Pembelajaran Problem Posing.

Mahuda, I. (2017). Pembelajaran Kooperatif Co-Op Co-Op Dengan Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA (Vol. 10).

https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2028

Maskur, R., Sumarno, Rahmawati, Y., Pradana, K., Syazali, M., Septian, A., & Palupi, E. K. (2020). The effectiveness of problem based learning and aptitude treatment interaction in improving mathematical creative thinking skills on curriculum 2013. European Journal of Educational Research, 9(1), 375–383. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.1.375

Muhammad, A. (2020). Pentingnya Matematika Diberbagai Bidang Pekerjaan.

Mulyono. (2003). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Pratiwi, E. W. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8. https://doi.org/10.21009/pip.341.1

Priyanto, D. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yoggyakarta: Yogyakarta: Andi Offset.

Septian, A. (2017). Penerapan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Suryakancana. PRISMA, 6(2). https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.212

Septian, A., Darhim, D., & Prabawanto, S. (2021). The Development of Calculus Teaching Materials using Geogebra. IndoMath: Indonesia Mathematics Education. https://doi.org/10.30738/indomath.v4i1.7831

Septian, A., & Komala, E. (2019). Kemampuan Koneksi Matematik dan Motivasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Problem-Based Learning (PBL) Berbantuan Geogebra di SMP. PRISMA, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35194/jp.v8i1.438

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Bandung: Alfabeta.

Suryawan, I. P. P., & Permana, D. (2020). Media Pembelajaran Online Berbasis Geogebra sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Prisma, 9(1), 108. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.929

Trisniawati, Muanifah, M. T., Widodo, S. A., & Ardiyaningrum, M. (2019). Effect of Edmodo towards interests in mathematics learning. Journal of Physics: Conference Series, 1188, 012103.

Utami, D. R., & Khoiroh, F. (2019). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan Edmodo terhadap kemampuan representasi matematika siswa. Prosiding SiManTap: Seminar Nasional Matematika Dan Terapan.

Wahyuni, S., Gusti Made Sanjaya, I., Erman, & Jatmiko, B. (2019). Edmodo-based blended learning model as an alternative of science learning to motivate and improve junior high school students’ scientific critical thinking skills. International Journal of Emerging Technologies in

Learning, 14(7), 98–110. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i07.9980

Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., & Candra, S. D. (2016). Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/693/1/012014

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12–19.

Yaumil, S. S., Yuhana, Y., & Rafianti, I. (2020). Post Solution Posing dengan Cooperative Tipe Berkirim Salam dan Soal terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 9(1), 77. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.922

Zuliyanti, P., & Pujiastuti, H. (2020). Model Contextual Teaching Learning (CTL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Prisma, 9(1), 98. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.899




DOI: https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1813

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 PRISMA

Prisma Indexing : 

   

Creative Commons License
PRISMA by UNIVERSITAS SURYAKANCANA is licensed under a This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Based on a work at https://jurnal.unsur.ac.id/prisma.